Mengulik Arsenic Hour, Momen Saat Bayi Kerap Nangis Tanpa Henti. Tak Berkaitan dengan Hal Mistis!

arsenic hour bayi

Saat mengurus bayi, ada masanya dimana bayi tenang saja dan lebih banyak tidur, namun ada juga saat-saat dimana ia menangis tak berhenti-henti. Hal ini bisa jadi membuat ibu yang sudah stres mengurus segala hal bertambah lagi bebannya jika tak tahu apa yang harus diperbuat untuk mengatasi hal tersebut. Apalagi, jika yang mengalami adalah ibu baru yang baru pertama kali mengurus anak. Duh, pasti deh panik!

Advertisement

Namun, kamu bisa sedikit tenang setelah memahami salah satu masa yang disebut arsenic hour. Apa sih itu? Hipwee Young Mom merangkumkannya untukmu. Simak ulasannya yuk!

1. Masa arsenic hour ini tidak terjadi di setiap waktu tapi ternyata ada waktu tertentunya yang bisa kamu mulai hapalkan

Terjadi di pagi atau sore hari via www.popmama.com

Menurut Dokter Sehat, arsenic hour biasa juga disebut witch hour yaitu waktu ketika bayi yang tenang tiba-tiba menangis tanpa sebab. Waktunya sebenarnya beragam tapi biasanya dimulai pukul 18.00 hingga 22.00 atau ada juga yang mengalaminya pada pukul 03.00 sampai 04.00 pagi yang berlangsung selama lebih dari 30 menit. Wah, kok justru di waktu-waktu istirahat ya.

2. Bayi yang mengalami hal ini biasanya bayi di usia awal-awal setelah lahir, tapi bervariasi juga hingga usia beberapa bulan

Biasanya tiga minggu setelah lahir via mommyasia.id

Biasanya bayi yang mengalami arsenic hour merupakan bayi berusia empat hingga enam minggu namun ada juga yang justru meningkat hingga usia delapan minggu, lalu akan berkurang seiring perkembangannya hingga bayi tersebut berusia dua belas minggu atau usia tiga hingga empat bulan. Tetapi ada juga yang berlangsung lebih lama.

Advertisement
3. Agar tak semakin panik dan tahu bagaimana cara mengatasinya, ada baiknya kamu kenali dulu beberapa penyebabnya

Penyebabnya bisa jadi karena hipersensitif atau overstimulasi via parenting.orami.co.id

Penyebab bayi menangis tiba-tiba ini ada beberapa, di antaranya adalah bayi yang memiliki tingkat sensitivitas tinggi karena masih menyesuaikan dengan keadaan di luar rahim. Bisa jadi bayi menerima rangsangan berupa sentuhan atau pijatan yang berlebihan sehingga menyebabkan kelelahan. Pada malam hari, ASI menjadi lebih lambat karena prolaktin yang menurun. Hal ini juga bisa jadi penyebab.

4. Saat hal ini terjadi, alih-alih langsung panik sebaiknya tenang dulu. Ada beberapa cara untuk menenangkan bayimu yang rewel ini kok

Kamunya harus tenang dulu via www.popmama.com

Untuk menenangkan bayimu, sebaiknya kamu juga tenang terlebih dahulu. Buatlah dia dalam kondisi nyaman dengan menggendong sambil mendekapnya atau kamu juga bisa mengajaknya jalan-jalan untuk menghirup udara segar. Pastikan juga bahwa ia tak akan kelaparan dengan memberinya ASI. Kamu juga bisa menyetelkannya lagu-lagu yang menenangkan atau biasa disebut dengan white noise.

5. Agar tak stres dan panik karena merasa kurang istrirahat, kamu perlu menenangkan diri dan mengambil ‘me time‘ selain di arsenic hour

Minta bantuan suami tidak apa-apa via www.workingmother.com

Setelah melihat pola dan penyebab arsenic hour pada bayimu, kamu bisa mengambil me time untuk dirimu sendiri dengan beristirahat saat bayi juga istirahat. Saat bayi tidur siang, kamu juga bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah. Selain itu, jika kamu tetap tak bisa menenangkannya, kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk melakukannya. Biasanya bayi memiliki kemungkinan untuk bisa tenang saat digendong orang lain juga kok.

Arsenic hour mungkin terdengar menyeramkan, tapi kuncinya adalah tetap tenang. Yakinkan ke dirimu sendiri bahwa kondisi ini hanya sementara dan nantinya pasti akan berlalu. Semangat ya, Moms!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE