Mitosnya, Pasangan yang Menikah di Tahun Kabisat Bakal Bercerai. Padahal 2020 adalah Tahun Kabisat!

Mitos menikah tahun kabisat

Untuk menentukan tanggal pernikahan, tiap pasangan pasti mempunyai pertimbangan masing-masing. Dari yang memilih berdasarkan weton atau tanggal lahir atau menurut kepercayaan agama, sampai mereka yang cuma sekadar ingin dekat dengan long weekend. Sah-sah aja yang penting kedua belah pihak sepakat.

Advertisement

Nah, ternyata ada juga lo orang yang menghindari pernikahan di tahun kabisat seperti tahun 2020 nanti. Alasannya?! Mitosnya, pernikahan di tahun kabisat bisa berujung pada perceraian! Kok bisa ya tahun kabisat disebut-sebut menyebabkan perceraian? Biar nggak penasaran, yuk baca selengkapnya!

Mitos ini ternyata bersumber dari Yunani. Bukan cuma soal pernikahan, tahun kabisat secara umum dianggap bukan waktu yang baik untuk memulai sesuatu yang baru

Mitos yang berkembang dari Yunani  via mosaicwedding.com

Buat yang belum tahu, tahun kabisat terjadi setiap empat tahun sekali. Bedanya dengan tahun biasa, ada 366 hari sepanjang tahun kabisat. Sebab bulan Februari yang biasanya terdiri dari 28 hari bertambah jadi 29 hari. Nah, tahun 2020 mendatang bakal menjadi tahun kabisat!

Ternyata mitos tersebut berasal dari Yunani. Dilansir dari Huffington Post, sejak dulu penduduk Yunani percaya kalau tahun kabisat nggak cocok untuk memulai sesuatu yang baru. Mereka pun menghindari pernikahan, pembatisan anak, pembelian rumah, hingga pekerjaan baru di tahun kabisat. Sebab diyakini kalau hal-hal itu nggak bakal berjalan lancar. Terutama untuk pernikahan, warga Yunani takut bakal bercerai kalau menikah di tahun kabisat. Rupanya mitos tersebut menyebar di Indonesia dan dipercaya sejumlah orang hingga sekarang.

Advertisement

Dilansir dari CNN, sebagian warga di Jakarta Barat dan Jakarta Pusat percaya kalau tahun kabisat nggak bagus buat menikah. Sebab katanya, bisa berujung pada perceraian! Hal itu membuat sejumlah pasangan mengurungkan niatnya untuk menikah di tahun kabisat. Mereka memutuskan nikah di tahun selanjutnya aja supaya lebih aman.

Kalau diingat-ingat, memang ada sih beberapa pasangan selebritas yang menikah di tahun kabisat kini sudah bercerai.  Tapi banyak juga kok yang pernikahannya masih bertahan

Pernikahan Nicky Tirta dan Liza Elly di tahun kabisat / Credit: Netmediatama via www.youtube.com

Ada sejumlah pasangan artis yang menikah di tahun kabisat. Contohnya adalah Nicky Tirta – Liza Elly dan Denada – Jerry Aurum yang sama-sama menikah pada tahun 2012. Awalnya mereka tampak rukun dan mesra. Namun sangka, kedua pasangan ini bercerai hanya beberapa tahun setelah menikah. Begitu juga dengan pasangan Aming – Evelyn yang menikah pada tahun 2016 dan bercerai setahun kemudian.

Di sisi lain, sejumlah pasangan artis tetap langgeng walaupun menikah di tahun kabisat. Contohnya adalah Fedi Nuril dan Vanny Widyasasti (menikah tahun 2016) serta Ussy Sulistiawaty dan Andhika Pratama (menikah tahun 2012). Lho, jadi bener nggak sih mitos kalau menikah di tahun kabisat bakal berujung pada perceraian?

Terserah kamu mau percaya atau nggak percaya dengan mitos ini. Yang penting menikahlah dengan niat baik, niscaya bakal baik juga nasibnya

Mau tanggal berapa pun atau cuaca seperti apa, sebenarnya yang paling penting ya niat kalian berdua via www.nytimes.com

Nggak perlu memaksakan diri untuk percaya pada mitos tertentu. Pilihlah tanggal pernikahan sesuai keyakinanmu sendiri. Boleh menggunakan hitungan Jawa, kepercayaan agama, atau sekadar logika praktis. Yang penting kamu dan pasanganmu setuju pada tanggal pernikahan kalian. Menikahlah dengan niat yang baik, niscaya masa depan kalian juga bakal baik dan lancar.

Seandainya kepercayaanmu berbeda dengan orang lain, usahakan untuk tetap saling menghormati. Lagipula setiap orang berhak memilih tanggal pernikahan sesuai keinginannya. Yang penting nggak merugikan orang lain~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE