Bagi sebagian besar orang tua, ulang tahun pertama anak adalah hal yang ingin dibuat berkesan dan memorable. Meski ingin yang mewah kayak artis-artis, tentu sebagai pasangan muda bujetnya masih serba terbatas, hehe. Tapi tenang! Meski terlihat ribet dan makan biaya lumayan, kalau kamu dan pasangan kreatif, kamu tetap bisa kok mengadakan pesta ulang tahun pertama anak yang seru dan hemat. Simak 8 panduannya berikut ini ya!

1. Pilih waktu saat siang menuju sore, biasanya tamu nggak ingin makan berat  di jam ini. Hmm, dengan siasat seperti ini bujet katering bisa ditekan

Waktunya yang pas via unsplash.com

Menurut Danielle Walker, penulis Against All Grain: Celebrations di jam 2 sampai jam 5 yang merupakan jam setelah makan siang, tamu cenderung nggak ingin makan berat. Di jam inilah kamu bisa menyelenggarakan pesta anakmu. Sebisa mungkin hindari waktu-waktu yang mendekati jam makan agar bujet untuk makanan bisa ditekan.

2. Kamu bisa memilih orang-orang terdekat saja sebagai tamu. Namanya juga umur 1 tahun, kemungkinan temannya belum seberapa banyak kan?

Jangan lupa di-list via www.pexels.com

Advertisement

Nggak perlu mengundang terlalu banyak tamu karena lebih banyak tamu berarti juga lebih banyak bujet untuk makanan. Pilih keluarga dekat dan teman-teman mainnya saja. Nggak perlu banyak-banyak, yang penting kan kesannya~

3. Rencanakan jauh-jauh hari. Sehingga kamu punya waktu untuk membandingkan harga ini itu

Belanja online biar hemat tenaga via www.pexels.com

Selain untuk membandingkan harga beberapa perlengkapan di toko, membeli jauh-jauh hari juga bisa kamu pakai untuk menghindari adanya barang yang terlupa. Biasanya saat teringat sebuah barang yang belum dibeli dan membeli pada last minute, seseorang cenderung membeli yang ada di depan mata tanpa peduli harganya.

4. Undangan yang kamu bikin nggak mesti dicetak kok. Bikin saja soft file-nya lalu bagikan via aplikasi obrolan. Hemat!

Bikin online via www.pexels.com

Di era yang serba digital ini, kamu bisa memanfaatkan teknologi. Daripada membuang waktu dan biaya untuk mencetak undangan, kamu bisa menyebarkannya saja lewat chat application. Template untuk membuatnya ada banyak kok di internet.

5. Nggak perlu beli dekorasi mahal-mahal dari toko, kamu bisa bikin sendiri lo~

Tinggal nyetak dari pinterest lo via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Banyak dekorasi yang dijual untuk pesta ulang tahun anak, tapi daripada membeli kamu bisa membuatnya sendiri lo. Kamu bisa mencari inspirasi dari Pinterest atau platform lain. Agar lebih praktis lagi, kamu bisa memilih beberapa dekorasi yang siap cetak.

6. Untuk kue ulang tahun, kamu bisa membuat sendiri jika punya waktu. Jangan lupa bikin yang lucu ya!

Cupcake-nya uwuwu via id.pinterest.com

Kue yang dibuat sendiri kemungkinan lebih murah daripada yang dibeli. Kue ini nggak perlu mahal-mahal dan berukuran besar karena anak umur 1 tahun belum mengerti hal ini. Kamu bisa membuat cupcakes yang tergolong lebih mudah dibuat. Tambahkan topping yang lucu dan bagikan ke teman-temannya yang datang. Seandainya kepepet nggak bisa beli, kamu biasa siasati dengan beli cake polosan jadi dan dihias sendiri di rumah.

8. Manfaatkan koneksi untuk hiburan. Untuk acara yang lain pilih game yang nggak perlu biaya lagi

Manfaatkan koneksi via masbidin.net

Coba kamu cek di daftar telepon, siapa tahu ada yang berpotensi untuk kamu mintai bantuan menjadi pengisi di acara ulang tahun anakmu. Karena kenal kemungkinan besar bujetmu bisa terkendali. Untuk acara yang lain kamu bisa memilih games. Namun karena anak 1 tahun belum banyak tahu, kamu bisa memilih menyanyi bersama atau pilih games lain yang melibatkan baik orang tua dan anaknya.

5. Jika ada anak dari kenalan yang memiliki tanggal ulang tahun berdekatan, kamu bisa mengajaknya merayakan ‘barengan’

Sekalian aja, Mom via www.pexels.com

Cara ini ampuh untuk menekan bujet mulai dari makanan, dekorasi, hingga tenaga yang dikeluarkan. Karena merayakannya bersama, kalian bisa bagi tugas dan tentunya biaya. Lebih hemat kan?

Pesta ulang tahun nggak selalu harus dirayakan dengan mewah atau pergi ke luar rumah kok. Cukup undang keluarga dan teman dekat ke rumah dan kamu bisa membuat pesta ulang tahun pertama anakmu nggak terlupakan. Yang penting doa dan kebersamaannya kan?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya