Baik kamu yang mengimpikan pernikahan gaya barat maupun tradisional, pelaminan adalah salah satu bagian dari acara resepsi yang cukup penting. Bagimana tidak, pelaminan itu adalah simbol bahwa kalian, pasangan suami istri telah resmi bersatu menjadi raja dan ratu. Namun adakalanya kalian masih bingung soal desain pelaminan yang cocok untuk kalian. Nah, kalau kamu masih bingung mau mengusung tema apa untuk pelaminan di pernikahanmu nanti, ini nih 10 inspirasi pelaminan yang bisa banget kamu contek!

Pelaminan bertemakan pedesaan Jawa ini seger karena serba hijau! Hiasan pisang dan kelapanya khas banget budaya Jawa.

tema desa/kampung jawa! via thebridedept.com

pedesaan via thebridedept.com

Pelaminan yang satu ini bertemakan pedesaan Jawa, tentunya cocok buat kamu yang menikah dengan adat tradisional Jawa. Kalau kamu ingin dekorasi pelaminan yang sedikit berbeda, tema yang satu ini bisa banget jadi inspirasi. Bukannya dekorasi bunga-bunga, pelaminan yang satu ini justru didominasi dengan yang hijau-hijau dan kuning-kuning seperti pohon pisang, pohon kelapa, dan bunga melati.

Pelaminan indah di alam terbuka yang dikelilingi oleh rerumputan! Meskipun simpel, yang penting menyatu dengan alam!

di kebun yang terbuka via www.himisspuff.com

Advertisement

Pelaminan yang satu ini lebih mengutamakan keindahan alam daripada dekorasi-dekorasi yang berlebihan. Meskipun cuma disertai dengan segumpal buket bunga dan kursi putih polos, perkebunan atau alam sekitar yang asri membuat acaramu tetap indah dan memorable.

Rumah kebaya atau rumah adat Betawi ini bisa jadi tema pelaminan yang lucu! Pake pohon mangga segala!

adat rumah betawi via thebridedept.com

Buat kamu yang orang Betawi atau akan menikah dengan orang Betawi, mungkin kamu akan tertarik dengan tema yang satu ini. Serasa main Lenong, pelaminanmu bentuknya adalah rumah kebaya! Bahkan kamu bisa menjumpai hal-hal yang khas kamu jumpai di rumah Betawi tersebut. Kamu bisa mendekorasi pelaminanmu dengan kandang burung, lampu minyak, dan juga pohon mangga.

Serasa menjadi princess dengan dekorasi lorong pelaminan ini. Lengkungan-lengkungan penuh lampu dan gantungan bunga membuatmu merasa spesial.

lengkungan-lengkungan cantik via www.stylemepretty.com

Mungkin kamu sering lihat di film-film barat ketika si pengantin menuju altar pernikahan dengan melalui lorong bunga-bunga. Kamu bisa merealisasikan tema pernikahan tersebut seperti gambar diatas. Lengkungan-lengkungan yang dihias dengan lampu-lampu cantik dan jalar-jalar membuatmu serasa menjadi seorang princess!

Tema pulau Dewata juga nggak kalah cantik! Gapura emasnya membuat acara pernikahanmu semakin megah!

Budaya atau adat Bali adalah salah satu adat yang paling cantik di Indonesia. Oleh karena itu, kenapa kamu nggak mencoba mendekorasi pelaminanmu dengan tema pulau Dewata? Disitu kamu bisa menghias pelaminanmu dengan gapura cantik berwarna emas khas Pulau Bali.

Pasir pantai yang lembut dan hangat pun menjadi dekorasi yang indah bagi pelaminanmu!

tema pantai via www.princessly.com

Pernikahan tema pantai memang sedang naik daun sekarang, terutama bagi kamu yang ingin menikah dengan pernikahan gaya barat. Pelaminan bertemakan pantai bisa membawa kecantikan tersendiri bagi acaramu terutama jika altarmu menghadap langsung ke laut. Cukup dengan dekorasi yang simpel, pernikahanmu akan berkesan dengan pasir pantai yang hangat dan lembut seperti si dia!

Rumah Gadang yang megah dan bersahaja dapat menjadi tema pelaminanmu si pasangan Minangkabau!

tema rumah Gadang Minangkabau via aphrodheti.wordpress.com

Kalau kamu orang Minang, pasti udah nggak asing lagi donk dengan rumah Gadang! Rumah tradisional yang satu ini besar dan megah, pantas untuk tema pelaminan minangmu yang biasanya bertema besar-besaran! Tunjukkan rasa banggamu sebagai orang Minang dengan tema pelaminan yang satu ini!

Tema pelaminan serba putih itu nggak cuma cantik namun juga terlihat suci nan indah!

serba putih dan suci via www.deerpearlflowers.com

Warna putih biasanya identik dengan kesucian dan kemurnian. Agar pernikahanmu terasa kesucian dan kehikmatannya, kamu bisa mengusung tema pelaminan serba putih. Nggak cuma dekorasi bunga-bunganya yang putih, kursi pelaminan hingga kursi tamunya pun berwarna putih. Sentuhan warna hijau dedaunan pun tak masalah karena justru menambah kecantikan pelaminanmu!

Semoga pernikahanmu bisa sekokoh pohon pinus dengan pelaminan yang bertemakan hutan pinus!

tema hutan pinus via www.tulleandchantilly.com

Hutan pinus itu cantik, tapi nggak cuma itu! Hutan pinus juga punya wangi yang harum yang cocok banget dijadikan venue acara pernikahan. Dengan pernikahan dan pelaminan yang diadakan di hutan pinus, acaramu pun menjadi unik dan beda dari lainnya. Buat kamu yang tinggal di Jogja, tahu nggak sih kalau Jogja punya hutan pinus cantik di daerah Bantul bernama Hutan Pinus Mangunan? Wah, langsung deh dicek!

Pernikahan yang kawaii banget dengan tema Hello Kitty! Yang penting kan si pengantin cewek happy, hehe!

tema hello kitty! via www.asmorodecoration.com

Mungkin kamu sebagai cowok mikir “duh, apaan sih pernikahan kok temanya Hello Kitty?” Padahal hari pernikahan itu lebih penting buat si cewek daripada si cowok. Jadi, ikutin aja kemauan si calon istri agar pernikahanmu bahagia. Tema pelaminan yang satu ini cocok buat kamu yang memang obsesi dengan Hello Kitty! Nggak usah peduli sama orang yang bilang bahwa tema ini terlalu kekanak-kanakan! Yang penting kamu bahagia di hari besarmu!

Nah, ternyata ada banyak kan tema-tema lucu yang bisa kamu pilih sebagai tema pelaminan? Meskipun hari pernikahanmu masih jauh, nggak ada salahnya kan cari inspirasi dari sekarang? Jadi, mana nih inspirasi yang paling kamu suka?