Setelah menikah banyak hal yang berubah, salah satunya kebiasaan-kebiasaan yang sebelumnya kamu lakukan sendirian kini sudah ada pasangan. Jika momen pernikahan kamu tepat sebelum memasuki bulan Ramadan atau ini merupakan bulan Ramadan pertama bersama pasangan, ada baiknya kamu menyimak beberapa tips ini agar tidak kagok dan puasa tetap lancar sampai lebaran. Pun puasamu menjadi berkah bagi kamu dan pasangan. Simak sampai habis ya~

1. Barangkali setelah menikah kamu masih perlu menyesuaikan ini itu dengan pasangan. Ingat, jangan terbawa emosi

Hih, nyebelin banget sih via www.foryourmarriage.org

Setelah menikah ada banyak yang perlu disesuaikan. Yang menurutmu ideal belum tentu untuk pasangan. Makanya sebaiknya bicarakan segala hal yang akan kalian lakukan bersama. Apalagi ini bulan puasa, nggak mau dong malah banyak drama jadi nggak dapat pahala. Sebelum emosi coba bicarakan semuanya dengan baik-baik dulu ya.

2. Karena sudah berumah tangga, ada baiknya kamu dan pasangan bekerja sama saat melakukan tugas rumah termasuk saat puasa

Mencoba resep baru bersama via www.videoblocks.com

Advertisement

Sebaiknya kalian membuat kesepakatan sebelumnya tentang bagaimana kalian akan menjalankan puasa dari sahur hingga berbuka. Urusan masak-memasak atau menyiapkan makanan bukan hanya urusan perempuan kok, laki-laki wajar jika ingin membantu. Alih-alih bangun sahur saat makanan sudah tersedia, ada baiknya kamu ikut membantu sebisamu juga. Termasuk pekerjaan rumah yang bisa kalian bagi, agar hemat tenaga.

3. Jika kamu masih hidup bersama mertua, jangan sampai kamu justru tergantung dengan mereka

Aku bantuin ya, Ma via www.videoblocks.com

Jika kamu dan pasangan belum memiliki rumah sendiri, tandanya kamu perlu tahu diri. Jangan menggantungkan diri ke mertua. Contohnya kamu bisa membantu mertua untuk menyiapkan sahur atau berbuka. Jika kamu sibuk bekerja dan tak bisa membantu tenaga, paling tidak kamu berusaha untuk membelikan bahan atau masakan yang sudah jadi.

4. Demi menghindari ‘ena-ena’ di siang hari, kamu bisa menyibukkan diri dengan kegiatan yang lain. Daripada batal puasanya kan~

Bikin kue bersama via www.afghomeloans.com.au

Namanya juga pengantin baru, ingin berduaan melulu merupakan hal yang wajar. Tapi hati-hati ya, kalau sudah berduaan takutnya malah kebablasan eh puasanya malah jadi batal, hehe. Untuk menghindari hal ini kalian bisa menyibukkan diri seperti menyiapkan kue untuk lebaran hingga jalan-jalan. Tapi, jangan melakukan kegiatan yang menghabiskan terlalu banyak tenaga ya. Nanti malah jadi makin loyo~

5. Kamu dan pasangan tetap bisa berhubungan seksual kok, tapi ketahui kapan sebaiknya ya. Agar puasamu tetap aman dan berkah

Bisa mesra-mesraan kalau malam via unsplash.com

Advertisement

Berhubungan seksual dengan pasangan sah merupakan salah satu sumber pahala. Tentu kamu tidak boleh melakukan hubungan seksual di siang hari jika tidak ingin puasamu batal. Tapi saat bulan Ramadan kamu tetap bisa melakukannya kok yaitu di malam hari. Idealnya bisa dilakukan setelah tarawih hingga sebelum sahur. Jangan lupa mandi wajib ya sebelum melaksanakan ibadah puasa. Jangan terlalu lama dan bersemangat juga agar kamu tetap bisa fit saat melaksanakan ibadah besoknya.

Walaupun masalah yang kamu hadapi berbeda dengan masalah di bulan puasa sebelumnya, kamu tetap bisa kok mengatasinya. Bahkan, bulan Ramadanmu bisa terasa lebih berwarna dengan adanya pasangan. Ughh, yang belum punya pasangan, sabar dulu ya, nanti akan ada waktunya. Minimal, belajar dulu nih tips menjalaninya, hehe.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya