Lagi Promil, Bun? Dukung Suami Konsumsi 4 Jenis Makanan Peningkat Kualitas Sperma ini!

meningkatkan kualitas sperma

Banyak pasangan yang mendambakan kelahiran buah hati setelah melangsungkan pernikahan. Tapi, tak semuanya bisa semulus itu dalam mendapatkannya. Ada sih yang beberapa minggu setelah menikah sudah hamil, namun ada pula yang bertahun-tahun setelahnya masih tak kunjung ada titik terang. Sehingga banyak program hamil yang biasa diterapkan. Mulai dari menerapkan gaya hidup sehat hingga menjalani berbagai terapi.

Advertisement

Salah satu yang sebenarnya relatif mudah dilakukan adalah mengonsumsi berbagai makanan yang bisa meningkatkan kesuburan. Kamu juga bisa menerapkan hal ini untuk meningkatkan kualitas sperma. Lalu kandungan apa saja dan terdapat di makanan apa yang bisa dikonsumsi oleh suami? Cek sampai habis ya!

1. Walaupun bukti masih belum begitu kuat, tak ada salahnya kamu mengonsumsi folat dan vitamin B9

Sayuran hijau/ Credit: Weekly Greens via www.weeklygreens.com

Kandungan folat dan vitamin B9 ini dipercaya mampu meningkatkan kualitas sperma. Kamu bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau, brokoli, bayam, asparagus, hingga lobak hijau. Jika tak terlalu menyukai sayuran hijau, kamu bisa mendapatkan kandungan folat pada jeruk dan kentang. Sereal juga bisa dikonsumsi, tapi pastikan yang sudah difortifikasi asam folat ya.

2. Tak melulu didapatkan dari sayur, kamu juga bisa mengonsumsi daging dan makanan lain yang mengandung seng dan selenium

Tetap bisa makan enak/ Credit: Health Cleverland Clinic via health.clevelandclinic.org

Dilansir dari Hello Sehat, untuk meningkatkan kualitas sperma, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung seng dan selenium karena ternyata jika kandungan tersebut rendah, kualitas sperma yang dihasilkan pun akan ikut rendah. Makanan yang mengandung dua kandungan ini cukup enak lo. Kamu bisa mengonsumsi daging sapi, ayam, telur, udang hingga produk dari susu. Salah satu bahan yang mudah ditemui adalah bawang putih yang ternyata juga mengandung alisin yang mampu melancarkan aliran darah ke organ kelamin. Bawang putih juga mampu melindungi sperma dari kerusakan.

3. Makanan yang mengandung beberapa vitamin seperti C, E, dan A dalam bentuk beta karoten juga mengandung antioksidan. Makanan ini wajib untuk dikonsumsi

Kurang enak gimana coba?/Credit: USA Today via www.usatoday.com

Jika kamu termasuk orang yang ogah-ogahan makan buah-buahan dan sayur-sayuran, sepertinya kamu perlu mempertimbangkan ulang karena antioksidan yang terkandung dalam makanan tersebut mampu menurunkan radikal bebas dalam tubuh yang bisa merusak membran sel. Kamu bisa mengonsumsi pisang untuk vitamin A dan C serta enzim bromelain. Brokoli, wortel dan bayam mengandung vitamin A yang jika kurang tercukupi membuat sperma bergerak lamban. Asparagus mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan volume dan pergerakan sperma. Tapi selain sayuran, dark chocolate juga bisa kamu konsumsi karena mengandung antioksidan tinggi.

4. Untuk meningkatkan jumlah sperma dan meningkatkan aliran darah ke organ kelamin, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3

Kacang walnut kaya manfaat/ Credit: Health Line via www.healthline.com

Masih dilansir dari Hello Sehat, menurut penelitian yang dilakukan Biology of Reproduction, pria yang memakan 75 gram kacang walnut setiap harinya akan memiliki kualitas sperma yang lebih baik setelah 3 bulan. Bentuknya yang lebih bagus akan melancarkan pergerakan sperma. Kandungan asam alfa-linoleat yang merupakan salah satu jenis asam lemak omega 3 diduga menjadi pemicunya. Selain pada walnut, kamu juga bisa menemui asam lemak ini pada makanan seperti kepiting, salmon, ayam, dan lemak ikan.

Ternyata kandungan yang mampu meningkatkan kualitas sperma tersedia di berbagai makanan yang bisa kamu pilih tegantung yang mana yang kamu suka. Jika bosan pun, kamu bisa kok mengganti-ganti atau mengkombinasi menu makanan berbeda kamu setiap harinya. Semoga program hamilnya lancar ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE