Begini Tahapan Penglihatan Bayimu di Tahun Pertama Hidupnya, dari Buram Sampai Sempurna

perkembangan penglihatan bayi

Selama berada di dalam kandungan mungkin kamu bisa melihat perkembangan bayimu melalui USG. Setelah lahir di dunia, kamu sudah dapat melihat perkembangannya secara langsung di depan mata. Namun, ternyata ada beberapa perkembangan yang tak dapat dilihat dengan kasat mata. Salah satu contohnya adalah perkembangan dalam sistem penglihatannya. Walau ia tak langsung mampu melihat dengan jelas, penglihatan ini akan berubah dengan cepat sesuai dengan perkembangan yang terjadi pada otaknya.

Advertisement

Sebenarnya sebelum lahir ke dunia, janin sudah mulai mampu menerima sinar cahaya saat ia memasuki usia minggu ke-16 tapi masih tertutup hingga usia 26 minggu. Kita simak yuk bagaimana sebenarnya perkembangan sistem penglihatan bayi yang luar biasa ini!

1. Bulan pertama kelahiran bayi masih banyak sekali hal yang ia sesuaikan. Perkembangannya pun masih sangat terbatas

Lebih banyak merem/ Credit: New Born Baby via newbornbaby.com.au

Di bulan pertama, bayi akan lebih sering menutup matanya seperti tertidur sepanjang waktu. Saat terbuka pun, ia belum bisa mengikuti objek yang bergerak. Namun mereka biasanya sudah suka melihat wajah-wajah yang ada di sekitarnya. Jadi, pada masa ini kamu bisa memberikan waktu yang cukup untuk sekadar saling berdekatan dengannya.

2. Jika di usia 1 bulan bayi baru mampu dan dan senang melihat wajah saja, di umur 2 sampai 3 bulan, bayi sudah mulai mampu mengenali wajah

Sudah mulai jelas/ Credit: Mayo Photographer via mayophotographer.ie

Pada masa ini bayi sudah mulai mengenali wajah dan jika beruntung, ia akan memberikanmu senyum. Tapi, penglihatan mereka masih sedikit buram. Bayi yang lahir prematur biasanya akan mengambil waktu yang lebih lama untuk fokus ke sebuah wajah. Tapi mereka akan segera bisa melakukannya juga kok. Walaupun para ahli belum begitu yakin berapa lama waktu yang akan diambil untuk mengenali warna, di usia ini bayi sudah mampu mengenali perbedaannya lo.

Advertisement

3. Bayi berusia 3 sampai 4 bulan sudah mulai bisa melihat benda dengan jarak yang lebih jauh. Ia juga bisa mengikuti benda yang bergerak

Hmm, dia memicing/ Credit: Mama Natural via www.mamanatural.com

Si kecil sudah mulai bisa melihatmu memasuki ruangan saat ia sedang berbaring di kasurnya. Hal ini karena ia sudah mampu melihat objek yang berada di beberapa kaki di depannya. Saat usianya 4 bulan, ia sudah mulai mampu mengikuti pergerakan benda yang bergerak dengan matanya. Kabar yang paling menggembirakan adalah bahwa di usia ini mata milik bayimu sudah mulai bekerja bersama-sama sehingga ia mampu melihat wajahmu dengan lebih jelas. Karena perkembangannya sudah penuh, maka ia juga sudah mampu membedakan warna dengan jelas terutama warna merah dan hijau.

4. Di usia yang menginjak satu tahun, penglihatan bayimu sudah persis seperti penglihatan yang juga kamu miliki

Sudah sangat jelas/ Credit: Baby Sleep Made Simple via www.babysleepmadesimple.com

Di usia ini bayimu sudah mampu melihat berbagai hal dengan sangat jelas, sudah mampu membedakan berbagai warna yang ada di sekitarnya, dan sudah dengan jelas melihat cahaya lilin dari kue ulang tahunnya yang baru ia rayakan pertama kali.

Walaupun penglihatannya akan berkembang secara natural, kamu tetap bisa membantunya untuk meningkatkan kemampuan dalam melihat dengan cara perbanyak waktu untuk mengobrol dengannya terutama saat menyusui karena waktu inilah kalian dalam posisi yang dekat. Kamu juga bisa menggantung benda bergerak untuk menstimulasinya. Ia juga senang melihat wajahnya di kaca yang bergerak sehingga kamu bisa menaruhnya. Terakhir kamu juga bisa mengajaknya pergi jalan-jalan agar semakin banyak hal yang ia lihat.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE