Flores nggak hanya tentang Labuan Bajo dan Komodo. Pulau Flores yang terletak di NTT ini punya alam yang cantiknya luar biasa. Selain kontur alam pulaunya yang indah, laut dan pulau-pulau di sekitar Flores juga menyimpan keindahan yang tak terkira. Salah satunya bernama Riung 17 Pulau.

Riung 17 Pulau terletak di Flores bagian tengah, tepatnya di Kabupaten Ngada. Jaraknya sekitar 3-4 jam dari Bajawa. Riung 17 Pulau adalah kumpulan pulau-pulau kecil yang terletak di utara Flores. Sebenarnya pulau-pulau di Riung ini berjumlah 24 pulau, tapi dinamakan 17 karena menurut masyarakat angka 17 adalah angka keramat, yaitu angka yang mengingatkan kita akan tanggal kemerdekaan, 17 Agustus 1945. Seperti apa pesona Riung 17 Pulau di Flores ini?

Cara terbaik untuk menjelajahi alam Riung 17 Pulau adalah dengan island hoping. Pulau Ontoloe, Pulau Rutong dan Pulau Tiga adalah pulau wajib kunjung.

Riung 17 pulau via wiranurmansyah.com

Advertisement

Meskipun Riung 17 Pulau terdiri dari banyak pulau kecil, tapi ada pulau-pulau populer yang wajib didatangi para traveler ketika berkunjung ke sana. Pulau Ontoloe, Pulau Rutong, dan Pulau Tiga adalah 3 pulau favorit di Riung 17 Pulau. Kamu butuh seharian island hoping untuk menikmati pulau-pulau cantik ini.

Pulau Ontoloe, habitat para kalong. Kalau main ke sini jangan berisik jadi nggak ganggu kalong-kalong tidur siang.

Kalong di Pulau Ontoloe via www.satyawinnie.com

Pulau Ontoloe adalah pulau kecil yang dikelilingi hutan bakau. Pulau ini juga menjadi habitat kelelawar atau kalong. Kalau datang ke sana sebaiknya jangan berisik, mesin perahu pun sebaiknya dimatikan, jadi tidak mengganggu kalong-kalong yang sedang tidur siang di atas pohon.

Selain kalong, Pulau Ontoloe juga menjadi habitat untuk hewan lainnya seperti Mbau, komodo dengan ukuran lebih kecil. Tracking di sini sangat dimungkinkan

Hutan bakau di Pulau Ontoloe via www.satyawinnie.com

Di Pulau Ontoloe juga tinggal hewan-hewan unik lainnya, termasuk komodo atau disebut sebagai Mbau. Ukuran Mbau lebih kecil dibanding komodo biasa. Kamu bisa tracking di Pulau Ontoloe, tentu saja dengan menyewa guide lokal.

Pulau Tiga, spot snorkeling favorit di Riung 17 Pulau. Setelah dapat ikan, bisa lanjut makan siang di sini juga.

Pulau Tiga via wiranurmansyah.com

Advertisement

Pulau Tiga merupakan salah satu spot snorkeling di Riung 17 pulau. Di Pulau Tiga, kita juga bisa istirahat makan siang. Para guide atau tour operator akan menyediakan ikan bakar untuk makan siang. Tentu saja kegiatan bakar ikan dilakukan di pulau. Seringnya, ikannya juga baru didapat saat itu juga. Fresh.

Pantai landai, pasir putih mulus, air laut biru bening di Pulau Rutong. Salah satu pantai terindah di dunia.

Pantai indah di Pulau Rutong via dananwahyu.com

Pulau Rutong disebut sebagai pulau dengan pantai terindah di dunia. Pantai Pulau Rutong punya karakteristik pantai yang landai, pasirnya putih mulus, dan air lautnya biru bening. Kamu juga bisa snorkeling di sekitaran Pulau Rutong. Karang warna-warni dan aneka ikan laut akan membuat kamu berdecak berkali-kali.

Pemandangan terbaik di Pulau Rutong adalah di atas bukit. Saat terbaik untuk menikmati pemandangan di atas bukit adalah saat sunset.

Senja dari atas bukit di Pulau Rutong via www.satyawinnie.com

Pulau Rutong punya spot sunset yang luar biasa memanjakan mata. Kamu harus naik ke bukit untuk mendapatkan pemandangan terbaik dari Pulau Rutong. Cukup 10 menit kamu sudah mencapai puncak bukit Pulau Rutong, dan pemandangannya bikin kamu nggak bisa bilang apa-apa lagi deh saking cakepnya.

Cara terbaik untuk menjelajahi Riung 17 Pulau adalah dengan sewa perahu dan melakukan island hoping seharian. Harga sewa perahu sekitar Rp500,000 – Rp700,000 untuk 1 hari. 1 perahu bisa muat sampai 10 orang. Harga sewa ini sudah termasuk makan siang di pulau. Harga tiket masuk ke Riung 17 Pulau cuma Rp. 5000 untuk turis domestik dan Rp. 100,000 untuk turis asing.

Yuk, ada yang tertarik traveling ke Riung 17 Pulau?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya