Mitos-mitos tentang ibu hamil banyak sekali beredar di dunia termasuk Indonesia. Mulai dari cara menebak kelamin anak dari dandanan ibu hingga larangan mengonsumsi makanan-makanan tertentu. Salah satu yang juga masih banyak dipercaya adalah ‘jimat’ yang mesti dibawa kemana-mana saat ibu sedang hamil, katanya sih agar sang ibu dan calon bayi tidak diganggu oleh mahluk gaib.

Tapi sebenarnya bagaimana ya pandangan medis mengenai hal ini? Apakah benar menenangkan atau justru membahayakan? Simak ulasan Hipwee Young Mom berikut ini yuk!

1. ‘Jimat’ yang dibawa ibu hamil beragam bentuknya, biasanya terdiri dari peniti hingga rempah-rempahan

Peniti hingga rempah via www.kompasiana.com

Advertisement

Di sejumlah daerah di Indonesia, untuk mengusir mahluk halus agar tak mengganggu ibu dan calon bayi ada mitos yang beredar bagi ibu hamil untuk membawa barang-barang seperti peniti, gunting, lidi, bawang putih dan rempah bangle. Benda-benda ini juga dipercaya sebagai sarana untuk menangkal berbagai penyakit, khususnya penyakit yang tidak ada penyebabnya secara medis.

2. Tak cuma asal, ternyata berbagai benda tersebut dipilih karena memiliki kegunaan tersendiri yang dipercaya

Kenapa peniti ya? via www.tokopedia.com

Dikutip dari Klik Dokter, gunting atau benda tajam lainnya seperti pisau dipercaya mampu mengusir mahluk halus yang akan berbuat jahat kepada ibu hamil. Sedangkan rempah bangle atau bahasa ilmiahnya Zingiber casumounar dipilih karena juga dipercaya berguna untuk mengusir mahluk jahat dengan baunya yang tidak menyenangkan. Sedangkan peniti sebenarnya hanya digunakan untuk mengaitkan gunting ke rempah bangle.

3. Lalu, bagaimana penjelasannya menurut medis? Ternyata benda-benda ini tak bermanfaat jika hanya ditempel lo

Sebenarnya rempah bangle memiliki manfaat jika dikonsumsi karena merupakan tanaman obat. Tanaman ini dapat meringankan sakit kepala dan nyeri tubuh hingga mengobati pasien dengan gangguan hati. Namun masih menurut Klik Dokter, tanaman ini tidak akan bermanfaat jika hanya dilekatkan pada pakaian ibu hamil, pun dengan benda-benda yang lainnya. Hal-hal tersebut tidak berpengaruh pada status kesehatan bayi dan ibu.

4. Alih-alih memiliki manfaat, jika tidak berhati-hati barang-barang ini justru bisa berisiko jika dibawa oleh ibu hamil lo

Dapat menyebabkan infeksi via www.vitamedmdrx.com

Advertisement

Membawa atau mengantongi benda tajam dapat menimbulkan risiko yang sangat berbahaya bagi ibu hamil maupun calon bayi. Jika peniti tidak terkait dengan sempurna atau gunting tidak terlipat dengan benar, hal ini dapat menyebabkan tusukan pada tubuh ibu hamil. Parahnya lagi, bekas luka ini dapat menyebabkan hal yang lebih serius seperti infeksi yang dapat menjalar ke seluruh tubuh hingga menyebabkan tetanus. Duh, hati-hati Buibuk!

5. Namun, jika kamu tetap mempercayainya, silakan. Asal sudah paham dengan risikonya ya sehingga bisa lebih berhati-hati

Pilih gunting yang lipat ya via www.ebay.co.uk

Jika kamu ingin tetap percaya dengan mitos yang sudah bertahun-tahun beredar ini, kamu bisa tetap melakukannya dengan hati-hati. Misal tak memaksa mengantonginya saat tertidur dan memastikan peniti terkait dengan sempurna serta gunting tertutup dengan benar, diletakkan jauh-jauh dari tubuhmu. Jangan lupa untuk memilih gunting yang lipat ya.  Yang paling utama, demi kesehatan dan keselamatan jangan lupa banyak-banyak berdoa selama kehamilan dan menjalankan pola hidup sehat.

Meskipun kamu percaya jika hal tersebut dapat menghindarkanmu dan calon bayi dari berbagai penyakit, kamu juga sebaiknya tetap memeriksakan kandunganmu sesuai dengan saran dokter agar jika terjadi sesuatu dapat segera ditangani oleh tenaga medis. Jadi, kamu termasuk tim yang percaya mitos atau nggak nih?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya