Bagi yang beragama Islam, akad nikah jadi bagian paling sakral dari seluruh prosesi yang dijalankan, karena dari situlah kamu dan pasangan akan sah menjadi suami istri. Meski pada kenyataannya banyak orang yang justru lebih heboh di bagian pesta atau resepsinya. Untuk menambah kesan sakral, beberapa pasangan memilih masjid sebagai lokasi dilangsungkannya akad nikah. Ada kesan yang lebih bermakna saat bisa melafalkan ijab kabul di tempat ibadah.

Menilik hal tersebut, ini dia 6 masjid cantik di kota-kota besar di pulau Jawa versi Hipwee Wedding yang bisa dijadikan referensi. Siapa tahu sesuai dengan lokasi di mana kamu akan melangsungkan pernikahan nanti.

1. Masjid Ramlie Musofa, Taj Mahal-nya Jakarta. Megah dan cantik. Mendukung banget untuk hasil dokumentasi pernikahanmu nanti


Masjid Ramlie Musofa berdiri di atas tanah 2.000 m2 dengan konsep bangunan yang mirip dengan Taj Mahal di India. Masjid yang terletak di Jl. Danau Sunter Selatan Blok I 10 No.12 C tersebut dibangun sejak 2011 oleh seorang pengusaha keturunan Tionghoa yang menjadi mualaf dan diresmikan pada 15 Mei 2016. Tak hanya megah dari luar, interior dalam masjid pun tak kalah cantiknya, ditambah dengan adanya sejumlah pilar, lampu pijar dan kubah bertuliskan Allah dalam bahasa Arab. Tentunya ini akan jadi lokasi apik untuk akad nikahmu kelak.

Advertisement

2. Kali ini ada Masjid Kubah Emas, Depok, Jawa Barat. Jangan-jangan kamu memang sudah bermimpi untuk bisa akad nikah di sini?

Masjid Kubah Emas, Depok via www.klikhotel.com

Masjid yang terletak di Jl. Meruyung Raya, Kecamatan Limo, Kota Depok ini aslinya bernama Masjid Dian Al-Mahri. Bangunan masjid ini terdiri dari 1 kubah utama dan 4 kubah kecil. Di dalam masjid, tergantung lampu kristal seberat 8 ton yang didatangkan dari Italia. Relief di tempat imam, pagar di lantai dua, dan hiasan kaligrafinya juga dilapisi dengan emas. Olla Ramlan dan Aufar adalah salah satu pasangan selebriti yang pernah menggunakan Masjid Kubah Emas sebagai lokasi akad nikah mereka.

3. Untukmu yang melangsungkan akad nikah di Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah bisa jadi pilihan

MAJT, Semarang via www.flickr.com

Masjid Agung Jawa Tengah berlokasi di Jl. Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Masjid Agung Jawa Tengah ini dibangun di lahan seluas 10 ha dengan perpaduan gaya arsitektur Jawa dan Yunani. Banyak orang menyebut masjid ini adalah kembaran masjid di Nabawi karena dilengkapi dengan enam payung hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup otomatis. Kalau Semarang jadi kota di mana kamu akan melangsungkan akad nikah, Masjid Agung Jawa Tengah bisa jadi pilihan.

4. Sekarang kita beranjak ke daerah Jawa Timur, tepatnya di Tuban dengan Masjid Agung-nya yang sangat cantik untuk lokasi akad nikah

Masjid Agung Tuban via tekooo.com

Advertisement

Berbeda dengan masjid kebanyakan yang didominasi warna netral, Masjid Agung Tuban berdiri megah dengan kubah besarnya yang berwarna biru dan kuning. Masjid ini terletak di Kelurahan Kutarejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Tentunya pernikahanmu kelak akan punya kenangan tersendiri jika dilaksanakan di Masjid Agung Tuban ini. Karena ternyata masjid ini merupakan masjid sejarah di kota ini, berdirinya saja sudah sejak tahun 1894.

5. Kalau calon istrimu orang Surabaya, bisa nih menjadikan Masjid Al-Akbar sebagai lokasi dilangsungkannya akad nikah

Masjid Al-Akbar, Surabaya via news.okezone.com

Masjid Al-Akbar merupakan masjid terbesar ke-3 di Indonesia. Keunikan Masjid Al-Akbar ini terletak pada desain arsitekturnya yang unik dan modern. Masjid Al-Akbar memiliki kubah besar dengan 4 kubah kecil dengan struktur seperti daun berwarna biru-hijau. Masjid ini memiliki dua lantai dengan lift dan menara setinggi 99 meter. Dari menara tersebut, para pengunjung dapat menikmati pemandangan kota Surabaya, Sidoarjo, dan Bangkalan. Pintu masuknya terdiri dari 45 pintu utama yang terbuat dari kayu jati berukir. Terdapat juga ornamen kaligrafi sepanjang 180 meter dengan lebar satu meter. Masjid Al-Akbar berlokasi di samping jalan Tol Surabaya – Porong, di Jalan Pagesangan, Kecamatan Jambangan, Surabaya. Kalau calon istrimu orang Surabaya, bisa nih akad nikah di masjid ini.

6. Nah, untuk para mojang Bandung, masjid yang dirancang oleh Ridwan Kamil ini bisa juga dipilih sebagai lokasi akad nikah. Namanya Masjid Al-Irsyad

Ini beneran masjid? via majalahasri.com

Masjid yang berlokasi di Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung ini paling beda dari yang lain karena nggak punya kubah sama sekali. Yap, bentuknya sangat unik. Bahkan, orang yang lewat mungkin tak akan mengira kalau itu adalah sebuah masjid. Di dalamnya terdapat 99 lampu berbentuk kotak dengan sebuah tulisan nama Allah. Masjid yang dirancang oleh walikota Bandung, Ridwan Kamil ini pernah menyabet penghargaan FuturArc Green Leadership Award 2010. Dengan desainnya yang unik, bisa jadi pillihan tepat untuk lokasi akad nikahmu nanti.

Walaupun intinya lebih pada kesakralan acara, nggak ada salahnya kamu memilih lokasi yang spesial. Menikah ‘kan sebuah prosesi sekali dalam hidup, tentunya kamu ingin ada lokasi bersejarah yang akan selalu dikenang dan bisa jadi cerita ke anak cucu kelak kalau dulu mama dan papa menikah di masjid ini. Ah, sweet!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya