Menikah adalah hak semua anak manusia di muka bumi ini. Bahkan dalam agama, ada yang menyebutnya sebagai ibadah. Tidak ada pengecualian untuk seorang traveler. Meski berpredikat sebagai traveler, yang suka bepergian seorang diri atau bersama teman-temannya, bukan berarti dia tak ingin menikah dan traveling bersama suami/istrinya kelak. Bukankah itu sebuah keromantisan yang tak terkira, ‘kan?

Nah, kalau ada teman traveler-mu yang akan menikah, entah itu cowok atau cewek, kamu bisa memberinya kado berikut ini. Jangan mainstream kayak orang-orang kondangan pada umumnya dong. Anak traveler harus berbeda dari semuanya. Pun dalam pemilihan kado buat temenmu yang nikah. Dijamin kawanmu bakal happy banget.

Kamu bisa memberinya kamera underwater atau kamera digital, biar momen pascanikah mereka menjadi lebih kekal.

Siapa yang nggak mau dikadoin ini sih? 🙁 via www.dcrainmaker.com

Advertisement

Kamera underwater memang sangat diperlukan bagi siapapun yang sedang atau memang suka menjelajah di dalam air. Apalagi kalau temanmu yang mau nikah besok adalah seorang diver sejati. Wah, pasti butuh banget tuh dia! Nyari kamera underwater sekarang ini udah kayak beli kacang rebus, ‘kan? Gampang banget! Mau yang model seperti apa, harga berapa, jenis apa, ada semua. Dari toko online sampai toko offline. Ada. Make it simple and memorable.

Dia dan pasangannya pasti akan terpana mendapat kado ini. Pastinya bakal berguna banget buat bikin foto romantis di Raja Ampat atau Lombok pas bulan madu? Aihhh…

Mungkin selama ini temanmu belum punya ransel buat bepergian. Kasih aja keril atau daypack buat dia jalan-jalan.

Muncak berdua kan lebih romantis. <3 via chikupunya.wordpress.com

Sebagai seorang petualang sejati, memiliki perlengkapan traveling sendiri adalah sebuah cita-cita. Mungkin selama kamu kuliah, setiap petualangan yang kamu alami, nggak jarang semua barang-barang pinjeman dari temanmu. Mau naik gunung, pinjam carrier senior, mau ke pantai minta sunblock teman cewek, mau ke mana pinjam ini itu. Bahkan baju juga minjem. Dasar nggak modal, haha.

Advertisement

Nah, kalau temanmu yang belum punya itu besok mau menikah, berikan saja sepasang daypack ataupun keril. Ya, sepasang, biar suami/istrinya nggak iri. Nanti malah rebutan lagi. Mereka bisa mendaki gunung bersama dengan penuh cinta dan asmara.

Jangan sepelekan hal kecil. Tas selempang bisa juga buat nyimpan barang-barang penting yang nggak harus masuk ke carrier.

Tas kamera juga bisa. via fjb.kaskus.co.id

Semua barang sudah masuk ke dalam carrier? HP, charger, sunblock, korek, buku catatan, bolpoint, rokok, cemilan, kunci kosan? Sudah masuk? Nah, kan. Jangan sampai melupakan hal-hal kecil yang terlihat sepele. Justru hal kecil itulah yang biasanya sangat krusial dan fatal jika tertinggal. Atau mungkin nggak punya tas kecil buat masukin barang-barang itu? Waduh. Berikan saja tas kecil atau tas selempang buat temanmu yang mau nikah. Penting loh itu.

Kalau temanmu itu cewek dan suka jalan ke pantai, nggak ada salahnya kalau kamu kasih bikini. Asoy!

Mau mantai, Sis~ via www.bambisarmoire.com

Kalau orang-orang biasanya memberikan kado pernikahan berupa sprei, sarung bantal dan guling, bedcover, gorden, dan sebagainya, maka sebagai anak traveler sejati, berikan saja temanmu bikini! Ingat, ya, kado ini cocok kalau temanmu cewek yang menikah. Kalau yang nikah temenmu yang cowok, ya kasih aja ke istrinya. Hehe.

Pasti si suami bakal senang dan berterimakasih padamu. Soalnya, hadiahnya buat si istri, yang bahagia justru suami. Hahaha.

Travel iron memang agak mainstream sih kalau buat kado. Tapi kalau temenmu cewek, menjaga penampilan ‘kan penting banget!

Cewek butuh ini nih. via buyt.in

Traveling itu ‘kan nggak melulu ke gunung dan melesap ke rimbanya hutan. Apalagi kalau temanmu cewek. Mungkin dia lebih suka traveling ke pantai atau ke tempat-tempat seru lainnya. Nah, buat menjaga penampilannya tetap keren dan cantik, berikan travel iron buat menemani perjalanannya setelah menikah nanti. Kalau dia harus nenteng-nenteng strikaan ‘kan nggak lucu.

Temanmu pecinta dunia bawah laut? Sepasang alat snorkeling bisa juga buat pasangan yang baru menikah kok.

Sepasang alat snorkeling. Ntap! via travelblog.viator.com

Sepasang alat snorkeling ini bisa kamu berikan ke teman traveling-mu yang besok akan menikah. Apalagi kalau dia emang suka dunia bawah laut. Daripada nyewa melulu tiap ke pantai buat snorkeling, mending manfaatin kado pemberian darimu, ‘kan? Kan bahagia melihat kawanmu dan pasangannya bisa menyaksikan indahnya bawah laut Indonesia kerena kado pemberianmu, ‘kan?

Biar honeymoon lebih greget ketika temanmu pengin hiking, sleeping bag couple darimu pasti berguna banget!

Lengket terus! via northtosouth.us

Buat pendaki gunung, kadang SB (sleeping bag) sangat berguna ketika hendak tidur. Ada yang memakainya sebagai pelindung buat tubuh, ada juga yang memakainya hanya untuk alas, kalau nggak bawa matras. Nah, kadoin SB couple saja buat temanmu yang besok menikah. SB couple ini ‘kan berukuran besar, jadi biar mereka bisa hangat di dalam tenda. Aduh bisa berpelukan terus tuh. Kayak kepompong gitu deh…

Mupeng banget deh yang ngasih nanti.

Siapa tahu hammock couple darimu bisa bikin pengantin baru makin nempel. Ya, biar honeymoon mereka nggak perlu berburu hotel.

Kurang romantis apa coba? via mrandmrsadventure.com

Hammock adalah tempat tidur gantung yang membutuhkan dua tiang penyangga untuk mengikat kedua ujungnya. Bisa juga kamu pasang di antara dua tebing. Jangan yang terlalu curam, bahaya! Ya, kecuali kalau kamu udah pro.

Nah, biasanya hammock ini dipakai kalau lagi pengin istirahat saja, atau sengaja dipasang untuk menikmati panorama alam yang luar biasa. Hammock ini bukan peralatan wajib yang traveler punya. Tapi kalau temanmu yang besok nikah kamu kadoin hammock yang ukuran besar, dia pasti nggak akan nolak. Harganya pun nggak bikin kantongmu robek kok. Lagian, enak kali bersantai berdua di sebuah pulau pakai hammock couple. Ena ena.

Nah, semua pengantin baru pastilah butuh paket wisata buat bulan madu. Kalau kamu nggak sanggup, patungan saja ngadonya.

Bulan madu ke mana, Kak? via travellokall.blogspot.co.id

Saat ini, sudah banyak biro jasa yang menawarkan paket wisata dengan harga miring yang gila-gilaan. Paket wisata ini bisa jadi alternatif lain buat kamu ngadoin teman traveler-mu yang mau nikah. Kamu nggak perlu mengadonya sendiri, kamu bisa patungan buat beli paket wisata ini. Apalagi kalau kamu tergabung dalam sebuah komunitas pecinta alam atau travel begitu. Temanmu pasti bersyukur banget!

Kadang kado penuh kenangan jauh lebih berharga dari barang apapun. Dia akan bersyukur banget dan nggak bakal lupain kado keren ini. Bisa jadi pas giliran kamu nikah, kamu bakal dapet hadiah serupa.

Eh sory Kak, masih jomblo ya? :p

Kado pernikahan yang akan selalu dikenang oleh temanmu yang baru nikah adalah tiket pesawat! Wah, siapa yang bakal nolak coba dengan kado ini?

Menang banyak. 😐 via marcorizzini.tumblr.com

Nah, kalau kado pernikahan berupa dua tiket pulang-pergi pesawat untuk bulan madu, siapa yang bisa menolaknya? Yakin deh, pengantin mana pun nggak akan nolak! Di tiket yang kamu kasih sudah ada nama mereka berdua dan destinasi impian misal Bali atau Lombok. Kan asyik banget! Kado seperti ini yang akan selalu dikenang oleh temanmu yang mau nikah. Tapi jangan lupa belinya tiket pulang pergi. Biar mereka serasa jadi pasangan paling beruntung se-dunia.

Bagaimana, travelers, kado mana yang akan kamu berikan ke temanmu yang akan menikah? Semoga ya kado yang kamu beri bermanfaat buat sohib kamu ini. Ingat ya, belinya patungan saja kalau harganya dirasa terlalu mahal. 🙂

Lah, kita kapan giliran nikahnya, Dek? Kan Abang juga mau dapet sleeping bag buat berdua. Yuk ah…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya