Belum Banyak yang Tahu, Ini 5 Hal yang Disukai Janin dalam Kandungan. Seajaib Itu Memang!

Hal yang disukai janin dalam kandungan

Bicara mengenai janin dalam kandungan memang mampu bikin Moms takjub karena perkembangannya. Mulai dari embrio yang berukuran kecil hingga terus tumbuh membentuk bayi dengan organ tubuh yang lengkap. Masa kehamilan tentu saja menjadi momen spesial tak terlupakan bagi Moms, terlebih adanya ikatan antara ibu dan bayi sudah alami terjalin di masa ini.

Advertisement

Tanpa Moms sadari. ada beberapa momen ketika kehamilan yang sebenarnya jadi pertanda bahwa bayi di dalam sana sedang bahagia, ia bisa memberikan respon berupa tendangan kecil hingga aktifnya bergerak atau tersenyum yang terekam dalam pemeriksaan ultrasonografi (USG). Lantas apa saja tindakan yang Moms lakukan yang ternyata bisa bikin janin bahagia? Nah, berikut ini ulasannya!

1. Ketika janin sudah cukup besar, mereka bisa merasakan perubahan suhu. Maka dari itu mandi air hangat disarankan supaya tubuh dan pikiran lebih rileks

Mandi dengan air hangat membuat janin bahagia | Credit: Jonathan Borba via unsplash.com

Terlihat sepele tetapi punya dampak yang membuat janin di dalam perut merasa nyaman. Mandi air hangat secara umum aman dilakukan oleh ibu hamil asalkan tetap memerhatikan suhunya. Usahakan tak melebihi 38 derajat celsius. Saat janin sudah cukup besar, mereka bisa merasakan perubahan suhu. Suara air yang mengalir nyatanya mampu membuat janin merasa tenang.

Menurut sebuah penelitian, air hangat ternyata bisa merangsang otak untuk memproduksi hormon oktitosin. Hormon ini berguna untuk membuat perasaan Moms menjadi bahagia dan lebih positif. Moms bisa mencobanya dengan tuangkan air hangat ke perut kemudian rasakan reaksi si janin.

Advertisement

2. Saat janin merasa terganggu, ia akan lebih mudah ditenangkan oleh suara Moms. Bahkan percakapan antara ibu dan anak bisa membuat janin bahagia, lo

Ajak berbicara sesering mungkin | Credit: Omar Lopez via unsplash.com

Sama seperti bayi baru lahir yang sangat reaktif terhadap suara ibunya, begitu juga mereka ketika di dalam kandungan. Suara Moms yang seringkali mengajaknya bercerita mampu menenangkan sekaligus jadi hal pertama yang membuat bayi merasa rileks. Bahkan saat ia sedang sendirian, hanya dengan mendengar suara Moms saja ia akan merasa bahagia.

Hal ini disebabkan karena telinga bayi berkembang di dalam rahim dan paling sering mendengar sang ibunda. Oleh karena itu, biasakan untuk selalu berbicara kepada janin saat di kandungannya, ya. Moms juga bisa membacakan cerita, bernyanyi atau bersenandung kecil.

Advertisement

3. Tak dipungkiri mendengarkan musik juga mampu membuat janin ikut merasa bahagia, bahkan musik dapat memicu reaksi aktivitas di otak menjadi lebih tinggi

Mendengarkan musik selama kehamilan memberikan beberapa manfaat, salah satunya menghasilkan hormon serotonin. Hormon tersebut dapat memicu pelepasan endorfin atau hormon bahagia. Endorfin ini yang lantas ditransfer ke janin sehingga mereka juga ikut merasa bahagia.

Ibu hamil bisa memilih musik yang santai seperti jenis klasik yang dapat menenangkan. Tempo dan nada yang teratur membuat musik klasik mudah dicerna. Selain itu, jenis musik ini juga memberikan efek yang lebih baik pada telinga janin saat dilantunkan secara konsisten. Beberapa pilihan judul lagu, mulai dari Fur Elise dari Beethoven, Moonlight Sonata, Canon In D Major hingga Cavatina.

4. Sentuhan dari luar perut secara lembut mampu menjalin ikatan antara janin dan orang tua. Kebiasaan mengusap perut nyatanya memberikan manfaat positif, Moms!

Sentuhan lembut dari orangtua | Credit: Pxhere via pxhere.com

Reseptor sentuhan janin mulai berkembang sekitar minggu ke-8 dan sekitar minggu ke-20 janin cukup kuat merasakan sentuhan dari luar. Selama masa ini ia akan menikmati elusan lembut di perut. Selain itu, mengusap perut menjadi bentuk cinta yang diperlihatkan orang tua kepada anaknya. Dilansir dari Boldsky, ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengusap perut sambil mengajaknya berbicara dapat membantu perkembangan otak janin.

5. Memberikan waktu istirahat yang cukup bukan hanya bikin tubuh Moms jadi bahagia, pun sama halnya dengan janin yang akhirnya bisa bergerak karena tak ada aktivitas yang menganggu

Ibu hamil istirahat yang cukup | Credit: Dexswaggerboy via unsplash.com

Waktu istirahat Moms adalah kebahagian untuk janin. Saat Moms tidur, janin akan melakukan aktivitas baru di dalam perut. Ada baiknya di masa kehamilan Moms harus menjaga kualitas tidur di malam hari, jika dirasa kurang Moms perlu meluangkan waktu istirahat di siang hari. Durasi tidur siang ibu hamil memang tak perlu terlalu lama, yang penting kualitasnya baik. Hal ini berfungsi karena saat Moms tak menjalani aktivitas, janin di dalam kandungan lebih punya waktu untuk bergerak dan tak merasa terganggu akibat aktivitas Moms.

Jangan lupa untuk selalu dibarengi dengan olahraga kecil beserta konsumsi makanan lezat yang mengandung nutrisi dan vitamin tinggi untuk perkembangan janin.

Itulah kegiatan yang Moms bisa lakukan supaya janin di dalam perut merasa senang. Setiap tips yang dipaparkan tentunya akan maksimal jika Moms selalu berpikiran positif dan bahagia. Semoga informasinya, membantu, ya!

Follow Mamin di Instagram @hipweeyoungmom atau gabung ke Support Group di Whatsapp juga yuk. Media curhat yang fun, menghadirkan konten-konten inspiratif dan terpercaya buat para moms #KarenaSemuaIbuBerhakBahagia
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE