Shandy Aulia Lahirkan Putri Pertama, ini 5 Hal yang Bakal si Kecil Alami di Minggu Pertama Hidupnya

anak shandy aulia

Setelah menunggu selama 8 tahun untuk memiliki anak pertama, akhirnya pasangan Shandy Aulia dan sang suami David Herbowo dikaruniai seorang bayi perempuan yang diberikan nama Claire Herbowo pada 12 Februari 2020 kemarin. Bayi ini memiliki berat 2,851 gram dan panjang 49 cm saat usia kandungan 40 minggu. Selain rasa bahagia yang dirasakan Shandy Aulia, ia juga masih dalam masa penyesuaian diri sebagai ibu baru. Namun, tak hanya ia, bayinya juga sedang dalam masa adaptasi selama satu minggu ini lo.

Advertisement

Pada minggu pertama, mungkin juga bayi kadang masih terlihat aneh secara penampilan maupun gerakan yang dilakukannya. Untuk mengetahui selengkapnya bagaimana perkembangan bayi dan apa saja yang mungkin akan mereka hadapi, simak yuk penjelasan selengkapnya berikut ini!

1. Setelah berbulan-bulan berada di dalam rahim, bayi akan membutuhkan waktu untuk meregangkan otot sehingga gerakannya masih belum luwes

Maih belum luwes/ Credit: Shandy Aulia via www.instagram.com

Dilansir dari Hello Sehat, kaki dan tangan si kecil masih belum sepenuhnya terulur karena ia masih membutuhkan waktu untuk peregangan. Biasanya dalam jangka waktu satu minggu ini saat bayi menggerakkan tangan, maka ia akan menggerakkan kakinya juga. Kontrol bayi atas kepala juga masih sangat kurang sehingga pergerakannya pun masih belum begitu lancar.

2. Kemampuan komunikasi dan bahasa juga sudah mulai berkembang di minggu pertama lo, walaupun caranya masih sangat sederhana

Baru bisa menangis/ Credit: Shandy Aulia via www.instagram.com

Kemampuan bahasa pada bayi hingga berumur seminggu masih sangat minim. Mereka baru bisa menangis untuk menunjukkan keinginan dan apa yang terjadi pada dirinya. Ia akan menangis saat buang air kecil atau besar sehingga popoknya kotor, pun hal yang sama akan dilakukan saat ia merasa lapar atau ingin meminum susu. Sedangkan kemampuan pandangan terhadap sekitar masih terbatas namun ia bisa memberikan senyuman.

Advertisement

3. Di minggu pertama bayi akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur, namun ada keadaan tertentu yang mesti kamu perhatikan

Menghabiskan waktu untuk tidur/ Credit: Shandy Aulia via www.instagram.com

Di minggu pertama bayi akan terlihat lebih sering tidur, namun hal ini dianggap sebagai reaksi alami pada bayi. Namun walaupun bayi banyak menghabiskan waktu untuk tidur, kamu juga perlu tetap memperhatikan bahwa ia tetap bangun untuk menyusu. Jika ia juga terlihat lebih lesu dari biasanya, kamu perlu mengecek apakah ada gejala lain seperti kulitnya yang menguning karena bisa jadi ternyata terjadi sesuatu pada dirinya dan harus diperiksakan ke dokter.

4. Salah satu hal yang akan familiar kamu lihat adalah fenomena bayi yang seringkali gumoh, ternyata hal ini wajar kok

Muntah/ Credit: Mumsgrapevine via mumsgrapevine.com.au

Pada satu minggu pertamanya, bayi akan mengalami gumoh hingga muntah hingga kesulitan bernapas. Penyebabnya bisa jadi merupakan lendir pada paru-paru. Jika ia mengeluarkan suara saat bernapas, kamu tak perlu khawatir karena mungkin ia sedang mencoba membersihkan saluran napasnya.

5. Di minggu pertamanya, bayi juga masih menyesuaikan diri dengan lingkungan, sehingga orang tua perlu menjaganya tetap hangat

Advertisement

Harus hangat/ Credit: Clickin Moms via www.clickinmoms.com

Bayi usia ini masih menyesuaikan dari keadaan yang hangat di dalam rahim ke dunia luar yang cenderung berbeda, sehingga orang tua perlu menyelimuti si kecil ini dan menjaga agar suhu tubuhnya tetap hangat. Skin-to-skin contact juga bisa membuat bayi merasa aman karena merasakan detak jantung ibu dapat menenangkan bayi dalam usia ini.

Baik ibu maupun bayi masih mengalami masa-masa adaptasi yang bagi sebagian orang mungkin terasa sulit, sehingga dukungan dari orang sekitar akan sangat dibutuhkan. Dalam waktu ini juga orang tua bisa mulai memperkuat ikatan dengan melakukan bonding dengan bayi. Kondisi yang dijabarkan Hipwee ini bisa jadi sedikit berbeda dengan yang dialami Shandy karena setiap kelahiran itu unik, tapi semoga kamu bisa mendapat gambaran umumnya ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE