Ini 6 Profesi yang Bakal Diincar Gen Z di Masa Depan. Beragam, dari Youtuber Sampai Entrepreneur!

pekerjaan generasi Z

Jika zaman dulu saat ditanya apa cita-citamu lalu kamu bisa mengucapkan dengan mantap jawaban semacam “dokter” atau “pilot” mungkin kini jawaban-jawaban tersebut akan sedikit bergeser menjadi sesuatu yang berhubungan dengan teknologi. Apalagi jika si kecil sudah mulai terpapar gawai sedari dia masih kecil. Tokoh-tokoh yang berpengaruh bisa jadi orang-orang yang ia lihat di layar telepon pintarnya hingga suatu saat nanti ia ingin menjadi salah satunya.

Advertisement

Selain menjadi seseorang yang berada di depan layar, tetap ada juga beberapa pekerjaan di balik layar menggantikan beberapa pekerjaan yang mulai hilang karena teknologi. Kita simak yuk kira-kira pekerjaan populer seperti apa saat si kecil sudah dewasa beberapa tahun ke depan!

1. Video di internet kian mudah diakses banyak orang dan pendapatan dari sana terlihat menjanjikan sehingga youtuber bakal jadi profesi yang diminati

Jadi youtuber/ Credit: Los Angeles CBS Local via losangeles.cbslocal.com

Mungkin kamu seringkali tak sengaja melihat anakmu mulai menirukan gaya bicara youtuber yang sering ia lihat. Sebenarnya kamu tak perlu risau jika sudah yakin memberikan konten yang sesuai dengan umurnya, apalagi sekarang ada beragam jenis konten yang bisa kamu sesuaikan dengan minat dan kebutuhannya. Jika mendapatkan arahan yang baik, bukan tidak mungkin si kecil akan suatu saat nanti berganti di depan layar memberikan konten yang bermanfaat dan mendapat penghasilan yang tak sedikit dari sana.

2. Selain menjadi youtuber, mungkin banyak juga yang ingin menjadi selebritas online yang banyak di-endorse melalui media sosial seperti Instagram

Jadi Xabiru/ Credit: Grid ID via idea.grid.id

Instagram menjadi salah satu media sosial yang banyak digemari saat ini. Dari sana muncul pula model-model dengan berbagai karakter yang siap menjadi bintang iklan produk sesuai dengan pasar yang mereka miliki yaitu pengikut. Pendapatan yang bisa didapatkan dari media sosial ini terbilang cukup besar lo jika ditelateni. Makanya, hal ini dianggap menjadi hal yang menjanjikan bagi sebagian orang di masa depan.

3. Data scientist mungkin terdengar asing untuk beberapa orang, namun pekerjaan ini juga kian populer lo!

Data scientist/ Credit: CIO via www.cio.com

Kebiasaan unik dari pengguna teknologi bisa dilihat melalui sebuah database. Makanya, hal ini penting untuk diolah demi mengambil keputusan-keputusan mengenai apa yang akan dilakukan selanjutnya dalam sebuah perusahaan termasuk untuk mengikuti tren. Hal inilah yang membuat pekerjaan sebagai data scientist semakin diperlukan.

4. Social media specialist merupakan pekerjaan yang baru-baru ini muncul karena adanya pula tren penggunaan media sosial yang semakin meningkat

Bukan hanya hobi/ Credit: Kiss The Crown via ww1.kissthecrown.com

Jika sebelumnya hobi bermain media sosial hanya dianggap sebagai sesuatu yang membuang-buang waktu, kini hal ini ternyata bisa menjadi pekerjaan yang baru. Namun, menjadi social media specialist bukan hanya berarti mengunggah kiriman ya, melainkan juga melakukan analisis hingga mengatur strategi untuk membuat kampanye berhasil.

5. Perusahaan dengan basis teknologi akan semakin berkembang, untuk itulah akan banyak pula penemu start-up

Nadiem Makarim/ Credit: Asia Nikkei via asia.nikkei.com

Berangkat dari banyaknya peluang terkait hal-hal yang bisa didigitalisasi, perusahaan start up juga akan semakin banyak bermunculan, bisa jadi salah satu penemunya adalah anakmu nanti. Hal ini benar-benar bisa dilakukan dalam berbagai bidang tak hanya jual beli, tapi juga dari bidang pendidikan hingga pertanian.

Advertisement

6. Di masa depan, mungkin banyak pekerjaan manusia yang digantikan oleh robot atau AI (artificial intelligent), bisa jadi anakmu ingin jadi salah satu pakarnya

Robot buatan anak/ Credit: kurzweilai via www.kurzweilai.net

Di era revolusi industri, pekerjaan manusia diyakini akan digantikan oleh teknologi seperti robot. Sehingga alih-alih memiliki pekerjaan menjadi salah satu yang pekerjaannya digantikan robot, bisa jadi anakmu justru menjadi salah satu pencipta robot yang mampu melakukan beberapa pekerjaan manusia.

Hal-hal yang berhubungan dengan teknologi termasuk pekerjaan mungkin akan banyak berubah, ada yang ditinggalkan namun banyak pula yang baru. Makanya sebagai orang tua, ada baiknya kamu mengikuti apa kira-kira minat anak dan bagaimana prospek ke depannya karena pekerjaan ke depan tak melulu yang saklek.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE