Melahirkan Itu Sakit, Benar. Tapi Jangan Khawatir, 5 Cara Ini Bisa Bikin Nyerinya Nggak Muncar-muncar

Cara mengurangi rasa sakit saat melahirkan

Menanti kelahiran buah hati bagi ibu pasti rasanya campur aduk antara bahagia dan juga takut. Ada lo ibu yang jadi khawatir melahirkan ketika mendengar cerita rasa sakitnya dari ibu lain yang sudah pernah melahirkan. Padahal sebenarnya, rasa nyeri persalinan itu pasti dialami semua ibu. Tapi toleransi tiap orang terhadap rasa sakit kan berbeda-beda. Jadi ada ibu yang sangat kesakitan dan ada juga yang masih bisa menahan nyerinya.

Advertisement

Untuk mengurangi rasa sakit saat persalinan ternyata ada triknya. Dan hal ini bisa dipelajari oleh ibu hamil sejak awal kehamilan. Berguna banget lo buat ibu hamil yang nggak tahan sama rasa sakit. Yuk baca bersama bagaimana caranya.

1. Saat menjelang persalinan, pasti ibu jadi panik karena kesakitan. Padahal ibu harus bisa mengontrol emosi untuk tenang sehingga rasa sakitnya berkurang

Rasanya memang super sakit, tapi cobalah untuk berusaha tenang via www.huffpost.com

Tenang adalah kunci utama biar rasa sakit persalinan bisa berkurang. Sulit sih, apalagi ketika rasa sakit menyerang begitu dahsyat pasti ibu langsung panik. Pada saat seperti itu, ibu harus menenangkan pikiran dan fokus buat bernafas yang benar. Makanya olahraga yoga atau senam selama kehamilan itu dianjurkan.

2. Teknik pernafasan pun penting untuk mengurangi nyeri. Bernafas yang benar juga bisa bermanfaat untuk menghemat energi agar ibu kuat bersalin

Tarik dan hembuskan nafas secara teratur via medan.tribunnews.com

Bernafas dengan teknik yang benar bisa mengalihkan rasa sakit yang amat sangat lo. Menarik nafas dan menghembuskan dengan pola teratur biasanya diajarkan saat senam hamil. Selain itu, kalau oksigen pada tubuh ibu pasokannya cukup, energi ibu akan tetap ada sampai saatnya bayi dilahirkan.

Advertisement

3. Ibu pun harus nyaman agar rasa sakit berkurang. Salah satu caranya adalah dengan mengusap badan dengan air hangat. Minta bantuan orang terdekat ya

Usapan air hangat di tubuh bikin rileks via eva.vn

Agar rasa sakit tidak makin menjadi-jadi, ibu hamil harus dalam kondisi nyaman. Misalnya nih dengan cara mengusap badan ibu dengan air hangat. Air hangat bisa diusap ke daerah pundak, tangan, kaki, dan sebagainya oleh pendamping. Ibu rasanya jadi seperti di spa!

4. Pijatan-pijatan dari pasangan atau pendamping persalinan merangsang hormon endorfin. Hormon ini menimbulkan rasa senang dan juga nyaman

Pijatan bikin ibu merasa nyaman via hellosehat.com

Coba deh minta pendamping atau pasangan buat memijat ibu saat kesakitan. Biasanya yang dipijat adalah bagian bahu, punggung, kaki, dan tangan. Dikutip dari Hai Bunda, pijatan bisa merangsang hormon endorfin yang bikin ibu jadi lebih nyaman. Selain itu pijatan kan menambah kedekatan fisik serta membuat ibu merasa aman.

5. Mengubah posisi ketika rasa nyeri datang katanya sih bisa mengurangi sakitnya. Misalnya dari duduk, coba berjalan-jalan, atau gunakan birthing ball juga bisa

Advertisement

Ubah posisi, jangan hanya tiduran aja ya via www.superpharmacy.com.au

Rasa sakit dan nyeri menjelang persalinan juga bisa dikurangi dengan cara mengubah posisi tubuh. Coba deh jongkok, berdiri, duduk, dan berjalan-jalan. Kalau punya birthing ball, duduk di atasnya juga bisa meredakan rasa sakit serta membantu bayi menemukan jalan lahirnya dengan lebih cepat.

Memang buat mengurangi rasa sakit selama melahirkan perlu persiapan sejak lama. Tuh jangan bolos ikut senam hamil dan dipelajari baik-baik ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE