Ada pepatah yang mengatakan kalau Jogja itu terbuat dari rindu dan angkringan. Semua orang juga mungkin sependapat jika ada yang bilang, belum ke Jogja namanya kalau belum makan di angkringan. Bagaimana tidak, gerobak warung makan di pinggir jalan ini memang sudah jadi ikon Jogja sejak dahulu kala. Magisnya kota Jogja belum terasa kalau belum makan di angkringan yang tersebar di seluruh penjuru Kota Pelajar ini.

Terus pilih angkringan yang mana ya kalau di Jogja, saking banyaknya sampai suka bingung~

Advertisement

Selain jumlahnya yang sangat banyak dan tampaknya ada di tiap penghujung jalan, angkringan di Jogja memang semakin beragam. Dari angkringan yang memang jadi destinasi turis saja, sampai angkringan enak yang diandalkan mahasiswa untuk menyambung hidup di akhir bulan. Nah terutama bagi kamu yang baru pertama kali menapakkan kaki ke Jogja, simak deh rekomendasi angkringan Jogja ala Hipwee yang harus kamu coba!

1. Angkringan Gareng Petruk atau Angkringan KR

Angkringan Gareng Petruk via www.hipwee.com

Angkringan ini adalah salah satu yang paling terkenal di Jogja, lebih di kalangan wisatawan sih. Jadi sebenarnya wajar kalau harga nasi kucing atau lauk di sini, di atas rata-rata. Untuk berbagai menu nasi kucingnya sendiri di angkringan ini dihargai sekitar 4000-6000 rupiah. Sedangkan jika ditambah dengan lauk pauk, kalian perlu mengeluarkan uang sebanyak 15000-25000 rupiah. Cuma demi pengalaman autentik Jogja, kamu tetap harus coba sih angkringan yang satu ini.

Lokasi angkringan ini berada di sebelah selatan Tugu Jogja, tepatnya di depan gedung Kedaulatan Rakyat atau KR.

2. Angkringan Kopi Jos Kali Code

Angkringan Kali Code via www.hipwee.com

Advertisement

Ingin menikmati suasana malam Sungai Code dan perkampungan yang berada di sekitarnya? Kalian bisa datang ke angkringan Kopi Jos yang berada di atas Sungai Code, meskipun harganya masih berada di atas rata-rata angkringan pada umumnya, tapi masih tergolong wajar kok jadi nggak perlu khawatir. Untuk nasi dan lauk-pauknya sendiri berkisar antara 2000-5000 rupiah.

Angkringan ini letaknya tak jauh dari Jalan Jenderal Sudirman, tepatnya di atas Kali Code, dan berdekatan dengan Masjid Syuhada.

3. Angkringan Jembatan Kewek Pak Tomi

Angkringan Pak Tomi via www.hipwee.com

Masih berada di sekitar Sungai Code, namun kali ini tempatnya lebih ke selatan. Kalian bisa menikmati menu Angkringan Pak Tomi dengan harga 1500-5000 rupiah sambil melihat kereta di atas Jembatan Kewek. Dengan uang 10.000 rupiah dijamin deh kalian udah bisa dapat makan dan minum, ditambah sebatang rokok untuk menemani ngobrol hehe.

Angkringan ini terletak di sekitar Jembatan Kewek. tepatnya di bawah jalan sebelum tikungan yang mengarah ke Jalan Jenderal Sudirman.

4.  Legenda daerah UGM dan UNY, Angkringan Pak Panut

Angkringan Pak Panut via www.hipwee.com

Perkenalkan, salah satu keajaiban derah kampus UGM dan UNY, angkringan Pak Panut  ini terkenal dengan harganya yang murah, bayangin aja deh dengan uang 1000 rupiah kalian bisa dapat 3 gorengan, nasi kucingnya satu bungkus cuma 1500 rupiah, di mana lagi kan dapat yang beginian. Udah gitu, gorengannya selalu anget lagi. Juara!

Angkringan ini terletak di kawasan GOR Klebengan tepatnya di deretan penjual makanan yang berada di bagian depan GOR tersebut.

5. Menikmati senja di Jalan Kaliurang sambil bercengkerama di Angkringan Pak Yono

Angkringan Pak Yono via www.hipwee.com

Dengan uang 10.000 rupiah kalian udah bisa mengenyangkan perut di tempat ini, ditambah dengan ciri khasnya yang selalu menambahkan kecap jika kalian ingin membakar ulang gorengan atau satenya.

Terletak di Jalan Kaliurang, jalur utama untuk hilir mudik para mahasiswa UGM tepatnya di sebelah utara McDonalds Jakal, kalian bisa menemukan Angkringan Pak Yono ini.

6. Capek habis berolahraga dan berenang di kampus UNY? Datang ke angkringan yang sering disebut ‘Angkringan Kolam Renang UNY ini deh!

Angkringan kolan renang UNY via www.hipwee.com

Angkringan Kolam Renang UNY, di tempat kecil ini kalian bisa menemukan keramaian yang berisikan orang dengan berbagai latar belakang, tapi kebanyakan memang dikunjungi oleh para mahasiswa UNY yang melepas penat setelah berolahraga sih. Harganya? Jogja banget pokoknya, sebungkus nasi hanya dihargai 1500-2000 rupiah aja, sedangkan untuk minuman rata-rata hanya 2500 rupiah.

Letaknya juga nggak susah, kalian bisa menemukannya di sebelah utara Kolam Renang IKIP/UNY.

7. Ingin sedikit menjauh dari kebisingan kota? Angkring Market adalah pilihan tepat

Sebutannya Angkring Market via www.hipwee.com

Menuju ke bagian utara Kota Jogja, di daerah Pangukan Sleman, ada yang namanya Angkring Market. .Untuk harganya sendiri sangat murah, berbagai pilihan menu nasi hanya dihargai 2000-3000 rupiah saja, 1500-3000 rupiah untuk lauk pauknya dan 2500 rupiah untuk minumannya. Murah banget nggak tuh?!

Angkringan ini terletak di depan rumah pemiliknya yang berada di jalur Hijau Pangukan, dan jika kalian datang pada sore hari, kalian bisa menikmati rindangnya pepohonan di sekitar Angkring Market.

8. Menu terlengkap sepanjang Jalan Magelang, Angkringan Pak Satari

Angkringan Pak Satari via www.hipwee.com

Meskipun udah terkenal, angkringan yang menyediakan berbagai menu nasi ini juga terkenal karena murahnya lo, harga untuk satu bungkus nasi hanya sekitar 2000-4000, minumnya juga bervariasi dengan harga sekitar 2500-5000 rupiah aja, murah banget kan?!

Angkringan ini masih berada di Sleman, jika kalian melewati Jalan Magelang sekitar kilometer 15-16.

Percaya nggak percaya, keberadaan angkringan-angkringan ini menjadi salah satu tanda bahwa Jogja memang merupakan kota dengan biaya hidup yang relatif murah, dengan hanya uang 10 ribu rupiah aja kita udah bisa makan kenyang lo. Lagian, belum resmi aja jadi orang Jogja kalau belum merasakan makan di angkringan~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya