7 Panduan Praktis Pilih Kebaya Lamaran untuk si Kurus. Jadi Lebih Proporsional Seketika~

kebaya untuk orang kurus

Selain sebagai pijakan pertama dalam mengikat janji suci antar dua anak manusia, lamaran juga jadi sebuah panggung di mana semua mata tertuju padamu. Makanya, penampilanmu harus maksimal. Bukan berarti harus mewah dan mahal ya, tapi sebaiknya mengenakan sesuatu yang cocok dan mampu menunjang tampilanmu di momen ini. Sayangnya, mungkin kamu seringkali kesulitan menemukan pakaian yang cocok dengan bentuk tubuh yang kamu miliki.

Advertisement

Selama ini mungkin lebih banyak yang memberikan tips memilih kebaya untuk mereka yang tubuhnya berisi, padahal kita yang punya tubuh kurus ini juga seringkali merasa kurang percaya diri. Eits, jangan buru-buru rendah diri begitu, kamu bisa juga kok tampil maksimal dengan beberapa panduan berikut ini!

1. Motif dan detail pada kebaya akan menjadi salah satu elemen yang bisa dimaksimalkan, ternyata tak bisa asal indah saja

Motif 3D/ Credit: Anji Asmara via www.instagram.com

Ketika memilih kain, kamu mungkin akan cenderung memilih motif dan detail seperti payet yang indah padahal kain tersebut masih digulung. Motif yang kamu lihat tersebut walaupun indah namun tak semuanya bisa menunjang penampilanmu. Motif kebaya yang paling cocok untukmu si pemilik tubuh kurus adalah motif-motif besar yang mampu menyamarkan bentuk tubuh atau payet yang rapat. Motif 3D juga akan memberikan kesan penuh yang membuat tubuhmu jadi makin berisi.

2. Model kebaya peplum yang kekinian akan membentuk siluet pada tubuhmu yang selama ini terlihat lurus saja

Peplum/ Credit: Nia Ramadhani via www.instagram.com

Model kebaya yang satu ini banyak digunakan karena memberikan kesan yang modern dan cocok untuk dikenakan di kesempatan apa saja termasuk lamaran. Modelnya yang mengembang di bagian bawah akan memberikan ilusi berupa siluet tubuh sehingga tak terlihat lurus saja. Kamu bisa menyesuaikan variasinya tergantung dengan seleramu kok.

Advertisement

3. Memberikan pita atau memakai obi pada kebayamu juga akan menyamarkan bentuk lurus pada tubuh yang kamu miliki

Pakai pita/ Credit: ninda fahriyah via www.instagram.com

Selain memilih model peplum, kamu juga bisa melengkapi kebaya cantikmu dengan pita di bagian pinggang yang berukuran cukup besar. Mengenakan obi atau ikat pinggang juga bisa digunakan ketika kebayamu berbentuk klasik atau polosan. Penggunaan properti ini akan menyamarkan tubuh lurusmu dan memberikan dimensi sehingga lebih berbentuk.

4. Masih berkaitan dengan model, teknik layering pada kebaya akan membuat volume tubuhmu ikut bertambah juga

Layering/ Credit: Studio Boh via www.instagram.com

Salah satu tips untuk membuat tubuh kurusmu terlihat lebih berisi lainnya adalah dengan mengenakan model kebaya bertumpuk atau layering. Kamu bisa memilih bahan mulai dari kain brokat sampai kain tile kekinian yang transparan dipadukan dengan kain satin polos warna senada untuk membuat model yang satu ini tetap enak dipandang. Bisa juga dibuat dari bahan yang sama kok.

5. Memilih kebaya yang panjang akan membuat tubuhmu terlihat semakin lurus, sebaiknya pertimbangkan untuk ukuran yang sedang-sedang saja

Sedang saja/ Cedit: Paula Verhoeven via www.instagram.com

Memakai kebaya dengan model kancing depan biasa dengan ukuran panjang misalnya sampai ke lutut akan mengekspos bentuk tubuhmu yang lurus, makanya sebaiknya hindari ukuran kebaya yang satu ini ya. Sebagai gantinya kamu bisa memilih kebaya dengan ukuran yang pas dengan pinggulmu saja.

6. Kamu juga bisa mengenakan selendang yang disampirkan untuk mengalihkan fokus orang-orang dari tubuh kurusmu

Selendang/ Credit: Anji Asmara via www.instagram.com

Advertisement

7. Cape yang panjang untuk ditambahkan kebaya juga bisa bantu menyiasati tubuh kurus. Bisa adopsi dari model gaun Dinda ini~

Credit: Anji Asmara via www.instagram.com

Menambahkan aksen seperti cape untuk kebaya modern juga bisa dicoba nih. Sesuaikan model dan lapisan cape-nya agar bisa memberikan dimensi yang pas untuk tubuh yang kurus.

Selain membuat penampilanmu naik satu level, ternyata properti pelengkap berupa selendang juga bisa menutupi bagian tubuh yang lurus sehingga bisa menyamarkan bentuk tubuh tersebut. Kamu bisa memilih kain satin yang polos saja kok untuk dijahit dari bahu ke bagian pinggang maupun mengenakan selendang lepas yang disematkan saja.

Terakhir, kamu sebenarnya bisa memilih warna apapun sesuai dengan seleramu namun penampilanmu akan makin maksimal dengan pemilihan warna cerah. Nah, walaupun mungkin kelihatannya sepele dan sering terlewatkan namun dengan beberapa panduan tersebut membuatmu akan makin sukses jadi penguasa pangggung acara lamaranmu. Semoga lancar ya semuanya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE