Rincian Biaya Realistis Pernikahan di Bawah 20 Juta. Kata Siapa, Pernikahan Itu Harus Mahal?

menikah di bawah 20juta

“Duh, nikah ternyata mahal banget ya”

“Yang mahal bukan nikahnya, tapi gengsinya!”

Advertisement

Familier dengan percakapan di atas? Mungkin kamu secara tidak sadar juga beberapa kali membatin dalam hati betapa mahalnya pernikahan setelah ‘kenyang’ melihat berbagai unggahan akun-akun bersangkutan di media sosial atau saat melihat pernikahan yang digelar selebritas atau selebgram. Mewah banget, jiwa sobat missqueen menjerit!

Padahal, sebenarnya menikah tak harus semahal itu lo. Kamu bisa saja menekan bujetnya, bahkan hingga di bawah Rp 20 juta jika ingin. Eits, tapi jangan asal potong sana sini, pahami dulu beberapa trik di bawah ini!

1. Di era yang serba digital ini, undanganmu tak harus dicetak dengan biaya yang mahal. Sayang kan sudah dibagikan ujungnya dibuang?

Desain sendiri via fastwork.id

Jika kamu memiliki waktu yang cukup, kamu bisa menyempatkan untuk mendesain undanganmu sendiri, ada banyak kok aplikasi yang bisa kamu temui. Kamu bisa menyebar melalui soft file saja ke teman-teman dekatmu. Jika terpaksa mencetak , kamu bisa memilih yang seharga Rp1.500,00 hingga Rp3.000,00 saja. Tamu undangan 100 orang akan menghabiskan biaya sekitar Rp300.000,00.

Advertisement

2. Tamu merupakan salah satu penentu yang dapat menekan bujetmu secara signifikan karena dapat mengurangi bujet yang lain. Siap-siap lapangkan hati dan tebalkan kuping nih, soal ini

Tak perlu terlalu banyak via jonawo.blogspot.com

Kamu harus rela memangkas beberapa nama yang tak terlalu dekat denganmu. Pilih keluarga yang dekat, teman-teman yang juga terdekat dan dirasa penting di dalam kehidupanmu. Kamu dan pasangan juga perlu tegas saat menyusun daftar ini, jangan karena merasa tidak enak akhirnya melebar lagi menjadi banyak. Yakinkan juga kepada orang tuamu karena mereka yang biasanya justru banyak mau.

3. Alih-alih memilih menikah di gedung apalagi yang mewah, kamu bisa menyelenggarakan akad dan resepsi pernikahanmu di rumah

Sewa gedung biasanya akan memakan bujet yang lumayan bahkan bisa sampai setengah dari bujet pernikahan keseluruhan. Untuk itu tak ada salahnya kamu memilih rumah sebagai tempat melangsungkan akad sekaligus resepsimu. Agar tetap cantik kamu bisa menyewa tenda dan dekorasi yang semakin ke sini, semakin bervariasi. Untuk yang satu ini, kamu akan menghabiskan maksimal Rp3juta saja. Coba bandingkan perbedaannya~

4. Menggunakan jasa katering mungkin terkesan praktis tapi jika ada tenaga yang mau membantu, masakan rumahan tak kalah menggoda kok

Rewang manten via ngrewangi.blogspot.com

Bahan makanan mentah memiliki harga yang lebih murah daripada makanan yang sudah jadi. Di sini kamu bisa meminta bantuan tetangga atau sanak saudara untuk membantu  menyiapkan ragam makanan. Walalu terkesan menguras tenaga, tapi tamu undangan kan sudah dipangkas juga. Jadi, makanan yang disiapkan tidak terlalu banyak. Untuk membeli bahan ini biasanya dana Rp2juta akan cukup untuk tamu undangan sekitar 50 orang.

Advertisement

5. Kostum pernikahan sekarang sudah banyak ragamnya dan cantik-cantik lo, kamu bisa menyewanya di tempat yang sama dengan tata riasnya

Rias sekaligus sewa baju via beritabojonegoro.com

Membuat baju pernikahan mungkin akan terasa lebih memuaskan karena pas di badan dan pas dengan keinginanmu. Tapi, bujet yang kadang sampai jutaan mungkin tidak pas di kantongmu. Kamu bisa menggantinya dengan menyewa saja. Banyak kok sekarang yang menyediakan busana tradisional hingga gaun modern, tinggal pintar-pintar memilihnya saja. Biasanya busana ini disediakan di tempat merias juga. Satu paket kamu bisa menghabiskan kisaran Rp4juta sampai Rp7juta.

6. Mengabadikan pernikahan menjadi hal yang wajib dilakukan sebagian orang. Namun kamu tak perlu sewa fotografer mahal kok

Minta tolong teman via beritabojonegoro.com

Fotografer profesional biasanya akan memasang harga yang tinggi pula. Untuk menekan bujet di sini, kamu bisa menggantinya dengan menyewa kamera. Sewa kamera ini biasanya sekitar mulai dari Rp50.000,00 hingga Rp250.000,00 per hari. Jangan lupa memilih orang yang memiliki kemampuan untuk mengoperasikannya. Walau hasilnya tak sebagus fotografer handal, paling tidak kamu memiliki kenang-kenangan. Foto tersebut bisa kamu sunting juga hasilnya nanti agar semakin cantik.

7. Jika ingin lebih praktis lagi, kamu bisa lo memilih paket pernikahan yang menyesuaikan dengan bujetmu

Pilih paket yang murah via paketpernikahan.co.id

Dengan bujet belasan juta, kamu bisa juga kok mendapat paket pernikahan sederhana. Namun, mungkin hasilnya lebih memuaskan jika kamu menyiapkan segalanya sendiri karena biasanya perhitungan jasa ini akan membuatnya menjadi lebih mahal, seperti katering dan dekorasi yang lebih sederhana daripada jika kamu memasak dan memasangnya sendiri.

Dari rincian tersebut dana yang kamu habiskan berada di kisaran Rp15.000.000,00. Sisanya bisa kamu gunakan untuk keperluan yang lainnya, misal suvenir. Gimana, tertarik mencoba?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE