Masa-masa menjadi orangtua baru adalah masa yang menyenangkan tapi juga bisa membingungkan. Iya, jujur aja deh, awal-awal punya bayi pasti kamu ngerasa super capek dan kurang tidur (capek tapi excited banget!). Bahagia pasti, tapi namanya juga masih minim pengalaman, pasti banyak hal yang yang kalau salah penanganan bukannya bikin senang tapi malah bikin stres. Tenang, kali ini Hipwee mau berbagi sedikit tips agar minggu-minggu pertamamu bersama si kecil nggak terlalu drama. 🙂

1.  Manfaatkan minyak kelapa atau minyak almond untuk mempermudah kamu membersihkan pup pertama bayi (meconium-kotoran pertama bayi yang berwarna hitam pekat)

Bahan natural yang multifungsi ini bisa membantu sesi bersih-bersih jadi lebih mudah.

Menggunakan minyak kelapa atau minyak almond akan mempermudah pekerjaanmu saat membersihkan area pantat bayi. Caranya tinggal tuang minyak kelapa atau almond ke selembar kapas dan usapkan perlahan area yang dibersihkan dari arah depan ke belakang, lakukan beberapa kali hingga bersih (kamu akan butuh beberapa kapas). Minyak membantu membersihkan area ‘bawah’ bayi lebih cepat dan sekaligus membantu melembapkan sehingga mencegah terjadinya iritasi. Hanya pastikan agar minyaknya tidak sampai mengenai area genital bayi ya, buibu.

2. Tempatkan popok baru di bawah yang lama saat kamu mengganti popoknya

Aktivitas ganti popok bakal sering banget dilakukan, jadi buat sepraktis mungkin. via www.babygearlab.com

Advertisement

Aktivitas ganti popok bisa jadi hal yang cukup menantang, apalagi di bulan-bulan awal saat si kecil masih bolak balik pipis dan pup. Kadang bisa jadi si adek pipis atau pup lagi pas kamu lagi asyik ganti popoknya. Menyediakan popok baru di bawah popok lama bisa mencegah pipis atau pup susulan bayi nggak mbeleber kemana-mana. Nggak mau kerja dua kali ‘kan?

3. Bayi susah minum obat? Bisa coba Pacifier Medicine Dispenser

Empeng semacam ini bisa jadi alternatif media pemberian obat buat si kecil. via www.jamaicanmommies.com

Jaman makin canggih, selain pakai dropper atau pipet sekarang sudah dijual empeng khusus buat menaruh obat yang bisa disedot sama si bayi. Kalau bayimu terbiasa mengempeng, aktivitas ini akan membantumu meminumkan obat sekaligus menenangkannya sampai tertidur. Empeng ini bisa membantu buibu sekalian yang bayinya susah minum obat nih!

4. Maksimalkan penggunaan bedong konvensional / bedong Instan.

Bedong jaman sekarang sudah makin banyak pilihannya, salah satunya bedong instan seperti ini. via www.popsugar.com

Dari jaman ibu kita dan ibunya ibu kita, bedong ini bisa dibilang must have item banget. Cuma bedanya, bedong jaman sekarang pilihannya udah beragam banget dan cara pemakaiannya lebih nyaman buat bayi. Kalau bedong jaman dulu lebih fokus buat ‘meluruskan’ tubuh bayi, sekarang bedong lebih difungsikan sebagai alat untuk menghangatkan dan menyamankan bayi supaya tidurnya lebih nyenyak dan lama. Bedong sekarang dikondisikan senyaman mungkin dan tidak terlalu ketat untuk bayi. Kalau kamu susah memakaikan bedong konvensional, bedong instan juga udah banyak dijual jadi tinggal pilih aja sesuai kebutuhan.

5. Melakukan pijat ILU dan gerakan sepeda untuk mengatasi perut kembung dan sembelit pada bayi

Cycling Exercise bisa membantu perut bayi terasa lebih nyaman. via www.stayathomemum.com.au

Advertisement

Bayi rewel bisa jadi karena perutnya bergas atau lagi sembelit. Aktivitas pijat ILU (bisa googling ya) dan olahraga kayuh sepeda, yaitu menggerakan kaki bayi naik turun ke arah perut bayi secara lembut dan perlahan bisa membantu bayi lebih nyaman dan mempercepat proses BAB atau kentutnya.

6. Pastikan bayimu tidak terjaga terlalu lama. Kalau sudah jamnya tidur, baiknya juga segera tidur

Bayi bisa jadi rewel kalau terjaga terlalu lama dan jam tidurnya kacau. via www.thebump.com

Bayi (khususnya newborn) yang terjaga terlalu lama bisa bikin dia lebih rewel lho. Idealnya, bayi terjaga hanya sekitar 1,5 jam di antara jeda tidurnya pada minggu-minggu pertama di dunia. Kadang para ibu tergoda buat bangunin si bayi (gemes sih!) buat diajak main tapi sebaiknya sih jangan biarkan terjaga terlalu lama karena dia masih butuh banyak tidur. Selain membantunya tumbuh lebih baik, cukup tidur memberinya kesempatan untuk belajar menormalkan jam tidurnya di kemudian hari.

7. Tidur saat bayi tertidur. Ini perlu untuk kesehatan dan kenyamanan ibu istirahat juga

Sama seperti bayi, sang ibu juga butuh tidur yang berkualitas. via www.popsugar.com

Kedengarannya gampang tapi praktiknya ternyata lebih sulit dari yang dibayangkan. Kadang saat bayi tertidur, kamu tergoda untuk main gadget, beres-beres rumah atau nonton dan baca buku. Stop, lebih baik kamu fokus beristirahat karena ibu yang cukup tidur adalah ibu yang lebih ‘waras’ dan bisa bertugas lebih baik. Lagipula, tidur membantu pemulihan pasca melahirkanmu lebih cepat.

8. Berikan white noise agar bayi tertidur lebih lelap

Kadang kamar yang terlalu sunyi malah membuat tidur bayi kurang nyenyak. via www.todaysparent.com

Konon suasana yang terlalu sunyi ternyata malah bikin jam tidur bayi lebih singkat, lho. Kalau bayimu susah tidur, coba putarkan suara-suara lembut yang bisa membuatnya lebih tenang, misalnya suara derum AC atau suara kipas angin. Bayi yang dibiasakan tidur dalam kondisi sunyi senyap juga kelak cenderung lebih mudah terganggu tidurnya dalam situasi yang agak berisik.

9. Saat bayi menangis dan rewel, kamu bisa menenangkannya dengan menggendongnya dan membawanya ke luar rumah

Menggendong bayi dan membawanya menghirup udara segar bisa membuat si bayi lebih rileks. via www.pexels.com

Percaya nggak percaya, membawa bayi jalan-jalan keluar rumah saat dia sedang rewel kadang bisa membantunya lebih rileks dan tenang. Bahkan berdasarkan pengalaman pribadi saya, bayi saya bisa lebih cepat tidur saat dibawa jalan-jalan naik mobil atau motor. Bisa dicoba nih suatu saat kalau bayimu sedang rewel dan susah tidur.

10. Membuat keranjang portabel khusus untuk popok dan perintilannya

Menyimpan popok dan segala perintilannya di kotak, keranjang atau tas portabel bisa mempermudah pekerjaanmu. via www.munchkin.com

Menyediakan satu boks, tas atau keranjang khusus yang bisa dibawa-bawa akan membuat tugasmu sebagai ibu lebih praktis. Ketimbang menyimpannya berjejer di atas meja, lebih baik susun rapi di suatu tempat yang nyaman untuk kamu bawa-bawa. Kamu jadi nggak perlu ribet sendiri saat mau ganti popok di atas ranjang atau di ruang keluarga.

Semoga tipsnya bermaanfaat ya. Selamat menikmati masa-masa jadi papa mama baru!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya