3 Jenis Katering Pernikahan Terpopuler. Sebelum Pesan, Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya!

Jenis katering pernikahan

Saat menyiapkan pernikahan, salah satu hal yang paling penting adalah memilih katering atau penyedia makanan. Kalau makanan yang tersedia lezat dan jumlahnya mencukupi, tentu para tamu bakal puas. Begitu juga sebaliknya. Jadi kita wajib untuk cermat dan jangan sampai salah pilih.

Advertisement

Nah, untuk mendapat pilihan terbaik, sebelumnya kita perlu memahami jenis-jenis layanan katering. Mulai dari buffet, plated meal, sampai katering bergaya brunch. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Dengan jenis katering buffet atau prasmanan, para tamu bisa mengambil hidangan sendiri sesuai keinginan. Praktis banget, tapi harus ekstra hati-hati di masa pandemi begini

Katering buffet | Photo by Asiya Kiev on Unsplash via unsplash.com

Jenis katering inilah yang paling sering dijumpai saat resepsi pernikahan. Berbagai jenis makanan dan minuman dalam jumlah banyak akan ditata di meja panjang. Mulai dari nasi, lauk pauk, hingga pencuci mulut seperti potongan buah dan es krim. Para tamu bisa mengambilnya sendiri sesuai keinginan sehingga lebih puas dan nyaman. Pihak penyelenggara juga nggak perlu menyediakan banyak pramusaji.

Kekurangan dari jenis katering ini adalah makanan jadi lebih cepat habis karena para tamu bisa menambah porsi sampai berkali-kali. Selain itu, antrean di meja buffet bisa menjadi terlalu panjang sehingga mengganggu tamu lainnya. Untuk mengatasinya, pihak katering perlu menambah jumlah makanan secara berkala dan menyiapkan meja serta area yang cukup luas agar tamu nggak berdesakan.

Advertisement

2. Agar para tamu nggak kehabisan makanan, kita bisa memilih katering bergaya plated meal. Makanannya sudah dijatah per piring dan tinggal diantar ke para tamu

Plated meal | Photo by Louis Hansel on Unsplash via unsplash.com

Jenis katering ini unik karena bisa diterapkan di berbagai jenis pernikahan. Mulai dari pernikahan sederhana yang berlokasi di rumah, sampai pernikahan formal yang diadakan di hotel. Yang penting, makanan untuk para tamu sudah dijatah per piring dan diantar oleh pramusaji. Cara ini bisa menghemat bujet jika makanan yang dipilih sederhana. Misalnya nasi, beberapa potong lauk, sayuran, dan kerupuk yang ditata dalam satu piring.

Kekurangannya, para tamu bisa merasa kurang cocok pada jenis makanan dan porsi yang disajikan. Lalu bagaimana solusinya? Jika memungkinkan, kita bisa memberi beberapa pilihan menu katering pada tamu sehingga mereka bisa menentukan sendiri. Jadi mereka akan merasa lebih puas saat menyantapnya. Tetapi jenis katering ini memiliki kelemahan yang lain, yaitu perlu menyediakan lebih banyak pramusaji untuk mengantar makanan atau mengambilkan makanan.

3. Kalau ingin mencoba konsep modern, pilihlah katering bergaya brunch. Kita hanya perlu menyajikan makanan ringan sehingga bisa menghemat bujet

Advertisement

Berbagai makanan ringan | Photo by Sebastian Coman Photography on Unsplash via unsplash.com

Bosan dengan jenis katering yang itu-itu saja? Pilihlah katering bergaya brunch yang biasanya diterapkan di luar negeri. Cara ini bisa dipilih jika resepsi pernikahan diadakan di jam yang “nanggung”, misalnya saat sore hari. Karena nggak bersamaan dengan jam makan pada umumnya, para tamu nggak perlu menyantap makanan berat. Jadi kita hanya perlu menyediakan makanan ringan seperti berbagai jenis kue, roti, dan lainnya dalam porsi kecil-kecil tapi ditata cantik.

Cara ini bisa menghemat banyak biaya katering. Tetapi, mungkin para tamu kurang puas dan masih lapar setelah acara selesai. Apalagi biasanya orang-orang Indonesia mengharapkan makanan berat saat resepsi pernikahan. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menjelaskan konsep katering di undangan sehingga para tamu bisa menyesuaikan ekspektasi mereka.Dan tentu lokasi pengadaan acara juga perlu dipertimbangkan karena nggak setiap daerah bisa menerima sistem katering ‘irit’ begini, hehe.

Itulah berbagai jenis katering yang bisa dipilih untuk acara pernikahan. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, jadi sesuaikan saja dengan kebutuhan dan bujet kita. Yang kalah penting, carilah jasa katering yang sudah terpercaya sehingga hasil kerjanya pun memuaskan. Selamat memilih!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE