Menjadi orangtua baru itu rasanya nano nano. Antara senang, capek, bingung dan kadang bisa stres juga. Jujur aja, setelah menikah dan punya bayi pasti banyak orangtua yang mulai meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang dilakukan berdua seperti kencan romantis ke mal, bioskop atau kafe. Padahal jangan salah, lho. Pasangan menikah dan punya bayi juga perlu untuk memiliki quality time berdua saja tanpa kehadiran sang buah hati.

Ternyata nih buibu dan bapak-bapak, dilansir dari http://www.foryourmarriage.org, sebuah laporan yang dirilis National Marriage Project di University of Virginia menyatakan bahwa kencan malam itu merupakan hal yang penting dan perlu untuk menambah keintiman, komunikasi dan kepuasan pribadi. Selain itu dilaporkan juga kencan malam membantu menghindarkan pasangan dari strss, menekan kemungkinan perceraian dan meningkatkan kebahagiaan pasangan. Tuh, sip banget ‘kan manfaatnya? Makanya, jangan sepelekan kencan sama pasangan meskipun sudah menikah dan lagi sibuk urusan bayi. Berikut Hipwee bakal kasih ide kencan malam yang mom-friendly pastinya. Yuk disimak!

1. Jika kamu belum bisa pergi ke bioskop bersama pasangan karena durasi nonton yang terlalu lama, kamu bisa membuat movie marathon sendiri di rumah

Nonton bareng suami atau istri di rumah juga bisa seru, kok. via www.trendir.com

Advertisement

Nonton di rumah bisa jadi alternatif kencan malam yang efektif dan murah meriah. Kita juga bisa sesuaikan sendiri durasi dan jenis film yang akan kita tonton. Biar seru, sesekali coba genre film horor  yang bikin deg-degan atau nonton film sci-fi dengan special effect yang keren. Bayinya titip dulu dong, bisa ke sodara atau kakek nenek di rumah. Kalau di rumah tidak ada orang yang bisa kamu titipin, mungkin kamu bisa coba nonton bareng di ruangan lain sama pasangan dengan catatan bayi kamu sudah tertidur pulas. Also…no gadget, please!

2. Memesan fast  food, bermain board games sambil menonton film favorit berdua. Simpel, intim dan seru!

Main sama suami bisa jadi quality time yang seru ‘kan? via tolovehonorandvacuum.com

Sama seperti sebelumnya, kamu bisa nitipin dulu bayimu ke orang rumah yang kamu percaya sebelum kencan malammu dimulai. Kalaupun nggak ada, bisa diakali dengan mulai kencan setelah bayimu tidur. Simpan dulu smartphone atau gadget apapun yang biasa kamu pegang, ambil mainan board games kayak monopoli atau halma kalian, terus redupin lampu dan nyalain lilin aromaterapi favorit kalian berdua. Aktivitas ini bisa kamu lakukan di depan tv, biar sambil nonton film favorit. Sesuatu yang romantis nggak melulu harus di restoran mahal, ‘kan?

3. Beli minuman favorit, lalu jalan-jalan di alun-alun kota atau sepanjang jalan pusat perbelanjaan

Jalan-jalan romantis di malam hari. via guu.vn

Ini sih simpel banget ya, kalian bisa coba jajan minuman favorit lalu jalan-jalan sambil berpegangan tangan kayak jaman masih pacaran dulu di alun-alun kota atau jalan di daerah pusat perbelanjaan. Kalau cuaca nggak mendukung, bisa coba pilih mall yang agak sepi tapi luas jadi bisa puas jalan-jalannya. Nggak perlu mikir belanja atau diam di suatu tempat karena kalian cuma mau menikmati saat-saat bergandengan tangan berdua tanpa ada bayi yang menangis minta diperhatiin. Rileks aja dan nikmati saat-saat berduaan kalian.

4. Wisata kuliner! Kalau kamu dan pasangan suka jajan, sekali-kali bebaskan diri dengan jajan makanan favorit kalian berdua tanpa mikirin soal kalori

Jalan-jalan wisata kuliner sama pasangan pasti menyenangkan. via www.igogeer.com

Advertisement

Kalau kalian berdua suka makan, kalian bisa pilih wisata kuliner sebagai ide kencan kalian. Nah biar seru dan nggak gitu-gitu aja, bisa tetapkan challenge biar acara wisata kulinernya jadi seru. Misalnya, tetapkan budget hanya Rp 50.000 saja atau jajan dengan menu spesifik, misal sesuatu yang ada cabenya atau kacangnya. Simpel tapi berkesan, ‘kan?

5. Pergi ke wahana taman bermain, museum atau acara menonton film asing gratis

Kencan di tempat-tempat yang nggak biasa biar kencannya nggak membosankan. via id.pinterest.com

Kalau bosan ke mal atau kafe, pergi ke taman bermain bisa jadi alternatif yang seru juga lho. Kalian bisa jajan sambil cobain permainan-permainan seru yang menantang adrenalin. Kalau lebih suka museum, kalian juga bisa googling museum yang buka saat malam sore atau malam dan menghabiskan waktu di sana. Nah, lebih asyik lagi kalau pas ada event nonton film asing gratis, nih. Selain nggak mengeluarkan biaya, kalian berdua bisa dapat pengalaman seru nonton film barangkali genre-nya lain daripada yang biasanya. Jadi kalau bingung, ya bingungnya bareng-bareng deh, sekalian jadi bahan diskusi.

Gimana, sudah ada ide mau kencan romantis berdua kemana? Ya, semua pilihan kembali ke kalian berdua sih. Yang pasti nggak usah takut ataupun merasa bersalah saat kalian sesekali harus kencan berdua tanpa ada bayi yang menemani. Kalau orangtuanya bahagia, bayinya juga pasti juga akan bahagia. Setuju?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya