5 Tanda Kamu Sosok Calon Orang Tua Milenial Cerdas. Nggak Mudah Baperan Nih, Salah Satunya

orangtua milenial cerdas

Menjadi orang tua di era milenial seperti sekarang bisa dibilang gampang-gampang susah. Sekilas terlihat mudah, padahal sih nggak sesederhana itu. Ditilik dari kemudahan mengakses informasi dan banyaknya perintilan modern untuk memudahkan hidupmu sih, ada benarnya. Tapi, jelas tantangannya pun semakin sulit, salah satunya adalah mengasuh anak di zaman serba digital (halo, Youtube!) dan persaingan yang semakin menggila.

Advertisement

 Siapa saja yang masuk kategori orang tua milenial? Ada banyak versi, tapi rata-rata sepakat golongan ini adalah mereka yang terlahir dari tahun 80-an sampai 90-an akhir.

Nah, untukmu yang sedang merencanakan pernikahan atau menanti anak pertama, berikut Hipwee Young Mom akan kasih kamu sedikit bocoran, seperti apa sih sosok orang tua milenial cerdas yang bijaksana. Cus cek di sini, adakah yang bakal memproyeksikan dirimu di masa depan? 🙂

1. Percaya bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting, namun jelas bukan segalanya

Anak-anak bermain via www.pexels.com

Kalau orang tua zaman dulu cenderung masih sangat kolot soal pendidikan, orang tua milenial kini lebih terbuka dengan banyak opsi. Jadi sukses itu bukan sekadar dari satu pintu, tapi justru dari banyak pintu dan sekolah hanya salah satu di antaranya. Kini, pendidikan informal dan formal dapat bersaing ketat dan persaingan kerja sudah mulai mengarah ke skill-based.

Advertisement

Jadi, orang tua milenial cerdas punya kecenderungan untuk membebaskan anaknya berkreasi, memberikan peluang dan ruang bagi anaknya mencari jalan suksesnya, entah di bidang akademik maupun yang lainnya. Anak getol dan berbakat di piano, pasti akan difasilitasi kelas dan guru piano handal.

2. Para orang tua milenial cerdas mulai punya perencanaan keuangan yang lebih baik. Segala sesuatu dipersiapkan dan diperhitungkan, bahkan sejak sangat dini

Keuangan keluarga via www.pexels.com

Biaya melahirkan, menyediakan pernak pernik kebutuhan anak sampai menyekolahkan anak itu relatif mahal! Itulah yang mulai jadi momok bagi banyak orang tua saat merencanakan akan punya anak berapa. Ya, nggak heran sih. Seiring dengan meningkatnya pendidikan calon orang tua zaman sekarang, keyakinan lama soal ‘banyak anak, banyak rezeki’ mulai ditinggalkan karena para orang tua sudah menetapkan gol masing-masing soal anaknya dan proyeksi berapa biaya yang akan dikeluarkannya.

3.  Para orang tua milenial cerdas mulai memahami peran dan fungsinya masing-masing. Suami bisa bantu istri di dapur, pun istri bisa menyokong kebutuhan finansial bersama-sama suami

Suami istri bisa menjalani fungsi yang sama via thefederalist.com

Kalau dulu, para istri dianggap cukup di rumah saja, kalau sekarang mah istri bebas memilih mau berkarier juga atau nggak. Pun suami, sudah lebih sadar dan ringan berbagi pekerjaan domestik rumah tangga tanpa merasa terintimidasi. Istri masak, suami cuci piring? Biasyaa aja~

Advertisement

4. Kalau dulu masih banyak rasa nggak enakan dan masih disetir stigma ‘takut kata orang begini begitu’, kini orang tua milenial sudah memantapkan idealisme sendiri tentang bagaimana anaknya akan dibesarkan

Bodo amat orang mau bilang apa! via unsplash.com

Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan kemudahan mengakses informasi, kini para orang tua milenial lebih punya idealisme masing-masing soal membesarkan anaknya. Mulai dari soal anaknya bakal lahir normal atau nggak, nanti ASI atau formula sampai nanti makan sendiri atau disuapin pas MP-ASI, semua dimantapkan dengan matang. Orang mau bilang begini begitu…bodo amat lah dan bapernya pun udah nggak mau lama-lama.

Bapernya biasanya akan diarahkan ke curhatan yang mengedukasi orang tua lain. Intinya, semua sudah pegang teguh prinsipnya masing-masing~ Ada yang berani mom-shaming? Hmm, bisa dikeroyok ramai-ramai sama para ibu lain di media sosial!

5. Terakhir, orang tua milenial cerdas akan mengutamakan family time. Kalau dulu mungkin dianggap sepele, menghabiskan waktu alias quality time kini dianggap sama berharganya dengan materi seperti uang

Quality time via unsplash.com

Ini nih yang mulai digalakkan banyak orang tua milenial di luar sana. Bahkan sekolah pun akan dipilih yang memberikan akses keterlibatan orang tua untuk turut mengasuh. Pun soal bekerja, akan sangat memperhatikan waktu yang akan diprioritaskan untuk anak. Nggak heran deh, kini work from home mom atau dad mulai nggak lagi jadi hal yang tabu.

Banyak cara mendidik anak dan itu jadi salah satu tantangan bagi para orang tua milenial memilih pola mana yang terbaik untuk keluarganya. Yang pasti, untuk #UpgradeDirimu jadi orang tua yang lebih baik dan cerdas, rasa malas untuk terus belajar harus dibuang jauh-jauh. Pun rasa baper, yang justru akan bikin stres harus dikelola dengan bijak agar nggak berlarut-larut. Ya meski, baru calon pun sebaiknya rajin-rajin cari tahu, bagaimana parenting yang paling ideal sesuai karaktermu dan keluargamu kelak. Kalau kamu, kira-kira bakal termasuk generasi orang tua milenial begini juga nggak?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE