Mengulik Parenting Selama Corona dengan Metode ‘Gembira’ ala Kak Seto. Sudah Tahu, Ma?

parenting corona kak seto

Tak bisa disangkal, berada di rumah selama kurang lebih sebulan ternyata bisa cukup membuat stres. Rutinitas yang sama, hiburan yang terbatas, dan orang-orang yang dihadapi yang cuma itu-itu saja ternyata justru bisa memunculkan konflik. Belum lagi, jika orang tua bekerja dari rumah namun harus mengurus si kecil yang juga diminta untuk belajar dari rumah. Jika tak pandai manajemen emosi dan tidak sabarann, bisa-bisa berujung dengan emosi yang meledak dan drama tak berkesudahan. Huft~

Advertisement

Melihat hal ini, Kak Seto ternyata memiliki saran bagi orang tua agar bisa menerapkan metode GEMBIRA selama berada di rumah. Nah, seperti apa caranya? Simak selengkapnya yuk!

Menghadapi anak perlu kesabaran yang ekstra dan kreativitas yang tinggi sehingga si kecil tak mudah merasa bosan

Belajar yang seru/ Credit: Science News via www.sciencenews.org

Dilansir dari CNN, Kak Seto meminta para orang tua untuk tetap menjaga eneregi positif selama berada di rumah. Ia juga mengatakan bahwa butuh kesabaran dan kreativitas dalam mengajari si kecil sesuatu. Kreativitas diperlukan agar anak tak mudah bosan dan lebih bersemangat. Mengajarinya warna dengan sulap sederhana atau pelajaran yang tergolong sulit dengan menggunakan lagu bisa diterapkan aar lebih mudah dimengerti. Hal ini juga dapat membantu agar terbangun suasana yang positif di dalam rumah.

Stres merupakan hal yang wajar terjadi, namun pengendalian diri wajib hukumnya untuk diusahakan bagi orang tua

Diajak ngobrol/ Credit: Greatoaks Recovery via greatoaksrecovery.com

Saking seringnya membuat hal menyebalkan, wajar jikak orang tua kadang jengkel dengan anak. Namun, berkata kasar justru akan menimbulkan sakit hati dan berdampak terhadap sisi psikologis anak sehingga sebisa mungkin orang tua diharapkan untuk mampu mengelola hal ini. Jangan sampai orang tua membanting pintu hingga menyebutkan koleksi kebun binatang saat emosi sedang menyerang.

Advertisement

Saat anak melakukan kreativitas seperti menyoret-coret tembok, alih-alih memarahinya, orang tua bisa memuji bahwa gambarnya bagus namun sebaiknya menggambar di kertas agar tembok tidak kotor. Hal ini tetap membuat si kecil percaya diri dan kreativitasnya tak akan pudar.

Metode GEMBIRA merupakan sebuah singkatan yang terdiri dari beberapa hal yang mesti dilaksanakan agar anggota keluarga bahagia

Kak Seto/ Credit: Tangerang Corner via tangerangcorner.com

GEMBIRA ternyata merupakan sebuah singkatan yang terdiri dari beberapa hal yang mesti dilaksanakan berikut,

Advertisement
  • Gerak: Melakukan olahraga di pagi hari
  • Emosi cerdas: Tidak boleh meledak-ledak saat marah
  • Makan dan minum sehat: Nutrisi yang sehat terbukti membuat emosi menjadi lebih baik
  • Beribadah dan berdoa: Hal ini juga dapat membuat mental lebih damai
  • Istirahat: Tidur selama 8 jam dan istirahat dari rasa dendam, benci, hingga iri hati
  • Rukun dan ramah: Minimal mengatakan I love you tiga kali sehari
  • Aktif: Selain itu, perlu juga ditumbuhkan rasa saling peduli

Jika semua hal ini dilakukan, hasilnnya diharapkan sama dengan nama metode ini; keluarga jadi gembira dan terhindar dari stres. Kak Seto juga mengatakan bahwa langkah tersebut bisa dilakukan dengan sederhana dan disiplin.

Walaupun hal tersebut mungkin sedikit sulit untuk dimulai, namun seiring berjalannya waktu jika dilakukan dengan disiplin maka metode ini akan menjadi  sebuah kebiasaan yang memiliki dampak positif bagi seluruh anggota keluarga seperti suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE