Jaman sekarang, aneka model gaya pernikahan semakin beragam. Baik pernikahan a la barat maupun tradisional. Semuanya kembali ke selera masing-masing. Termasuk dalam menentukan seragam brides-maid, atau dalam kata Indonesia biasa disebut pager ayu.

Nah, buat kamu yang tergerak hatinya untuk mempertahankan tradisi pernikahan adat, terutama adat Jawa, artikel ini pas banget buat kamu! Kalau kamu masih bingung dalam memilih seragam pagar ayumu, ini nih 9 inspirasi seragam pagar ayu tradisional yang cantiknya pakai banget!

Padu padan kebaya kutubaru warna cerah dengan sanggul Jawa terlihat sangat elegan! Diberi hiasan payung kertas pun semakin cantik, terutama untuk pernikahan outdoor!

Pose di depan candi Borobudur lucu juga ya? via www.instagram.com

Kebaya kutubaru memang khas banget dijadikan outfit acara pernikahan tradisional Jawa. Warna yang cerah seperti diatas biasanya cocok dipadukan dengan jarik yang juga didominasi warna cerah. Biar lebih ngena Jawanya, coba deh tambahkan aksesoris payung kertas yang cantik.

Atau kamu lebih suka kebaya kutu baru floral yang agak gelap? Dipadukan dengan jarik atau batik parang, pasukan pagar ayumu pun terlihat bersahaja

pagar ayu kutu baru sanggul Jawa via www.instagram.com

Advertisement

Kutubaru floral atau bunga-bunga dengan dominasi warna gelap juga punya kesan yang beda, lebih elegan aja kelihatannya, apalagi dipadukan dengan batik motif parang seperti di atas, cantik banget!

Manis-manis warna merah muda, kebaya floral pink lengkap dengan hiasan selendangnya terlihat sangat feminin!

kutubaru bunga-bunga pink yang manis via www.instagram.com

Kalau kamu ingin seragam pagar ayu yang sedikit lebih feminin, coba deh pilih seragam kebaya kutubaru floral warna pink seperti diatas. Selain motifnya yang feminin, tambahan selendang hot pinknya menambahkan aksen yang lebih manis.

Biar nggak berlebihan manisnya, coba ganti kebaya kutubaru pinkmu dengan kebaya modern yang juga sewarna, ayune mbak!

serba pink via warta.ubaya.ac.id

Memadukan hiasan dan sanggul tradisional Jawa dengan kebaya modern nggak ada salahnya kok, justru tampilannya terlihat unik seperti yang ada di atas. Kebaya modern warna pink juga terlihat cantik terutama untuk kamu yang tidak suka dengan motif bunga-bunga dalam kebaya kutubaru!

Mau warna yang nggak biasa? Warna oranye nggak cuma unik tapi pastinya bikin nikahanmu semakin ceria

Sekarang mah warna kebaya kutubaru banyak macamnya. Kalau kamu lebih suka yang unik dan beda, kamu bisa memilihkan seragam warna oranye untuk pasuka pagar ayumu. Warna oranye terlihat sangat cerah dan ceria lho, cocok dengan kulit orang Jawa yang sawo matang dan kuning langsat.

Wujudkan fantasi pernikahan Jawa ningratmu dengan memilih baju pagar ayu model kemben. Tenang aja, kemben beludru dan selendangnya bikin bestiesmu nggak kedinginan!

pagar ayu jawa kemben via www.instagram.com

Kalau kamumau dapat kesan pernikahan yang Jawa banget, model pakaian kemben bisa menjadi alternatif bagi para pagar ayumu! Pakaian jenis yang satu ini memang cukup familiar di daerah Kraton, maka dari itu model kemben memiliki kesan yang ningrat. Kalau kamu takut kedinginan, coba deh pilih bahan kain beludru agar lebih hangat!

Agar lebih spesial lagi, gunakan kain dodot khas Jawa sebagai bahan dasar kemben, jarik, dan selendang. Kamu pun bagaikan putri Keraton yang dikelilingi oleh abdi wanitanya

royal Javanese kain dodot via www.instagram.com

Selain kain berbahan dasar beludru, kain dodot juga bisa menjadi alternatif yang cantik untuk seragam kemben pagar ayumu. Kain dodot sendiri identik dengan pernikahan budaya jawa adat Solo. Kain dodot memiliki makna filosofis yang cukup dalam bagi orang Jawa, yang mana tergantung dengan motifnya, kain dodot dapat dimaknai sebagai kesejahteraan dan keharmonisan si pengantin baru!

Kamu lebih suka dengan kebaya model brokat? Coba deh pilih kebaya brokat hitam dengan aksen merah yang super elegan!

hitam hitam via www.hipwee.com

Kebaya model brokat dengan renda-rendanya yang cantik memang terlihat spesial. Apalagi dengan kombinasi warna hitam dan selendang merah seperti diatas, pagar ayumu pun terlihat sangat menawan mendampingin dirimu ke pelaminan!

Kebaya berbahan dasar beludru jauh terlihat lebih spesial lho! Yakin nggak mau pilih yang ini?

kutubaru Jawa beludru via www.instagram.com

Salah satu kebaya kutubaru yang terlihat paling spesial untuk pagar ayumu adalah yang berbahan dasar beludru. Beludru warna hitam memang memiliki kesan yang amat Jawa. Cukup dihias dengan gunungan (hiasan rambut yang menyerupai gunung) dan juga bunga mawar merah, pagar ayumu pun nggak ada yang ngalahin kecantikannya, kecuali kamu dong!

Nah, ternyata seragam pagar ayu yang tradisional nggak kalah cantik dengan seragam gaun bridesmaid a la barat kan? Bahkan, kebaya-kebaya dan kemben lucu a la Jawa justru memiliki pesona tersendiri yang tidak bisa kamu dapatkan pada gaun bridesmaid. Yuk, girls, kita lestarikan budaya pernikahan adat lokal kita!