7 Kegalauan Ibu Saat Ingin Tambah Anak Lagi. Mau Hamil Anak Kedua, Gini Amat Rasanya~

ibu galau anak kedua

Banyak ibu mulai mempertimbangkan anak kedua setelah mulai nyaman menjalani perannya sebagai ibu 1 anak. Namun nggak sedikit juga yang masih merasa galau untuk memikirkannya. Pasalnya, dengan pengalaman sebagai ibu newbie di anak pertama, rasanya nggak mudah untuk 100% siap mengulang masa-masa kehamilan.

Advertisement

Sebenarnya, saat sudah dijalani sih biasanya nggak seberat saat masih dipikirkan, hehe. Soalnya kadang banyak kekhawatiran ibu nyatanya nggak benar-benar terjadi. Tapi kali ini Hipwee telah mencoba merangkum 7 kegalauan yang kerap dipikirkan para ibu saat ditanya, “Kapan hamil anak kedua?”. Ada yang ‘aku banget’ nggak nih, Moms?

1. Takut ada komplikasi saat hamil. Apalagi saat hamil pertama dulu, sempat mengalami beberapa masalah kehamilan yang mengganggu dan cukup bikin trauma

Credit: Anna Pritchard for Unsplash via unsplash.com

2. Khawatir untuk ‘mengulang’ masa-masa begadang lagi kayak pas awal-awal masih jadi ibu newbie dulu. Harus begadang ditambah rempong dengan anak pertama…ugh, rasanya kok belum siap ya :’)

Credit: Bastien Jaillot for Pexels via unsplash.com

Advertisement

3. Galau soal kecukupan finansial kalau nambah anak lagi. Cukup nggak ya, pemasukan kamu dan pasangan menghidupi tambahan 1 anak lagi?

Credit: Karolina Grabowska for Pexels via www.pexels.com

4. Khawatir nggak bersikap adil saat ada adik baru. Takutnya kakaknya nanti malah makin bertingkah karena cemburu~

Credit: Yan for Pexels via www.pexels.com

5. Anak yang sekarang udah gede, sudah bisa agak lega dan nggak seheboh dulu ngurusnya. Siap nggak, mengurus adik bayi kecil lagi seperti dulu sendiri?

Credit: Isaac Quesada for Unsplash via unsplash.com

Advertisement

6. Cemas bakal susah me time lagi, padahal baru saja lumayan bisa me time setelah anak pertama agak gede…

Credit: Jordan Rowland for Unsplash via unsplash.com

7. Masih trauma masa-masa melahirkan yang nggak semulus yang diharapkan. Jadi ragu untuk mengulanginya lagi

Credit: Luma Pimentel for Unsplash via unsplash.com

Cemas itu manusiawi, Moms. Ibu nggak sendirian kok, karena memang hamil dan membesarkan anak adalah sebuah langkah besar. Tapi sebaiknya nggak perlu dipikirkan berlebihan sendirian. Jika memang sang ibu dan ayah ingin tambah momongan, sebaiknya memang didiskusikan dengan serius.

Jika kondisi fisik, mental dan finansial belum siap, menunda dulu nggak apa-apa. Tapi jika sebenarnya kekhawatiran ibu itu hanya karena overthinking, utarakan saja semuanya ke suami biar bisa dicari jalan keluarnya bersama-sama. Punya anak itu keputusan yang sangat besar, pastikan semua pilihan itu dipikirkan matang-matang oleh kamu dan pasangan ya, Moms 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE