Kebaya itu, erat kaitannya dengan wanita Jawa. Dua potong kain yang digunakan sebagai atasan dan bawahan ini memang sudah menjadi identitas khusus di Indonesia. Dari mulai kebaya polos dan berkancing depan, hingga kebaya modern yang telah dimodifikasi. Kebaya-kebaya yang telah banyak melalui perubahan ini, kini makin diminati kaum hawa, khususnya pada acara sakral seperti lamaran mereka.

Nah, buat kamu yang masih bimbang memilih kebaya untuk lamaran nanti, Hipwee Wedding akan dengan senang hati membantumu dengan membagikan 10 inspirasi kebaya modern demi prosesi lamaran yang berkesan namun tetap sakral! Simak baik-baik, ya.

1. Tanpa butuh banyak warna, kebaya brukat berwarna biru ini akan mempermanis tampilanmu dalam setiap langkah.

Advertisement

Kebaya modern berwarna cerah ini sangat apik dikenakan karena jauh dari kata ‘wah’. Warna biru langit yang manis justru akan membuatmu menjadi wanita cantik dan anggun dalam sehari. Hmmm, jadi nggak sabar.

2. Berhijab juga bukan halangan untuk mengenakan kebaya berwarna cerah. Ini contohnya…

Lace + Jewels = never go wrong Regram from @dearbridebykami. Thank you. #kebayainspiration #kebaya #Indonesia

A photo posted by Kebaya Inspiration INDONESIA (@kebaya_inspiration) on

Advertisement

Dengan memadukan antara atasan brukat khas kebaya dan skirt songket abu-abu metalik, penampilanmu yang berhijab akan semakin fresh. Kesan pucat yang biasanya ditampakkan warna abu-abu, tidak akan terlihat lagi dengan atasan dan jilbab yang cerah.

3. Kebaya modern bordir ini juga nggak kalah cantiknya dengan kebaya pada umumnya. Kamu wajib coba!

Embroidered flamingos on your #kebaya. So cute 😍 Regram from and designed by @diguciproject. Thank you. #kebayainspiration #kebaya #Indonesia

A photo posted by Kebaya Inspiration INDONESIA (@kebaya_inspiration) on

Berbeda dengan kebaya biasa, atasan kebaya modern yang berbordir angsa ini juga tak kalah cantiknya. Lengkap dengan bawahan jarik bermotif lurik, kamu akan jadi calon pengantin yang paling unik.

4. Berani ‘bermain’ pola dengan brukat khas kebaya, yuk! Biar kamu yang berhijab makin santun dan tertutup.

Kalau kamu berhijab, biasanya kamu enggan untuk mengenakan kebaya yang ‘ngepas’ atau terlalu ketat di badan ‘kan? Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan kebaya modern yang satu ini. Dengan menggunakan kain satin yang dilapisi brukat khas kebaya, longdress yang sekarang disandingkan dengan kebaya modern ini bisa banget kamu praktikkan.

5. Dengan bantuan kain sebagai selendang, kamu dan kebayamu tampak bagai paket lengkap nan serasi.

Kombinasi yang lengkap antara kebaya berwarna tosca dengan selendang dari kain songket ini, tampak begitu serasi jika kamu kenakan di hari lamaran nanti. Kebaya yang merupakan busana tradisional Indonesia, berpadu apik dengan kain songket yang kini mulai digadang-gadang sebagai kain favorit di tanah air.

6. Merah muda itu tak melulu fun, kok. Acara sesakral lamaran pun bisa kamu sukseskan dengan perpaduan jarik coklat dan atasan brukat.

Sebagai wanita berhijab, kamu perlu memilih kebaya dengan potongan longgar dan tidak ketat. Lekukan tubuh bagian belakang dan samping sudah sepatutnya kamu tutupi, supaya tambah sopan. Memilih atasan kebaya berbahan brukat yang menjuntai panjang hingga ke kaki, merupakan pilihan paling tepat buat kamu perempuan berhijab.

7. Kebaya semi modern berwarna hitam itu tak selamanya seram, asal kamu bisa memadukannya dengan riasan natural dan tidak tebal.

Tampil beda dengan kebaya berwarna gelap itu sah-sah saja. Kulit kuning khas Indonesia juga akan banyak diuntungkan dari kebaya berwarna hitam ini. Jangan lupa untuk memperhatikan riasan wajahmu juga, ya. Pilih riasan natural dan tidak terlalu menor supaya orang lain nggak melihatmu dengan kesan ‘seram’.

8. Coba juga kenakan longdress brukat berwarna hijau tua, biar kamu makin mempesona dan tampak dewasa.

Sudah menjadi rahasia umum, kalau warna-warna tua itu menambah kesan dewasa pada diri pemakainya. Sama halnya dengan longdress brukat hijau tua ini, kamu pun akan tampak serupa jika memakainya di hari lamaran.

9. Kamu itu wanita berani dan mandiri. Mari tunjukkan dengan kebaya merah modern dan jarik tradisional ini!

Kalau kamu tidak berhijab, model kebaya modern bepotongan leher rendah ini bisa banget jadi alternatif pilihan. Aura cantikmu akan senantiasa terpancar dengan style kebaya yang satu ini. Pssst, jangan lupa padukan dengan jarik berwarna coklat, ya.

10. Dominasi warna putih pada kebaya modern, akan memberikan look awet muda. Kamu berani coba?

Inspirasi dari @phutelarasati Inspired by @phutelarasati 💙

A photo posted by Inspirasi Kebaya (@inspirasi_kebaya) on


Kalau kamu kurang begitu suka dengan warna putih, kamu bisa menggantinya dengan warna cream atau abu-abu muda supaya sukses tampil lebih muda di hari lamaran esok hari.

11. Atasan brukat berwarna kuning juga tak boleh kamu lupakan. Sertakan model ini dalam style listmu nanti!

@saptodjojokartiko #kebayainspiration #kebaya #Indonesia

A photo posted by Kebaya Inspiration INDONESIA (@kebaya_inspiration) on

Supaya nggak gitu-gitu aja, kamu bisa  memodifikasi sedikit bagian belakang atasan kebaya dengan model rumbai atau pita. Warna kuning cerah yang masih jarang disukai ini, justru akan lebih sempurna jika disandingkan dengan jarik tradisional berwarna coklat saat dipakai.
Style kebaya modern mana nih yang kamu sukai? Nggak cuma bagus, ternyata Indonesia itu kaya akan aneka ragam model kebaya, ya 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya