Kamu tentunya pernah liat pisang. Suka makan pisang? Coba inget lagi segede apa sih pisang yang pernah kamu lihat. Nggak bakal pernah ngalahin pisang yang satu ini nih. Sebagai negara tropis, tentu kamu bakal nemuin berbagai macam buah-buahan khas daerah tropis di Indonesia, salah satunya pisang. Tapi pisang yang satu ini spesial banget! Penasaran?

Perkenalkan Musa Ingens, si pisang raksasa asal Papua yang gedenya luar biasa!

Amazing Banana via www.pulangkerja.com

Musa Ingens adalah spesies pisang langka yang hanya ada di Papua, Indonesia. Ukuran pisang ini benar-benar mengejutkan. Jadi pantas kalau Musa Ingens ini dinobatkan jadi spesies pisang tertinggi dan terbesar di dunia! Tapi sayang, tanaman endemik yang satu ini mulai langka ditemui. Wah, harus hati-hati nih biar nggak punah!

Kamu nggak bisa lingkarin lengan kamu di batangnya. Iya, emang batangnya gede banget!

Ini Perbandingannya! via www.pulangkerja.com

Sebagai pisang terbesar di dunia wajar dong kalau batang pisangnya juga raksasa. Sebuah batang pisang Musa Ingen bisa memiliki diameter hingga 2 meter! Makanya bisa 2 orang yang meluk si Musa Ingens ini. Nggak Cuma itu, tinggi batang pisang yang satu ini bisa mencapai 15 meter. Buat panjang pinang bisa sih, hehe.

Udah batang pisangnya segede itu, tingginya juga ngalahin batang pinang, jangan ditanya segede apa buahnya!

Advertisement

Gede banget! via pbs.twimg.com

Satu tandan buah pisang raksasa ini beratnya bisa sampai 80 kg. Jadi kebayang dong satu buah pisang gedenya kayak gimana? Yaps, panjangnya bisa mencapai 18 cm dan diameter 3-4 cm. Kira-kira sebesar lengan orang dewasa lah ya. Gede banget dong? Kamu kuat nggak?

Butuh waktu lama biar pisang ini bisa tumbuh dan berkembang. Makanya Musa Ingens harus dilestarikan

Jangan sampai punah via s19.postimg.org

Benih Musa Ingens saat ini emang makin susah ditemui. Nggak cuma itu, pengembangbiakannya juga sulit. Biji yang berkembang jadi kecambah aja butuh waktu satu tahun lebih. Apalagi biar jadi pohon pisang yang ngehasilin si buah raksasa ini. Tentu membutuhkan waktu bertahun-tahun. Tapi hasil yang diperoleh juga nggak mengkhianati kok meskipun nunggunya lama. Nggak kayak mantan. Eh.

Bisa nggaknya pisang ini dimakan, emang masih jadi perdebatan. Tapi seenggaknya udah jadi sorotan

Liatnya aja nggak kuat via cdn1-a.production.liputan6.static6.com

Pisang raksasa satu ini emang belum dipastikan bisa dikonsumsi layaknya pisang biasa.  Tapi seenggaknya Musa Ingens udah jadi sorotan dunia  khususnya pencinta pisang! Banyak yang sengaja ngunjungin daerah papua khususnya pegunungan Arfak. Karena pisang ini hanya tumbuh di dataran dengan ketinggian 1.000 hingga 2.100 meter.

Semoga pisangnya bisa dimakan ya! Lumayan buat akhir bulan. Satu buah pisang untuk makan sehari udah cukup ‘kan? Yuk ke Papua Gaes…

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!