Simulasi Realistis Biaya Lamaran yang Wajib Dihitung dari Sekarang. Siap-siap, Biar Nggak ‘Kebobolan’!

simulasi biaya lamaran

Menikah merupakan impian bagi hampir semua pasangan yang sudah lama menjalin hubungan. Namun, sebelum sampai di jenjang pernikahan kamu pasti juga akan melewati beberapa tahap perkenalan keluarga seperti lamaran atau tunangan. Seperti pernikahan, agaknya lamaran juga perlu menyiapkan biaya yang cukup merogoh kocek lo.

Advertisement

Supaya nggak kaget nantinya, kali ini Hipwee Wedding akan memberimu simulasi biaya lamaran yang mungkin bakal kamu harus kamu keluarkan. Yuk, kita simak ulasannya, supaya bisa jadi pertimbangan.

1. Pengeluaran pertama dan utama yang pasti merogoh kocek ialah makan untuk jamuan keluarga. Hmm, ini nih yang ongkosnya paling besar!

Makanan yang utama via lifejourneybyrianty.blogspot.com

Sajian makanan butuh pertimbangan matang agar tamumu yang datang merasa diterima dengan baik. Sebelumnya kamu perlu mempertimbangakan berapa jumlah dan usia tamu akan datang nantinya. Hal ini penting untuk mengetahui jenis sajian yang harus kamu sajikan nanti. Untuk makanan, kamu  pun juga bisa memilih katering atau masak sendiri. Namun jika ingin lebih murah masak sendiri bisa lo jadi pertimbangan, yang mana dengan masak sendiri kita bisa mengakali bahan untuk menu yang dimasak nantinya.

Normalnya tamu yang akan datang sekitar 20 hingga 30 orang, jika per orang dihitung dengan nominal 25 ribu maka kamu butuh setidaknya 750 ribu untuk sajian makanan saja. Tambahkan 250 ribu untuk sajian camilan dan buah sebagai pelengkapnya. Jadi, total untuk jamuan makan ialah sekitar 1 juta.

2. Selain makanan, hantaran atau buah tangan ialah hal wajib kedua yang harus kamu bawa ketika bertandang ke rumah pasanganmu nanti

Cemilan saja cukup via www.instagram.com

Kalau kata Orang Jawa, membawa hantaran atau oleh-oleh merupakan salah satu cara untuk membuka pintu silaturahmi kedua keluarga. Hantaran lamaran ini tidak sama lo dengan seserahan pernikahan nanti. Di hantaran lamaran kamu hanya perlu membawa buah tangan untuk oleh-oleh pasanganmu nanti. Umumnya, isi hantaran berupa makanan tradisional, camilan  dan buah-buahan.

Advertisement

Dengan isi yang hanya berupa oleh-oleh makanan, agaknya anggarkan biaya sebesar 700 ribu . Kamu bisa juga membuat tampilan hantaranmu jadi lebih menarik dengan menghiasnya. Untuk menghias hantaranmu, butuh sekitar 100 ribu. Jadi, total pengluaran yang kamu keluarkan untuk hantaran atau oleh-oleh ialah sebesar 800 ribu.

3. Tidak harus, tapi pasti rasanya kurang jika prosesi lamaran kamu tidak membawa cincin untuk pasanganmu

Cincin juga via www.instagram.com

Cincin dianggap sebagai tanda pengikat yang menandakan bahwa kamu dan pasangan sudah sama-sama serius ingin membina rumah tangga bersama. Tidak harus sepasang kok, cincin lamaran bisa lo hanya dibeli untuk dipakai pihak perempuan saja. Atau, bahkan kamu juga bisa lo menggunakan cincin lamaran ini sebagai cincin kawinmu juga supaya nanti lebih irit.

Saat ini harga emas per gram (kadar 75) hampir mencapai 500 ribu. Normalnya cincin yang diberikan pasanganmu ialah sebanyak 5 gram. Maka, untuk cincin setidaknya kamu akan mengeluarkan biaya sebesar 2,5 juta. Atau, kamu bisa juga lo memilih bahan cincin yang lebih murah seperti perak atau palladium. Dengan harga yang sama, kamu sudah bisa mendapatkan satu pasang cincin dengan bahan perak atau palladium.

4. Jika ingin tampil lebih serasi, kamu bisa lo memakai sarimbit atau batik yang sama dengan pasanganmu nanti

Baju sarimbit via www.instagram.com

Tidak wajib, sebenarnya pun kamu bisa kok mengenakan baju yang sudah kalian punya yang penting sopan. Namun, tidak ada salahnya jika kalian ingin menyisikan bujet untuk memakai baju lamaran yang kembar dengan pasanganmu nanti agar terlihat lebih serasi. Jika punya bujet lebih kamu juga bisa lo membeli baju untuk keluarga intimu nanti. Semua boleh asal saling kalian komunikasikan dengan pasangan, agar nantinya tidak salah paham.

Dengan kisaran harga 400 ribu kini kamu sudah bisa mendapatkan seragam sarimbit batik dengan kualitas yang cukup bagus. Batik untuk atasan pria, dan rok batik untuk bawahan wanita. Untuk atasan wanita bisa mengenakan brokat atau blus yang sudah kalian punya agar lebih hemat.

5. Semua sudah siap tapi apakah kamu mau jika di hari bahagiamu, wajahmu tampak kusam tanpa make-up?

Make-up juga perlu dipertimbangkan via www.bridestory.com

Nggak melulu harus MUA kok, jika kamu bisa mengaplikasikan make-up sendiri itu akan lebih bagus. Pasalnya kamu akan memangkas sedikit biaya lamaranmu nanti.

Jika ingin menggunakan jasa MUA, untuk area Yogyakarta dengan 400 ribu kamu sudah bisa mendapatkan MUA lamaran yang cukup bagus lo. Kalau ingin lebih murah atau bahkan tidak mengeluarkan biaya lagi kamu tinggal make-up sendiri saja dengan make-up yang sudah kamu punya.

6. Dekorasi ruangan juga jadi elemen penting mengingat kini makin banyak masyarakat termasuk kamu yang ingin berfoto dan ‘narsis’ di sosial media

Advertisement

Ide dekorasi lamaran via www.bridestory.com

Saat lamaran kamu tidak perlu kok repot-repot memilih tema khusus seperti pernikahan nanti. Asal latar photobooth kamu bagus tamu pun sudah senang dan berminat untuk berfoto-foto. Selain itu, kamu juga bisa memilih ingin dekorasi menggunakan apa; bisa dengan kain atau papper flower saja. Semua tinggal kamu sesuaikan dengan bujet yang kamu punya.

Agar lebih murah, kamu sebaiknya memilih dekorasi dengan papper flower yang bisa kamu tempatkan di dinding saja. Dengan bujet 300 ribu kamu sudah akan mendapatkan hiasan dinding yang menarik dengan papper flower. Jika punya bujet lebih, barulah kamu bisa memilih dekorasi yang lebih meriah dengan kain-kain, bunga-bunga, dan lampu-lampu yang lebih meriah. Tentunya dengan bujet yang lebih juga lo.

7. Saat semua sudah lengkap akan kurang rasanya jika tidak momen lamaranmu nggak didokumentasikan dengan lebih profesional. Kan sayang, sudah di dekor bagus eh nggak difoto~

Dokumentasi yang penting via www.instagram.com

Mengabadikan momen lamaran merupakan salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan. Mengingat lamaran merupakan salah satu momen berharga di hidupmu sekarang.  Untuk dokumentasi sebenarnya kamu juga bisa lo memilih ingin mengabadikannya dengan foto saja atau dengan video juga. Semua tinggal kamu sesuaikan dengan bujet.

Kini banyak tersedia paket dokumentasi lamaran yang makin beragam. Dengan kisaran harga 800 ribu untuk area Yogyakarta, kamu sudah bisa lo mendapatkan dokumentasi acara lamaran yang spesial berupa foto dan video dengan durasi pendek. Kan yang penting bisa di unggah di sosial media, hehe~

Nah, itu tadi beberapa simulasi biaya lamaran yang sekiranya kamu keluarkan. Jika dihitung ulang dari biaya makanan hingga dokumentasi, lamaran sederhana saja membutuhkan biaya setidaknya 6,2 juta. Asal pintar-pintar mengakalinya, bujet sekitar 6 juta itu masih bisa kok kamu ‘ketatkan’ lagi. Semua tinggal kamu sesuaikan saja ya dengan bujetmu, Hipwee hanya memberimu gambarannya saja, hehe. Semoga bermanfaat!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE