9 Cara Menghemat Budget Bunga Pernikahan

Pernikahan pastinya nggak akan sempurna tanpa dekorasi maupun hiasan bunga-bunga. Karena bunga memiliki keindahan tersendiri yang bisa bikin pernikahan menjadi semakin indah dan intimate. 

Advertisement

Namun, untuk menghadirkan bunga-bunga yang indah dan segar tentunya membutuhkan biaya. Apalagi kalau kamu ingin hadirkan bunga dengan kuantitas yang banyak, tentu budget akan bertambah.

Nah daripada kelepasan dan tiba-tiba budget membengkak hanya untuk dekorasi bunga-bunga, berikut ada cara hemat anggaran untuk bunga pernikahan

1. Gunakan tenaga ahli atau florist

Cara hemat anggaran untuk bunga pernikahan

Konsultasikan dengan florist. / Credit: Photo by Amina Filkins from Pexels

Banyak anggapan bahwa berkonsultasi dengan florist justru menambah biaya. Namun, pada dasarnya florist akan membantumu menentukan desain yang baik sesuai dengan budget yang dimiliki.

Advertisement

Florist yang telah berpengalaman pastinya akan membuat dekorasi bunga dengan cantik dan nggak norak. Kamu bisa menentukan tone maupun palet warna yang kamu inginkan pada florist dan biarkan mereka yang memilih bunga agar sesuai dengan anggaran.

2. Pilih bunga yang mudah didapat

Cara hemat anggaran untuk bunga pernikahan

Pilih yang sedang musim. / Credit: Photo by Tuấn Kiệt Jr. from Pexels

Seperti yang kita tahu, bunga memiliki range harganya tersendiri. Apalagi kalau sedang nggak musim, harga bunga tentu bisa naik karena susah didapat.

Maka dari itu pilihlah bunga yang tumbuh subur di daerahmu atau yang sedang musim saat pernikahan dilangsungkan. Dari sana kamu bisa menghemat biaya transportasi dan bunga yang mudah didapatkan cenderung berharga lebih murah.

Advertisement

3. Pilih bunga yang tampak besar dan mencolok

Cara hemat anggaran untuk bunga pernikahan

Bunga sepatu tampak besar/ / Credit: Photo by Raquel Tinoco from Pexels

Bunga dengan mahkota besar mungkin lebih mahal, dibanding dengan bunga yang memiliki mahkota kecil. Namun, semakin besar bunga maka akan semakin terlihat ia dalam ruangan dan akan semakin sedikit dibutuhkan.

4. Tawar atau tukar bunga yang harganya mahal

Cara hemat anggaran untuk bunga pernikahan

Tawar bunga yang harganya mahal. / Credit: Photo by Julia Volk from Pexels

Bunga memiliki harganya sendiri, seperti bunga peony yang jauh lebih mahal dibanding bunga mawar. Bila masih mungkin, maka SoHip bisa coba menawar.

Akan tetapi, bila bunga nggak bisa ditawar maka kamu bisa minta untuk tukar bunga mahal tersebut dengan bunga lain yang lebih murah tapi mwmiliki warna dan bentuk yang sama.

5. Gunakan beberapa jenis bunga saja

Cara hemat anggaran untuk bunga pernikahan

Pilih beberapa saja, jangan semua. / Credit: Photo by Secret Garden from Pexels

Menginginkan terlalu banyak jenis bunga tentu budget yang keluar juga akan semakin banyak. Maka dari itu, cukup gunakan beberapa jenis bunga saja supaya lebih hemat. Lagipula memilih sedikit warna dengan kombinasi yang cantik maka dekorasi akan nampak elegan.

6. Perbanyak hiasan dedaunan

Cara hemat anggaran untuk bunga pernikahan

Daun sebagai hiasan meja. / Credit: Himisspuff

Kamu bisa gunakan daun dan juga tangkai yang pastinya bisa membantu hemat anggaran. Apalagi kini rangkian bungan dipadu dengan daun cukup menjadi trend mengikuti pernikahan dengan dekorasi rustic.

Dengan penataan yang pas maka dekorasi nggak akan murahan. Justru setiap sudut akan terlihat asri dan Instagram-able

7. Manfaatkan kembali bunga untuk rangkaian acara berikutnya

Cara hemat anggaran untuk bunga pernikahan

Usai resepsi bunga bisa digunakan untuk acara makan malam pernikahan. / Credit: Photo by Olya Kobruseva from Pexels

Biasanya dalam pernikahan terdapat serangkaian acara yang membutuhkan dekorasi. Seperti saat akad, lalu resepsi hingga makan malam keluarga dan kerabat yang lebih intim.

Maka dari itu kamu bisa memangkas anggaran dengan menggunakan bunga yang sebelumnya sudah dipakai. Seperti contohnya bunga untuk resepsi digunakan lagi untuk acara makan malam keluarga dan kerabat.

8. Jangan sepelekan bunga yang dinilai mainstream

Cara hemat anggaran untuk bunga pernikahan

Mawar kadang dianggap painstream. / Credit: Photo by picjumbo.com from Pexels

Digadang-gadang sebagai acara sekali seumur hidup, kadang kita ingin semuanya serba berkesan dan nggak mainstream. Namun, bukan berarti kamu harus tutup mata dengan bunga-bunga yang indah walaupun murah dan  gampang ditemukan.

Terdapat bunga-bunga indah seperti carnation, maupun mawar yang bisa tetap nampak elegan sebagai buket maupun dekorasi. Kuncinya hanya ada di permainan kombinasi warna dan bentuk yang pas.

9. Pilih alternatif selain bunga

Cara hemat anggaran untuk bunga pernikahan

Boleh juga gunakan dekorasi lampion. / Credit: Wedding Wire

Bagi kamu penganut agama Katolik atau Kristen, beberapa pengantin kerap mengganti buket bunga dengan rosary atau Alkitab saat berjalan menuju altar. Ini tentu dapat memangkas anggaran Anda untuk buket bunga pernikahan.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan lampion maupun lampu-lampu sewaan sebagai ganti dekorasi bunga.

Itu tadi 9 cara yang sekiranya bisa bantu kamu dalam merencanakan bujet bunga untuk pernikahan. Ingat, kita harus tetap bijaksana dalam merencanakan anggaran karena kehidupan sehabis pernikahan juga butuh dana.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE