Sudah jadi hal yang lumrah di Indonesia untuk memberikan amplop berisi uang saat menghadiri acara pernikahan selain memberikan kado sebagai hadiah. Jumlahnya sendiri disesuaikan dengan kemampuan masing-masing tamu undangan. Selain itu juga dipengaruhi oleh faktor kedekatan hubungan antara sang pengantin dengan tamu undangan. Umumnya, semakin dekat jumlahnya semakin besar juga.

Hipwee Wedding sempat menanyakan ke beberapa orang tentang berapa banyak mereka rela merogoh kocek untuk ngamplop saat kondangan, baik ke teman dekat, temen kurang dekat, tetangga, kenalan orangtua, rekan kerja, hingga kenalan biasa saja. Kira-kira berapa, ya? Berikut hasil rangkuman jawabannya.

1. Untuk teman dekat, ada yang memilih memberikan kado daripada memberikan amplop. Mungkin biar rasanya lebih dekat dan personal kali, ya?

ada yang lebih suka ngasih kado daripada amplop via www.pexels.com

Advertisement

“Biasanya kalau sama teman dekat nggak ngamplopin, tapi ngasih kado, hehe. Kalau teman nggak dekat, undangan ortu, rekan kerja dan kenalan rata-rata isi 5o ribu. Kalau tetangga cukup dikasih seprai.” HA – 25 tahun.

2.  Tamu yang fleksibel pun ada, bisa kasih kado dan bisa juga ngamplopin. Disesuaikan dengan situasi dan kondisinya

“Kalau teman dekat biasanya aku kasih kado dengan nominal 100 ribuan. Pernah juga sampai 200 ribuan tapi patungan sama teman lain, hehe. Kalau teman nggak begitu dekat biasanya di bawah 100 ribu, paling tega pernah 50 ribu. Kalau kondangan ke tetangga, tergantung kenal baik apa nggaknya. Kalau yang dikenal baik bisa 100 ribuan, kalau sekadar tahu aja paling 50 ribuan. Rekan kerja biasa ngasihnya patungan sedangkan kalau kondangan ke kenalan karena diajakin, sering nggak ngamplopin karena nebeng yang ngajakin. Modal dandan aja seringnya.” AR – 23 tahun.

3. Ada yang nominal amplopnya dipukul rata sesuai kemampuan pribadi. Di lain kesempatan, kalau merasa bisa kasih lebih lagi, ya nggak masalah

nggak keberatan kasih lebih kalau memang mampu via qlapa.com

“Aku rata-rata ngasih semuanya 50 ribuan, dari teman dekat dan nggak dekat, tetangga, undangan ortu, rekan kerja sampai kenalan. Soalnya menurutku soal amplop-mengamplop itu tergantung kemampuan kita pribadi, bukan di seberapa dekat hubungan kita sama yang kondangan. Mungkin kalau aku udah lebih kaya, aku akan nyumbang lebih banyak lagi, hahahahaha…” AJ – 24 tahun.

4. Bagi tamu yang on budjet, ngasih nominal maksimal 50 ribu dirasa sudah cukup, yang pasti jumlahnya menyesuaikan dengan tingkat kedekatan dengan yang kondangan

isinya sesuai kedekatan dengan pengantinnya via thebridedept.com

Advertisement

“Ngamplopin teman dekat biasanya 50-70 ribu, kalau nggak dekat 30 ribu. Tetangga 20 ribu, kalau undangan ortu nggak ngasih. Rekan kerja 50 ribu dan kalau kenalan biasa nggak ngamplop.” ME – 27 tahun

5. Nggak semua teman dekat dikadoin, ada juga yang menetapkan bujet tetap sebesar 100 ribuan untuk ngamplopin temen dekatnya

kalau pas diajakin ya nggak ngamplop via www.youtube.com

“Ngamplopin teman dekat 100 ribu, sisanya biasa 50 ribu. Kalau kenalan karena diajakin biasa nggak ngamplop. Biar yang ngajak aja yang ngamplop.” LA, 27 tahun.

Kesimpulannya hampir semua sama ya, guys. Rata-rata ngamplop di atas 50 ribu dan bisa lebih kalau punya hubungan dekat yang mengundang. Tapi percaya nggak percaya, ternyata ada lo orang-orang yang tega ngamplopin seribu perak buat acara kondangan! Waduh, kalau ini sih kayaknya kebangetan, ya?

Nah, kalau kamu biasa ngamplop berapa nih saat kondangan? Atau kamu tipe orang yang lebih suka ngasih kado? Kembali ke kemampuan dan keikhlasan masing-masing sih ya, hehe. Yang penting amplopnya diisi sepantasnya ya, jangan sampai kasih amplop kosongan 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya