5 Panduan Harmonis Berumah Tangga Saat Pandemi ala Maya Septha. Mulai dari Kebiasaan Sederhana!

rumah tangga maya septha

Hidup di masa-masa normal saja masalah rumah tangga sering datang dan pergi, mulai dari yang kecil hingga bikin gonjang-ganjing. Apalagi di masa sulit seperti pandemi ini, pengaruhnya ke banyak hal mulai dari pekerjaan hingga keadaan yang disebut new normal memerlukan adaptasi lagi. Belum lagi kenyataan bahwa alih-alih semakin menumbuhkan rasa cinta ternyata bertemu pasangan setiap hari justru bisa menimbulkan konfllik baru. Sudah stres karena di rumah melulu, masih juga harus ditambah rasa untuk menahan amarah.

Advertisement

Stres dan tensi tinggi dalam rumah tangga mungkin wajar terjadi namun di mana ada masalah, di ujung lain akan ada jalan keluar. Artis Maya Septha membagikan tipsnya untuk tetap harmonis bersama pasangan melalui hal-hal sepele. Simak yuk tips dari Maya Septha ini biar bisa kamu terapkan juga!

1. Mengatakan terima kasih mungkin terdengar sepele, namun hal ini bisa jadi bentuk lain dari sebuah pujian lo

Selalu ucapkan terima kasih/ Credit: Maya Septha via www.instagram.com

Menurut Maya, terima kasih bisa diucapkan untuk hal-hal sepele seperti sudah memasakkan makanan, sudah ditemani saat melakukan sesuatu, atau bahkan sudah dibayarkan listrik dan tagihan lainnya. Hal ini secara tidak langsung menjadi bentuk apresiasi terhadap pasangan atas usaha yang dilakukannya. Walau sepele dampaknya bisa jadi luar biasa.

2. Sepaket dengan terima kasih, mengatakan maaf juga menjadi hal yang sama krusialnya untuk dilakukan di keseharian

Jangan lupa minta maaf/ Credit: Maya Septha via www.instagram.com

Saat pasangan sedang mengalami hal yang membuatnya tak nyaman tak ada salahnya mengatakan “sorry“. Namun kata Maya ungkapan ini tak mesti digunakan saat kita merasa salah lo. Ungkapan dalam bahasa Inggris “Sorry that it happens to you” merupakan bentuk empati yang memiliki arti bahwa kamu juga turut sedih dengan apa yang dialaminya. Ia memberikan contoh sederhana seperti saat pasangan nggak sengaja kepentok meja maka kamu bisa mengungkapkannya untuk menunjukkan seolah kamu merasakannya juga.

Advertisement

3. Alih-alih menggunakan kalimat perintah, kamu bisa menggantinya dengan sebuah permintaan agar pasangan lebih enteng mau membantu

Minta tolong…/ Credit: Maya Septha via www.instagram.com

Menggunakan kalimat perintah akan memberikan kesan bahwa ada salah satu pihak yang mendominasi dan ingin selalu dituruti. Selain itu rasanya kurang manis dan terkesan memaksa saat didengar. Sehingga kamu bisa menambahkan frasa sederhana di depannya seperti “Minta tolong…” supaya pasangan juga lebih rela untuk membantu.

4. Menceritakan hal apa yang sudah terjadi juga tetap perlu dilakukan lo sebagai sarana untuk tetap menjaga kedekatan

Rutin bercerita/ Credit: Maya Septha via www.instagram.com

Walau kamu dan dia berada di rumah yang sama seharian namun bisa saja kegiatan kalian berbeda. Bisa saja seharian ini ia menunjukkan raut muka yang kesal karena sesuatu yang jika tidak diceritakan malah bisa bikin salah paham. Menanyakan hal seperti bagaimana harinya berlangsung hingga apa kesulitan yang ditemui akan membuat kalian saling mengerti satu sama lain.

5. Saat ada masalah yang terjadi, menyimpannya sendiri hanya akan menimbulkan masalah baru. Untuk itu komunikasi adalah kunci

Advertisement

Komunikasi adalah kunci/ Credit: Maya Septha via www.instagram.com

Saat ada masalah maka isi hati perlu diutarakan agar tak mengganjal atau bahkan malah menumpuk. Tapi sebisa mungkin sampaikan dengan kalimat yang enak didengar dan bukan hanya emosi semata sehingga kata Maya, pesan tersebut bisa sampai, bukannya hanya nyangkut di kuping karena nggak enak saat didengar dan akhirnya gagal masuk ke hati.

Dengan menerapkan tips dari Maya Septha tersebut semoga rumah tangga bisa tetap adem ayem walau permasalahan selama pandemi seolah datang bertubi-tubi. Jika boleh menambahkan, kalian juga sebaiknnya memiliki me time masing-masing walau di rumah jika memungkinkan untuk mengindari rasa stres.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE