4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Cincin Pernikahan Tanpa ribet

Memilih cincin pernikahan

Dalam mempersiapkan pernikahan, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah memilih cincin pernikahan yang terbaik. Terkadang cincin pernikahan bisa jadi salah satu proses yang tidak mudah, apalagi jika belum pernah melakukannya. Ya namanya menikah untuk sekali seumur hidup, cincin sebagai simbol ikatan cinta harus dipilih dengan benar.

Advertisement

Mungkin jika dibayangkan, memilih cincin pernikahan terkesan ribet karena banyak yang harus diperhatikan, mulai dari desain hingga ukurannya. Padahal, kamu bisa lo menentukan cincin pernikahan dengan pasangan tanpa harus ribet. Ada 4 hal dasar yang perlu diperhatikan ketika memilih cincin pernikahan. Yuk simak ulasannya!

1. Hal utama dan paling mendasar ketika akan memilih cincin pernikahan adalah menentukan anggaran atau budgeting. Penting banget nih agar terhindar dari perasaan kecewa!

Credit: Photo by Leah Kelley from Pexels via www.pexels.com

Memiliki anggaran yang jelas, membuat kamu bisa lebih mudah menentukan desain cincin hingga jenis bahannya. Karena jika kamu sedang mencari cincin pernikahan tetapi belum menentukan anggarannya, kamu tentunya akan kecewa lo kalau tiba-tiba menemukan cincin yang disukai, eh ternyata anggarannya kurang.

Oleh karena itu, anggaran yang jelas bisa membuat kamu lebih pasti juga dalam memilih cincin, apakah yang terbuat dari emas atau platinum, berapa kadar yang diinginkan, dan apakah perlu sentuhan berlian atau permata. Kan kalau dari awal jelas, memilih cincin bisa lebih tenang. Jangan lupa diskusikan dengan pasangan~

Advertisement

2. Menentukan model cincin sesuai dengan gaya kepribadian diri agar bisa dipakai di segala kondisi. Pasti ada nih yang beli cincin pernikahan, tetapi jarang dipakai karena modelnya kurang timeless. Jangan sampai!

Credit: Photo by TranStudios Photography & Video from Pexels

Menjadi simbol dari ikatan seumur hidup, cincin pernikahan tentunya harus selalu digunakan. Untuk itu, kamu harus memilih  model yang sesuai dengan kepribadianmu agar percaya diri juga jika menggunakannya dalam segala kondisi.

Cobalah untuk mulai memikirkan apakah kamu tipikal orang yang menyukai model simpel bulat polos dengan ukiran nama di dalam atau menambahkan permata agar terlihat glamor. Cincin yang memiliki model timeless atau tetap terlihat indah hingga bertahun-tahun kemudian, tentunya akan selalu membuatmu dan pasangan tampil stylish selalu.

3. Setelah menentukan model yang diinginkan, pilih bahan cincin yang membuatmu nyaman. Bisa dimulai dengan mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing  bahan cincin ya~

Advertisement

Credit: Photo by Scott Webb from Pexels

Bahan cincin terdiri dari beberapa jenis, di antaranya emas, palladium, dan platinum. Jenis tersebut bisa kamu pilih sesuai dengan anggaran dan gaya kesukaanmu. Eits, tetapi sebelum itu kamu juga harus tahu kalau setiap bahan tersebut punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Cobalah untuk mendiskusikannya bersama pasangan, pahamim juga bahan apa yang bisa membuat kalian nyaman. Penting juga nih menyesuaikannya dengan jenis kulit, karena jika kamu atau pasangan memiliki kulit sensitif, jenis bahan tertentu harus dihindari.

4. Setelah anggaran hingga bahan cincin telah ditentukan dengan jelas, kamu bisa mulai mencari toko perhiasan terpercaya untuk mulai merealisasikan cincin pernikahanmu menjadi nyata

Credit: Photo by TranStudios Photography & Video from Pexels

Ketika sudah memiliki konsep cincin pernikahan yang sesuai, kamu bisa mulai memilih toko perhiasan yang terpercaya. Ingat ya, kalau pedagang toko perhiasan adalah penjual yang bersedia untuk membantu kamu merealisasikan cincin impianmu dan pasangan. Cobalah untuk terbuka dan jujur, agar mereka juga bisa membantu serta menyesuaikan dengan apa yang kamu inginkan. Bahkan, jika masih belum yakin pada pilihan bahan cincin yang kamu gunakan, mereka juga bisa menjelaskannya dan memberikan solusi

Memilih cincin nggak akan membuatmu merasa tertekan dan ribet kok kalau kamu sudah mempersiapkannya dengan matang. Terutama pada anggaran dan juga model yang sesuai. Proses ini juga akan terasa lebih mudah lo ketika kamu dan pasangan memiliki komunikasi yang baik dalam menentukan cincin pernikahan. Oleh karena itu, terbuka dalam membicarakan keinginan cincin untuk menikah, perlu diperhatikan dengan matang ya

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE