Patagonia, Surga yang tersembunyi di ujung selatan Argentina dan Cili. Salah satu tempat terindah untuk Trekking!

Patagonia di Argentina dan Cili

Patagonia, pernah dengar nama ini? Buat SoHip yang belum tahu, Patagonia adalah penyebutan untuk daerah yang berada di ujung Selatan benua Amerika. Daerah ini masuk ke dalam bagian negara Cili dan Argentina. Walaupun sedikit asing dan agak susah menjangkaunya, ternyata derah dengan luas lebih dari 1 juta km2 ini terkenal memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan.

Advertisement

Kamu bisa melihat banyak puncak-puncak gunung tertutup salju, karena daerah ini dilewati oleh pegunungan Andes yang membelah Cili dan Argentina. Kamu bisa menikmati puncak-puncak bersalju ini sembari trekking di taman nasional. Bukan cuma itu aja, jika sempat berkunjung ke sini, SoHip juga bisa menikmati pemandangan alam lain seperti gletser atau mengunjungin kota yang letaknya paling Selatan di dunia.

Untuk memulai perjalanan di Patagonia, Bariloche bisa dijadikan tempat start yang indah!

Pemandangan Pegunungan Andes di kejauhan, Kota Bariloche dan Danau Nahuel Huapi | Credit: BORIS G via www.flickr.com

Biasanya para pelancong akan memulai tur Patagonia mereka mealui kota ini. Kota San Carlos de Bariloche yang berada di kaki Pegunungan Andes ini terkenal memiliki pemandangan pegunungan mirip negara Swiss di Eropa yang terkenal dengan Pegunungan Alpen-nya. Karena berada di pegunungan, tentu saja kota ini menawarkan resor ski yang dibuka pada musim dingin. Oh iya, meskipun mirip Swiss tetapi harga untuk travelling di sini lebih bersahabat daripada Swiss asli yang ada di Eropa sana!

Tetapi jika kamu mengunjungi kota ini pada musim panas, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan indah pegunungan Andes dan langit cerah, selain itu kamu juga bisa mengunjungi Playa Bonita yang terletak  di tepi danau Nahuel Huapi untuk berjemur. Kalau kamu berani, kamu juga bisa nyemplung ke danau Nahuel Huapi yang suhu air rata-ratanya “cuma” 14oC pada musim panas, hal ini terjadi karena sumber air danau ini berasal dari salju pegunungan yang meleleh!

Advertisement

Mengunjungi salah satu gletser paling terkenal di dunia, Gletser Perito Moreno. Kamu juga bisa trekking di atas gletser ini untuk mengamatinya dari dekat lho!

Gletser Perito Moreno dilihat dari pos pengamatan | Credit: Kristina Gain via www.pexels.com

Meskipun gletser dan es terkenal sebagai salah satu daya tarik negara-negara Skandinavia serta Kanada, ternyata Patagonia juga memiliki banyak gletser, salah satunya yang paling terkenal dan menjadi atraksi untuk para turis adalah Gletser Perito Moreno ini. Gletser ini adalah gletser terbesar yang ada dalam wilayah Padang Es Patagonia Selatan.

Kamu bisa menikmati gletser ini dari dekat, bahkan menaikinya lho! Aksesibilitas yang mumpuni membuat kamu bisa mendaki dan melihat dari dekat bongkahan es besar ini dengan cara “mini  trekking”. Kalau kamu nggak mau trekking di atas gletser ini, kamu juga punya pilihan untuk melihat gletser ini dari pos pengamatan yang tersedia. Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat bongkahan es meleleh dan jatuh ke perairan di bawahnya hingga menciptakan ombak besar!

Trekking untuk menlihat Torres del Paine yang menjulang bagai menara di pegunungan Andes!

Advertisement

3 puncak yang menjulang di kejauhan itu adalah Torres del Paine | Credit: LBM1948 via commons.wikimedia.org

Taman nasional yang terletak di Patagonia bagian Cili ini adalah salah satu lokasi trekking yang populer dan menawarkan pemandangan yang indah banget. SoHip bisa memilih beberapa opsi untuk melakukan trekking dan berkemah di sini, mulai dari satu hari hingga sembilan hari. Di sini kamu akan disuguhkan dengan puncak-puncak gunung Andes yang nggak terjamah dan diselimuti salju sebagai pemandangan.

Salah satu yang paling terkenal adalah Tower of Paine, yang berupa formasi batu menjulang berderet-deret hingga terlihat seperti menara di pegunungan! Jika kamu ingin mengunjungi Torres del Paine, disarankan untuk datang pada musim panas, pasalnya jika kamu datang pada musim dingin, selain cuaca di sini  terkenal cukup ekstrim, kamu juga nggak bisa lama-lama menikmati pemandangan, karena waktu siang hari di sini pada musim dingin cuma 8 jam aja!

Mengunjungi kota kecil El Chalten yang dikenal sebagai pusat trekking Argentina dan menyaksikan pegunungan Fitz Roy yang megah di tepi Danau Viedma!

Pegunungan Fitz Roy dilihat dari Danbau Viedma | Credit: David Mark via pixabay.com

Seperti halnya Torres del Paine, El Chalten yang terletak di area Taman Nasional Los Glaciares ini terkenal akan keindahan alamnya yang bisa dinikmati sambil trekking dan camping. Saking terkenalnya, kota kecil ini sampai mendapat gelar sebagai “Ibu Kota Trekking Argentina”!

Salah satu rute trekking yang terkenal adalah rute menuju Danau Viedma, dari tepian danau ini kamu bisa melihat gunung Fitz Roy yang menjulang. Pemandangan ini akan semakin indah jika ada awan tipis dan sisa salju di gunung Fitz Roy, dengan tambahan air biru dari Danau Videma, maka gunung Fitz Roy akan terlihat seperti sebuah kastil besar di atas gunung!

Menunjungi Ushuaia di Tierra del Fuego, kota paling Selatan di bumi, gerbang untuk menuju Antartika!

pemandangan kota Ushuaia dengan latar pegunungan | Credit: Hiroki Ogawa via commons.wikimedia.org

Kalau kamu penasaran dengan hawa Kutub Selatan, kamu bisa menyambangi kota Ushuaia yang ada di provinsi Tierra del Fuego, Argentina! Ushuaia adalah kota paling Selatan yang ada di muka bumi ini! Atraksi turis utama di sini adalah Taman Nasional Tierra del Fuego, kamu bisa menuju ke sana naik mobil atau menggunakan kereta yang diberi nama “Kereta ke Ujung Dunia”.

Untuk pecinta binatang kamu bisa menikmati banyak binatang khas daerah ini mulai dari anjing laut, pingwin, singa laut, hingga mengamati gerombolan paus pembunuh.. Selain itu jika beruntung , kamu bisa juga menyaksikan salah satu fenomena alam paling indah, yaitu aurora australis. Aurora ini adalah aurora yang terjadi di Kutub Selatan karena fenomena alam yang ada di lapisan ozon. Menyaksikan aurora australis di Patagonia merupakan sebuah pengalaman langka, karena fenomena ini nggak bisa ditebak seperti aurora borealis di Kutub Utara, atau mengamatinya di Selandia Baru dan Pulau Tasmania di Australia.

Nah SoHip, itulah sekilas tentang Patagonia, sebuah daerah yang membentang di Selatan Benua Amerika dan bisa menjadi destinasi wisata yang pantes banget buat masuk dalam bucket list kamu! Kira-kira kalau berkesempatan ke sana kamu mau ke destinasi yang mana dulu nih? Atau kamu punya referensi lain di Patagonia yang belum kita sebut?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE