4 Bukti Kalau Penggambaran “Istri Sabar” dalam Sinetron Terlalu Dilebih-lebihkan!

Istri sabar dalam sinetron

Saat sedang menonton sinetron, Moms biasanya akan mudah terbawa suasana. Apalagi kalau sinetronnya seputar rumah tangga, pasti akan selalu dikait-kaitkan di dunia nyata. Bagi mereka yang sering mengikuti sinetron bertema rumah tangga tentunya sering menemukan sosok istri yang sabar. Kebanyakan karakter istri yang sabar ini dibuat paling menderita sehingga banyak yang terbawa suasana. Dengan begitu akan menganggap semua istri yang sabar seolah diperlakukan seperti yang ada di sinetron!

Advertisement

Jika dibandingkan dengan dunia nyata, sosok istri yang sabar tentu berbeda jauh dengan yang dilihat di sinetron. Tapi anehnya, banyak yang sudah terbuai dan menganggap kalau karakter istri sabar akan seperti itu. Anggapan tersebut seolah menjadi bukti kalau orang akan mudah baper dengan karakter pemain dalam sinetron yang mungkin aslinya nggak seperti itu.

1.Istri yang sabar bukan berarti ia bodoh. Penggambaran pada sinetron biasanya istri mudah diselingkuhi lantaran dianggap bodoh

Photo by Obi Onyeador on Unsplash

Moms yang suka nonton sinetron pasti pernah melihat adegan seorang istri yang rela menunggu suaminya pulang kerja hingga larut malam. Yang ternyata suaminya tersebut malah asyik selingkuh di luar. Hal ini sering dikaitkan jika semua istri dianggap tidak tahu kalau suaminya main serong.

Pada kenyataannya, sabar dan bodoh adalah dua hal yang berbeda. Dan yang pasti, sesabar-sabarnya istri pasti akan peka ketika perilaku suaminya menyimpang.

Advertisement

2.Istri yang sabar akan diam saja jika disia-siakan. Gambaran istri yang sabar di sinetron biasanya selalu pasrah bertahan ketika disia-siakan

Photo by Maria Teneva on Unsplash

Sifat istri sabar yang sering diperlihatkan dalam sinetron adalah mereka yang tetap mau bertahan meskipun disia-siakan. Apalagi yang sudah dianiaya tapi tetap mau memaafkan suaminya, adegan ini seolah membuat penonton geram.

Namun pada kenyataannya, tidak ada suami yang menyia-nyiakan istri yang sabar. Memiliki istri yang sabar adalah anugerah. Lantas, mengapa harus disia-siakan bahkan dianiaya? Betul kan, Dads?

3.Istri yang sabar biasanya hanya akan menangisi perbuatan suaminya dan hanya menyerah pada keadaan

Advertisement

Photo by Maria Teneva on Unsplash

Beberapa tingkah seorang suami di sinetron yang sering membuat istri tertekan adalah korupsi di kantor, bersifat arogan pada tetangga hingga membuatnya dikucilkan di komplek dan masih banyak lagi. Istri biasanya hanya akan menangis melihat tingkah suaminya dan seolah menyerah pada keadaan.

Faktanya, di dunia nyata tidak ada istri sesabar itu. Kalau memang suami berbuat kesalahan pastinya akan langsung diselesaikan tanpa banyak mengeluarkan air mata dan menyerah pada keadaan. Segala sesuatu selalu ada jalan keluarnya.

4.Memiliki istri orang Jawa selalu dikaitkan dengan karakter suara yang “medok” dan lugu. Dari dulu, gambaran sosok istri yang berasal dari jawa selalu dianggap “manutan”

Photo by Maria Teneva on Unsplash

Moms pasti pernah melihat adegan dalam sinetron di mana mereka yang memerankan sebagai sosok istri yang berasal dari jawa selalu identik dengan logat “medok”. Selain itu, mereka yang diceritakan berasal dari jawa selalu dianggap lugu dan “manutan”(gampang nurut sama suami).

Kenyataannya, orang jawa tidak selalu punya logat medok dan lugu. Bahkan perempuan Jawa juga terkenal dengan karakternya yang tangguh sehingga bukan orang yang selamanya lugu.

Yang namanya sinetron pasti punya jalan cerita menarik yang mampu membuat penonton bisa merasakannya. Namun semua karakter istri sabar pada sinetron nggak ada sangkut pautnya sama kehidupan nyata. Fakta di atas semoga bisa menjadi gambaran, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE