Pernikahan memang salah satu hari paling penting dalam hidup seseorang. Makanya nggak heran kalau si calon pengantin selalu ingin pernikahannya berkualitas, dengan dekorasi yang terbaik, kue pernikahan yang unik, undangan yang cantik, dan sebagainya. Demi alasan prestis, tabungan habis pun nggak masalah. Ngga masalah sih, cuma kadang si pengantin fokus pada hal-hal dalam pernikahan yang sebenarnya nggak bakal diperhatikan oleh para tamu. Ini nih hal-hal di pernikahan yang bisa bikin kamu lebih hemat jika disederhanakan, toh para tamu juga jarang memperhatikan kok.

Undangan pernikahan nggak perlu terlalu rumit, ujung-ujungnya masuk tong sampah juga

undangan pernikahan nggak perlu rumit dan mahal via www.stylemepretty.com

Undangan kekinian yang bisa bikin tamu-tamu berdecak wow memang jadi impian setiap calon pengantin. Tapi coba pikir lagi deh, apa iya kita butuh undangan pernikahan yang bentuknya kayak botol itu? Atau undangan yang bentuknya udah kaya buku novel aja, saking tebalnya? Atau yang bisa nyala dengan kelap-kelipnya? Ingat, undangan tersebut memiliki kemungkinan besar untuk berakhir di tong sampah di hari yang sama dengan sampainya si undangan ke rumah si tamu. Daripada bikin yang begituan, duitnya kan bisa dialokasikan ke hal lain seperti cicilan rumah.

Jika tujuannya adalah mengundang kerabat-kerabat dekat ke hari jadimu, undangan yang sederhana pun sudah mencukupi. Yang penting, ada detil lengkapnya terkait dengan waktu, tempat, dan kedua keluarga yang akan disatukan. Setuju nggak, sih?

Buku tamu yang kekinian memang lucu sih, tapi nggak lucu di kantong, guys!

lucu tapi pasti mahal deh via www.mywedding.com

Advertisement

Anak muda jaman sekarang memang kreatif banget. Buku tamu pun sekarang semakin bervariatif bentuknya. Ada yang membuat buku tamu dalam bentuk photobooth, foto polaroid, ada yang bikin custom-made puzzle, dan lain-lain yang pastinya bikin kamu merogoh kocek lebih dalam. Sayang banget nggak sih sama uangmu ketika sebenarnya buku tamu biasa sudah cukup untuk mencatat siapa yang datang ke hari pernikahanmu? Ditambah lagi, banyak juga lho tamu yang kadang malas mengisi buku tamu. Kalau gitu, percuma deh alokasi uang ke buku tamu unik tersebut.

Baju pengantin nggak perlu yang mahal kalau ternyata hanya dipakai sekali seumur hidup

nggak perlu gaun semegah ini kan? via www.weddinginspirasi.com

Pastinya kita pengen menikah sekali saja dong seumur hidup, iya nggak? Kalau gitu, ngapain kita harus beli gaun pengantin yang didesain sama fashion designer yang harganya sama kayak harga mobil itu? Atau mungkin kebaya dengan sulaman-sulaman emas yang padahal cuma bisa dipakai sekali seumur hidup. Oke, hari pernikahan adalah hari yang spesial. Tapi, gaun yang sederhana dan tidak terlalu mahal juga bisa membuatmu merasa cantik dan spesial kok. Yang penting ‘kan bukan gaunnya pernikahannya, tapi perasaan kamu ketika memakai gaunnya.

Dekorasi yang berlebihan rasanya hanya menghambur-hamburkan uang saja, coba pilih dekorasi yang simpel saja!

cantik sih, tapi si tamu cuma lewat sebentar aja menuju ke meja prasmanan via www.slrlounge.com

Oke, dekorasi pernikahan memang nggak ada yang murah sih. Tapi dekorasi pernikahan akan semakin mahal gara-gara keinginan banyak calon pengantin akan dekorasi yang “wah.” Lautan bunga yang tergantung di langit-langit, hutan tropis mini dalam gedung, hingga lampu-lampu chandelier yang mahal banget, semua itu rasanya nggak begitu perlu deh. Tamu-tamu cuma bakalan di acara pernikahanmu selama beberapa menit. Itu pun mereka seringnya lebih memperhatikan makanan apa yang bakal mereka makan selanjutnya daripada pohon-pohonan lucu yang ada di tengah ruangan.

Daripada bingung mikirin kualitas empat hal di atas, mending kamu fokus sama hal-hal yang sering bikin tamu bahagia di bawah ini

makanan resepsi via www.couturecolorado.com

Mungkin tamu seringnya nggak akan peduli dengan empat hal di atas. Meskipun begitu, bukan berarti mereka tak peduli dengan pernikahanmu lho! Ada juga hal-hal yang mereka perhatika seperti yang ada di bawah ini…

Pertama, daripada bingung memikirkan konsep buku tamu apa yang lucu, mending kamu memikirkan konsep suvenir lucu yang berguna untuk para tamu. Gantungan kunci, kipas, pajangan dinding, duh bikin malas tamu. Mending kamu cek beberapa suvenir lucu yang tamu suka di sini.

Kedua, fokuskan acara resepsi utamamu pada katering karena tamu-tamu yang datang ke pernikahan biasanya cuma peduli sama makanan yang akan mereka makan. Terakhir, bagian entertainment seperti musik dan hiburan lain adalah hal yang juga sering dipedulikan oleh para tamu. Cari hiburan yang pastinya bisa dinikmati oleh semua kalangan yang hadir di pesta pernikahanmu. Nggak mau ‘kan pernikahanmu dinyinyirin hanya karena penyanyi yang fals?

Jadi, khawatir dalam membahagiakan para tamumu itu wajar. Tapi, jangan sampai kamu stress hanya karena hal-hal kecil yang sebenarnya nggak banyak digagas oleh para tamu. Toh, hari pernikahan sebenarnya adalah tentangmu dan kebahagiaanmu, bukan para tamu!