Mengungkap Bahaya Madu untuk Bayi di Bawah 1 Tahun. Nggak Main-main lo Risikonya!

bahaya madu untuk bayi

Mungkin kita semua setuju bahwa madu adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi. Banyak juga produk olahan yang memamerkan bahwa ada kandungan madu di dalamnya yang membuat popularitas bahan ini makin naik. Akan tetapi, ternyata banyak juga yang menggunakan bahan ini tidak tepat guna atau bahkan memberikannya juga kepada bayi yang usianya masih di bawah 1 tahun tanpa mengetahui bahayanya.

Advertisement

Mungkin bakal beda cerita jika dalam keadaan tertentu dokter atau ahli gizi menyarankan hal ini, tapi jika tidak maka sebaiknya benar-benar memerhatikan beberapa hal dulu sebelum memberikannya pada bayi apalagi yang usia bayi kurang dari 1 tahun. Apalagi kalau jenis madu yang diberikan tidak direkomendasikan untuk anak di bawah usia 1 tahun. Pasalnya, untuk si kecil madu bisa jadi bahan makanan yang sangat berbahaya. Simak yuk penjelasan selengkapnya!

Sebelum mengenali penggunaannya untuk bayi, kita simak dulu kandungan apa saja yang ada di madu ini

Madu murni/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Madu memiliki berbagai kandungan gizi yang selama ini dipercaya memiliki dampak yang baik untuk dikonsumsi. Dilansir dari Hello Sehat, ada beberapa kandungan seperti karbohidrat yang mendominasi dengan komposisi 82%, ada juga protein serta 18 jenis asam amino bebas dengan bentuk paling banyak adalah prolin. Madu juga mengandung beberapa vitamin seperti vitamin B, vitamin B6, dan vitamin C. Ada juga mineral seperti zat besi, seng, kalium, fosfor, magnesium, selenium, kromium dan mangan. Yang tak kalah penting, ada juga beberapa bentuk antioksidan dalam kandungan madu.

Dari kandungan tersebut ada beberapa manfaat madu yang membuatnya menjadi salah satu makanan primadona

Kaya manfaat/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Salah satu manfaat madu yang mungkin sudah kamu ketahui adalah mengurangi gejala flu dan batuk sehingga bisa membuat tidurnya lebih nyenyak di malam hari. Dilansir dari Alodokter, madu juga bisa menjadi sumber energi yang akan mendukung aktivitas serta meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan prebiotik pada madu juga dinilai bisa melancarkan pencernaan dan juga meningkatkan nafsu makan si kecil. Terakhir, madu juga dinilai bisa menyembuhkan luka dengan cepat serta mengurangi terjadinya infeksi.

Advertisement

Walau penuh dengan kandungan yang bermanfaat ternyata madu tak seharusnya diberikan kepada si kecil di bawah 1 tahun lo

Jangan sembarangan/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Saat anak-anak mengalami batuk mungkin ibu akan berinisiatif untuk memberikan madu karena khasiatnya tapi ternyata bahan ini sebaiknya tak diberikan kepada anak-anak yang usianya kurang dari 1 tahun karena dapat membahayakan lo. Masih dari sumber yang sama, madu memiliki kandungan spora bakteri clostridium botulinum yang akan membahayakan bayi jika tertelan. Pasalnya spora ini dapat menyebabkan Botulisme pada bayi karena akan berkembang di usus serta memproduksi racun yang berbahaya.

Walaupun dicampurkan dengan makanan ternyata madu tetap sebaiknya dihindari karena spora sulit untuk dibunuh. Akan tetapi, makanan kemasan yang menyantumkan klaim bahwa mereka memiliki kandungan madu akan aman dikonsumsi bayi karena makanan tersebut biasanya sudah melewati proses pemanasan yang bisa membunuh bakteri. Jadi yang mau ikut-ikutan tren, harap berhati-hati dan cek dulu ke dokter anak yang lebih ahli.

Botulisme merupakan penyakit keracunan yang tak bisa dianggap remeh, dampaknya bisa sampai mematikan

Advertisement

Bahaya/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dilansir dari Klik Dokter, Botulisme merupakan sebuah penyakit yang yang menyerang saraf yang disebabkan oleh clostridium botulinum. Racun ini akan menyebabkan kejang dan lumpuh pada otot yang membuat bayi tak bisa bergerak, makan, bahkan bernapas. Gejala yang mesti diperhatikan adalah bayi akan mengalami konstipasi atau sembelit pada 8 sampai 36 jam setelah konsumsi, sulit bicara, sulit menelan, dan paralisis otot pernapasan. Jika terjadi hal-hal tersebut terjadi pada bayi maka sebaiknya segera bawa ke dokter.

Mengingat bahayanya yang lebih menyeramkan, ada baiknya memberikan madu kepada bayi ditunda dulu sampai usianya lebih dari 1 tahun. Jika ada masalah tertentu yang berkaitan dengan gizi juga ada baiknya menghubungi dokter dan tidak asal memberikan konsumsi sesuatu pada bayi karena apa yang masuk ke dalam tubuhnya akan memengaruhi si kecil yang tak selamanya baik. Hati-hati dan tetap kritis ya saat menyerap informasi, sekalipun informasi tersebut dari selebritas yang kamu idolakan dan percayai~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE