Saat mendengar pernikahan dengan adat Jawa mungkin akan ada beberapa hal yang sudah lekat menjadi bagian dari tradisi. Mulai dari acara pra-nikahnya hingga prosesi pada saat hari-H. Ternyata semua bagian dari prosesi dan persiapan tak hanya dilakukan oleh pengantin dan keluarga lo, tapi dukun pengantin pun perlu melakukan beberapa ritual juga.

Baru-baru ini sebuah video tayang di akun twitter @BangPino__ yang menunjukkan calon pengantin yang ‘diasapi’ dengan asap rokok setelah selesai dirias oleh dukun pengantin. Sosok dalam video yang sempat viral tersebut belakangan diketahui adalah seorang MUA @antoniusanungmakeup. Buat yang belum tahu, ritual yang dilakukan bukan hanya itu saja lo. Untuk tahu lebih jelasnya, baca ulasannya sampai habis ya!

1. Sebelum melakukan tugasnya merias pengantin di hari-h, dukun manten akan melakukan puasa mutih terlebih dahulu

MUA pernikahan via thebridedept.com

Advertisement

Setelah dipilih sebagai seseorang yang akan merias pengantin, maka dukun ini akan berkenalan dan mengakrabkan diri. Ia akan memberi tahu apa saja yang nantinya akan ia butuhkan. Selain itu, dia akan melakukan ritual puasa tujuannya agar pengantin tampak lebih cantik bercahaya.

2. Sebelum melakukan prosesi merias, dukun pengantin akan menyiapkan sesajen. Terdengar mistis tapi sudah menjadi tradisi

Sesajen via deskgram.net

Meskipun sudah mulai ditinggalkan dengan alasan agama, masih ada pula yang menaruh sesajen dalam ruangan yang akan digunakan untuk merias pengantin. Sesaji ini biasanya terdiri dari kelapa kuning, kemiri berkulit tiga biji, keluwak tiga biji, kacang-kacangan, telur ayam, kaca hingga bedak dan minyak wangi. Semua ini akan diletakkan di tampah nyiru biru. Biasanya pengantin juga akan duduk di klasa bangka atau tikar daun pandan, daun apa-apa, dan kain letrek.

3. Bukan hanya menggambar paes, dukun pengantin ternyata melakukan ritual lain saat mengaplikasikannya

Adegan di mantan manten via www.popbela.com

Paes merupakan salah satu ciri-ciri yang identik dengan riasan khas tradisional Jawa. Ternyata hal ini tak hanya asal poles lo, tapi perlu perhitungan tertentu. Selain memiliki makna tersendiri dalam setiap bentuknya, sambil mengaplikasikannya ternyata dukun pengantin memiliki doa-doa tertentu.

4. Ritual Sembaga di  beberapa kasus terlihat seperti pada video yang viral. Pengantin disembur dengan asap agar auranya keluar

Ini lo yang viral via twitter.com

Advertisement

Selain teknik make-up sendiri, untuk memunculkan aura dan membuat pengantin terlihat manglingi, dukun pengantin akan melakukan ritual bernama Sembaga. Ritual ini dilakukan setelah sang pengantin selesai dirias. Masih dengan doa-doa yang dipanjatkan, sang dukun pengantin meniup kepala ubun-ubun pegantin. Setelah itu bahkan ada juga yang meniup dengan asap rokok ke wajah pengantin layaknya di video.

Meskipun di beberapa tempat tradisi ini sudah mulai ditinggalkan, ritual dukun pengantin ini masih pula bisa ditemui sebagai bagian dari tradisi. Kalau kamu, tertarik menikah dengan jasa dukun manten seperti ini juga nggak?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya