Sepatu digunakan sebagai representasi pilihan gaya dan kepribadian. Misalnya, mereka yang nggak suka ribet akan memilih flat shoes, sneakers atau sandal sebagai penyempurna busananya. Tapi, konon katanya ketika acara pernikahan, cewek akan punya keterbatasan dalam memilih jenis sepatu untuk dikenakan saat pesta. Sepatu pengantin kerap diidentikkan dengan sepatu mewah berhak tinggi untuk menunjukkan kesan yang anggun dan elegan. Padahal, sepatu pengantin nggak cuma high heels saja lo!

Coba deh lihat dulu beberapa jenis sepatu pengantin wanita yang bisa kamu jadikan referensi untuk menunjang penampilanmu di hari istimewa. Bukan cuma cantik dan mewah saja, yang terpenting kamunya nyaman saat mengenakannya.

1. Pump shoes adalah model sepatu hak tinggi yang paling sering dikenakan oleh kebanyakan pengantin wanita yang ingin bergaya feminin

heels yang sering dipakai via yandex.com

Advertisement

Pump shoes adalah jenis heels dengan ketinggian sedang sekitar 6-8 senti dengan bagian depannya yang tertutup dan agak bulat. Cukup nyaman dikenakan meski kamu termasuk yang jarang pakai sepatu hak tinggi. Kalau kamu cukup PD untuk tampil dengan sepatu berhak tinggi, sepatu model stiletto yang bagian ujung dan haknya meruncing bisa dicoba.

2. Jika kamu tetap ingin pakai heels saat resepsi tapi yang nggak begitu menyiksa dan nyaman untuk bergerak, kitten heels solusinya

tumitnya nggak terlalu tinggi via jasmineaherne.com

Kitten heels ini cocok banget dipakai olehmu yang postur tubuhnya tinggi, tapi tetap ingin pakai sepatu berhak untuk pesta pernikahan. Tumitnya nggak terlalu tinggi, cuma setinggi 3-5 senti dan meruncing ke bawah. jadi kamu bakal tetap nyaman untuk berdiri atau bergerak selama berjam-jam di pesta pernikahan.

3. Kamu yang sama sekali nggak bisa toleransi dengan sepatu bertumit tinggi, nggak dosa kok kalau pakai flat shoes saat jadi temanten ayu

flat shoes via id.pinterest.com

Flat shoes adalah pilihan yang paling aman kalau kamu tak ingin kerepotan pakai heels di resepsi pernikahan. Agar nggak terkesan terlalu santai, pilih desain yang agak glamor, bisa menggunakan hiasan payet, mutiara, atau gaya simpel nan elegan dengan desain renda.

4. Jika kamu ingin tampilan yang sedikit lebih formal namun tetap simpel, ballet flat bisa menjadi pilihan

sepatu balet yang lebih nyaman via makeupartistbusinesscard.com

Advertisement

Jika kamu memilih gaun pengantin dengan bawahan pendek yang memperlihatkan kaki, di situlah ballet flat akan terlihat pas saat dikenakan. Jangan khawatir, mengenakan ballet flat ini, kamu tetap bisa tampil anggun dan feminin tanpa khawatir terjatuh atau tergelincir saat bergerak.

5. Ingin lebih santai dan nyaman lagi? Kenakan sandal beraksen khusus buatmu yang menggelar pesta pernikahan bergaya outdoor

sandal untuk gaya kasual via weddceremony.com

Nggak harus sepatu, sandal juga bisa dijadikan sebagai alas kakimu di hari pernikahan. Apalagi kalau kamu memilih pesta pernikahan outdoor di kebun, di tepi pantai atau bergaya bohemian. Ankle strap dengan detail kristal atau manik-manik akan menyempurnakan busana pernikahanmu yang semi kasual atau nggak terlalu formal.

6. Jika kamu ingin memamerkan kuku kakimu yang sudah cantik setelah pedicure, kenakan sepatu model peep toe heels

model jari kaki terbuka via www.insideweddings.com

Sepatu ini memiliki model terbuka di bagian ujung kaki sehingga bisa memperlihatkan kuku kakimu yang cantik itu. Sepatu ini juga bisa jadi solusi jika kamu ingin mengenakan heels namun nggak nyaman dengan bagian ujungnya yang tertutup. Jadi nggak gerah deh!

7. Nah, wedges ini cocoknya buat kamu yang ingin tampil jenjang tanpa takut jatuh atau keseleo

haknya tebal anti selip via www.etsy.com

Wedges ini adalah tipe heels yang desain haknya tebal, jadi nggak perlu khawatir terselip saat mengenakannya. Sangat cocok untukmu yang menggelar pesta pernikahan di lokasi outdoor yang permukaan tanahnya nggak rata. Simpelnya, penggunaan wedges pas untuk pesta pernikahan luar ruangan tapi pengantin ingin tetap tampil lebih jenjang dan nyaman.

8. Untuk mempermanis tampilan busana yang nggak banyak ornamen, kenakan statement heels saja

ada detail khususnya via blovedblog.com

Jenis sepatu berhak lancip lainnya adalah statement heels. Biasanya, modelnya dibuat strap heels dengan desain yang lebih variatif, unik, dan beda dengan lainnya. Desain sepatu seperti ini cocok untuk padanan busana yang nggak banyak ornamennya sehingga berfungsi mencuri perhatian.

9. Hampir sama dengan peep toe heels, kamu bisa kenakan ankle boots untuk tampilan yang edgy dengan ujung jari kaki yang terbuka

ankle heels via www.spylovebuy.com

Untuk kamu yang ingin tampil lain dari yang lain di hari pernikahan, ankle boots merupakan pilihan tepat. Dengan desain khusus, kamu tetap bisa tampil feminin di hari pernikahan kok! Sangat cocok dipadupadankan dengan gaun pengantin mini.

10. Kalau bagian tumitmu yang ingin dipamerkan, kenakan saja model sepatu sling back yang juga nggak kalah nyamannya

Berbeda dengan ankle strap heels, sling back heels ini punya strap yang dicantolkan di atas tumit. Sepatu dengan model seperti ini akan memberikan kesan elegan pada penampilan sekaligus menjagamu tetap aman ketika berjalan. Bagian tumitmu pun akan terekspos lo!

11. Nggak cuma buat jalan saja, sneakers-pun bisa dikreasi menarik untuk dikenakan dalam pesta pernikahan

sneakers untuk kesan santai via www.zola.com

Kamu bisa tetap tampil keren dengan gaun pernikahan yang dipadukan dengan sneakers yang dikreasi agar lebih anggun dan unik. Misalnya berdetail glitter warna atau berwarna metalik. Pas untuk resepsi pernikahan yang santai dan sederhana pun buatmu yang menyukai gaya simpel dan banyak gerak.

Memilih sepatu menikah memang susah-susah gampang. Nggak semua model sepatu bisa layak dikenakan, perlu kreativitas khusus untuk menjadikan sepatu tertentu agar bisa seimbang dengan busana pernikahannya. Dan yang paling penting adalah utamakan kenyamanannya. Semoga membantu, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya