Menentukan 8 Perlengkapan Bayi yang Bisa Disewa atau Harus Dibeli. Baca Biar Nggak Rugi!

sewa beli perlengkapan bayi

Siapa yang suka kepo rincian perlengkapan bayi? Kadang melihatnya suka bikin geleng-geleng karena harganya yang mahal padahal dipakainya relatif sebentar soalnya si kecil cepat banget tumbuhnya. Nah, menjawab keresahan ini kini ada banyak yang membuka jasa persewaan perlengkapan bayi lo. Pilihan ini menjadi menarik bagi beberapa ibu karena bikin lebih hemat dan tak perlu bingung menyimpannya nanti jika sudah tidak dipakai lagi.

Advertisement

Akan tetapi, ternyata ada beberapa perlengkapan bayi yang sebaiknya tidak disewa lo. Ada beberapa hal yang lebih baik jika tetap kamu beli sendiri. Biasanya barang-barang ini yang sering dipakai dan lebih aman jika punya sendiri. Nah, apa saja barang-barang kebutuhan bayi tersebut? Kita simak yuk!

1. Baby Crib merupakan barang yang cukup mahal jika dibeli namun bisa disewa dengan harga yang lebih terjangkau

Baby crib/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Baby crib biasanya akan jarang terpakai karena si kecil belum tentu bisa terpisah dari orang tua. Pun pertumbuhannya yang cepat membuat barang ini hanya dipakai sebentar. Harga belinya pun cukup mahal hingga jutaan rupiah padahal kalau sewa bisa Rp100.000,00 saja per bulannya.

2. Bouncer hanya bisa digunakan oleh bayi yang usianya beberapa bulan saja, setelahnya tak akan terpakai lagi jadi bisa menyewa saja

Bouncer/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Bouncer adalah alat penimang otomatis yang bisa digunakan untuk menenangkan bayi. Masa pakainya biasanya maksimal 2 tahun saja. Makanya lebih baik menyewa dengan kisaran Rp60.000,00 sebulan.

Advertisement

3. Bayi cenderung cepat belajar termasuk saat akan jalan, makanya alat bantu seperti baby walker bisa juga disewa saja

Baby walker/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Peralatan ini akan membantu bayi saat belajar berjalan, namun durasi pemakaiannya pun hanya sebentar. Alih-alih membelinya dengan harga Rp500.000,00 sampai Rp2.000.000,00, ibu bisa menyewa seharga kisaran Rp60.000,00 per bulan.

4. Stroller juga menjadi salah satu perlengkapan yang tergolong cukup mahal, menyewanya tidak masalah

Stroller/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Stroller akan sangat bermanfaat saat ibu mengajak si kecil berjalan-jalan, namun harganya bisa mencapai jutaan rupiah makanya menyewanya juga bisa jadi pilihan yang bijak. Biasanya biaya sewa sekitar Rp100.000,00 sebulan.

5. Peralatan makan adalah salah satu barang yang harus diperhatikan kehigienisannya, sehingga sebaiknya memilikinya sendiri

Harus higienis/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Apa yang masuk ke mulut si kecil harus benar-benar diperhatikan kebersihannya. Walau penyedia sewa menjamin namun lebih baik membeli peralatan sendiri karena juga akan digunakan terus-terusan.

Advertisement

6. Baju dan celana juga merupakan barang yang dipakai sehari-hari sehingga lebih baik memakai kepunyaan sendiri

Baju bayi/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Baju dan celana menjadi barang wajib beli bahkan saat si kecil masih di dalam kandungan. Pasalnya benda ini akan bersentuhan langsung dengan kulit bayi sehingga kasian jika dipakai gantian dengan bayi yang lain.

7. Menghitung seringnya pemakaian bak mandi, barang yang satu ini juga sebaiknya dimiliki sendiri sehingga lebih baik membelinya

Bak mandi/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Bayi biasanya mandi dua kali sehari dan bak ini akan berguna dalam waktu yang relatif lama. Pun, gunanya adalah untuk menjaga kebersihan badan bayi sehingga alangkah lebih aman jika membelinya sendiri.

8. Jika kamu terbiasa membawa mobil sendiri dan ada urgensi untuk menjemput si kecil setiap hari, sebaiknya car seat juga milik sendiri

Car seat/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Walaupun mungkin sedikit mahal namun ternyata jika dihitung bisa jadi ongkos sewa lebih mahal daripada beli jika dipakai sehari-hari. Benda ini akan berguna seperti saat orang tua bekerja dan harus menjemputnya di day care.

Selain harganya, frekuensi penggunaan perlengkapan bayi juga perlu diperhitungkan dengan matang sehingga motivasi untuk bisa berhemat tidak berakhir sebaliknya. Pun, perhatikan jaminan seperti kehigienisan dan keamanan akan barang yang hendak disewa ya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE