Ketika kamu sudah memulai hidup baru membangun rumah tangga, otomatis kamu sendiri yang akan merancang masa depan bersama pasangan. Tak ada lagi banyak campur tangan kerabat, terutama orang tua dalam keluarga kecil kalian. Selalu kamu dan dia yang usahakan berdua dalam hal apapun. Tentu saja pribadimu lambat laun juga ikut berubah.

Untuk membantumu dalam mewujudkan rumah tangga impian penuh keharmonisan, kamu perlu mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilepas ketika sudah menikah. Melakukannya memang tak mudah, namun bukan berarti kamu nggak bisa menghentikan hal-hal itu. Untukmu yang sedang dalam masa selangkah lebih dekat ke pernikahan, Intip 5 hal yang harus kamu hilangkan dari sekarang.

1. Kalau kamu belum bisa move on dari masa lalu, cobalah belajar legowo menerima kenyataan bahwa yang lalu memang telah usai

Moving on! via blogjob.com

Advertisement

Kenangan yang ada di masa lalu memang nggak mudah dilupakan. Berbagai kenangan pahit atau manis masih berada dalam hati dan sulit untuk melepasnya. Sosok sang mantan pacar atau gebetan seolah-olah belum mau kamu lepas selamanya. Lantas, mau sampai kapan begitu terus? Jika pasanganmu sudah sanggup mengatasi kenangan masa lalu, seharusnya kamu bisa seperti dia.

Masa lalu adalah milikmu dan telah berakhir, sedangkan masa depanmu kini ada di depan mata yang menjadi milik kalian. Sudah semestinya kamu lebih baik mengurusi apa yang ada, bukan apa yang telah kamu alami. Kalau bisa sih jadikan saja pengalaman masa lalu sebagai pembelajaran berharga untuk ke depannya.

2. Ketergantunganmu sama orangtua sulit dilepas. Perlahan-lahan sebenarnya bisa, kok

Tak lagi jadi tanggungan orang tua via www.pbs.org

Saat memutuskan menikah, kamu dan pasangan harus mengurus seluruh keperluan rumah tangga sendiri. Oleh karena itu, tak ada lagi yang namanya kamu masih bergantung pada orangtua. Jika memang tetap minta bantuan mereka, setidaknya tak terlalu sering dan dalam segala hal. Cukup seperlunya saja.

3. Kenyataannya keluarga belum jadi prioritas utama. Kamu masih suka kumpul sama teman-teman hingga lupa waktu

Nongkrong boleh, tapi prioritas sekarang adalah keluarga via www.egypt-last-minute.tv

Advertisement

Seringkali yang membuat pernikahan nggak harmonis yaitu kamu masih suka kumpul sama teman-teman. Keakraban yang dipenuhi hal-hal seru bersama mereka rasanya sulit kamu kurangi. Sebenarnya, kamu tinggal mengatur jadwal nongkrong bareng cukup beberapa kali saja. Karena mau bagaimanapun setelah menikah keluarga adalah proritas utama dan kamu harus meluangkan waktu lebih banyak.

4. Sering sibuk sendiri sama gadget. Entah main games atau media sosial

sibuk sama gadget

sibuk sama gadget via blog.themoodsign.com

Maraknya gadget terbaru dengan aplikasi keren di dalamnya bikin kamu jadi lupa waktu. Entah main games atau sama media sosial, mau ke manapun kamu jadi sibuk sendiri. Hal seperti ini tentu nggak baik untuk keharmonisan rumah tangga karena kalian jadi jarang mengobrol dan menghabiskan waktu berdua. ‘Kan nggak lucu juga jika kamu dan dia sampai tak tahu seharian ini sudah ke mana dan ngapain saja. Salah satu cara memberikan perhatian ke pasangan bisa dengan tidak sibuk main gadget saat sedang bersama.

5. Nonton drama Korea atau betah ikuti pertandingan bola terus-menerus. Jangan heran kalau komunikasi kalian suka nggak nyambung

komunikasi kalian jadi nggak nyambung

komunikasi kalian jadi nggak nyambung via www.coroflot.com

Komunikasi itu memegang peranan penting dalam rumah tangga. Meski kamu dan dia punya banyak perbedaan, semuanya bisa berjalan dengan baik asal komunikasi lancar. Misalnya saja tentang kesukaanmu nonton drama Korea, sedangkan dia hobi nonton pertandingan bola. Nah, kalian harus menemukan benang merah pembicaraan dari hobi tersebut supaya obrolan kamu dan dia tetap nyambung. Tapi, jangan sampai nonton drama Korea dan pertandingan bola sampai terus-menerus. Karena bisa saja kalian nanti lupa dengan kehidupan berdua yang telah berumah tangga.

Karena hidup kamu sudah berbeda setelah menikah, maka pastikan 5 hal tadi dapat kamu lepaskan. Hal tersebut memang nggak mudah, tapi mau nggak mau kamu harus membiasakan. Karena prioritasmu sekarang adalah keluarga.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya