8 Rekomendasi Sabun Bayi Baru Lahir dan Sensitif. Jangan Sembarangan Agar Kulitnya Nggak Iritasi

sabun bayi sensitif

Kulit bayi baru lahir sangatlah halus dan sensitif. Oleh karena itu, penting untuk para orang tua memilih produk perawatan kulit khusus bayi yang kulitnya 30 persen lebih tipis dari orang dewasa dengan ekstra teliti dan hati-hati. Pasalnya, kalau sampai salah pilih bisa berujung pada iritasi kulit. Orang dewasa saja kalau kulit iritasi pasti sangat nggak nyaman, apalagi buat si kecil yang belum bisa bicara. Jadi ekstra gampang rewel dan nangis 🙁

Makin ribet lagi kalau kulit si bayi sensitif, sehingga sabun bayi biasa yang beredar di pasaran bisa jadi kurang cocok di kulitnya. Oleh karena itu, jika setelah menggunakan produk kulit tertentu dan ternyata si kecil menunjukkan rasa tak nyaman, kulit memerah dan jadi ruam-ruam, selain konsultasi ke dokter, Moms mulai perlu lebih cermat memilih produk yang khusus diformulasi untuk kulit sensitif. Nah, untuk Moms yang butuh rekomendasi sabun bayi kulit sensitif, kali ini Hipwee Young Mom sudah merangkum 8 produk yang bisa jadi pertimbangan. Simak baik-baik, yuk!

1. Produk pertama ada PUREBB Liquid Soap. Bisa digunakan untuk penyembuhan dan perawatan kulit bayi yang sensitif, iritasi atau mengalami gangguan kulit

PUREBB Liquid Soap | dok. PUREBB

Kalau Moms butuh sabun untuk perawatan atau bahkan penyembuhan bagi kulit bayi yang terkena iritasi, kulit kering, biang keringat, alergi, eksim, gatal-gatal atau gangguan kulit lainnya, PUREBB Liquid Soap ini bisa jadi pilihan. Sabun cair satu ini juga cocok digunakan untuk kulit bayi sensitif hingga atopik, berkat empat kandungan utamanya yaitu Oat Kernel, Ekstrak Chamomile, Panthenol, dan Allantoin.

Kandungan Oat Kernel dalam PUREBB Liquid Soap berperan menyejukkan serta menenangkan kulit dari rasa gatal dan perih, sementara Allantoin berfungsi mengatasi kemerahan akibat iritasi. Adapun, Ekstrak Chamomile merupakan salah satu kandungan yang sering direkomendasikan untuk perawatan penyakit kulit seperti inflamasi, luka dan gatal pada kulit dan Panthenol mampu melembabkan kulit dan menstimulasi regenerasi sel kulit. Komplit, ya?

Nah, PUREBB Liquid Soap ini juga cocok dan aman digunakan pada newborn, bayi lahir prematur, kulit sensitive dan si kecil yang sedang mengalami masalah kulit, karena tidak mengandung deterjen SLS (Sodium Lauryl Sulfate) yang mudah masuk kedalam jaringan kulit, mengikis kelembapan alami kulit, menjadikan kulit kering dan memicu timbulnya iritasi atau kemerahan.

SLS ini punya banyak nama lain Moms, di antaranya Sodium Lauryl Ether Sulfate, Sodium Myreth Sulfate, Sodium Dedocyl Sulfate, Sodium Salt Sulfuric Acid, Anionik Surfakna, dan masih banyak nama lainnya. 

PUREBB Liquid Soap ini juga mengusung formula Low Hazard active ingredients, sebuah konsep internasional terbaru untuk produk bayi di produksi menggunakan bahan yang safety (green index). Selain itu, PUREBB Liquid Soap sudah teruji Dermatologycally Tested dan di produksi di perusahaan farmasi dengan standar GMP (Good Manufacturing Practice) sehingga lebih terjamin. 

PUREBB Liquid Soap juga mengandung Pro Vit B5 untuk kelembaban kulit, lembut di mata, natural fragrance dan mengusung pH 5.5 yakni kadar keasaman kulit bayi. Selain itu, sabun yang bisa di pakai di seluruh tubuh termasuk wajah dan juga kepala ini tidak mengandung pengawet (bebas paraben) dan non-alkohol agar terhindari dari iritasi. 

Nah, dengan kata lain, mandi menggunakan PUREBB Liquid Soap bukan hanya membersihkan, tetapi juga merawat kulit dari iritasi dan gangguan kulit lainnya. Untuk harga, PUREBB Liquid Soap ini bisa Moms dapatkan mulai dari Rp41.000 untuk ukuran 80ml dan ada juga yang ukuran 230ml. Kalau berminat, pembelian bisa dilakukan di sini, ya.

2. Selanjutnya dari Cetaphil. Produk ini bisa digunakan untuk rambut sampai badan

Credit: genkigarden via www.genkigarden.com

Sabun mandi berbentul gel dan minim busa ini pas buat kulit si kecil yang masih sangat sensitif karena bebas bahan-bahan yang harsh untuk kulit si kecil, seperti Sodium Lauryl Sulfate (SLS). Wanginya pun lembut dan sabun ini nggak membuat kulit jadi kering dan aman karena tidak pedih di mata.

Harga produk satu ini bervariasi, mulai dari Rp129.900,00 untuk ukuran 230 ml. Kamu bisa cek dan dapatkan produknya di sini ya.

3. Berikutnya ada sabun dari Bud’s Organic, Bud’s Super Soothing Hydrating Cleanser yang aman bahkan untuk kondisi eksim sekalipun

Credit: happyfresh via m.happyfresh.my

Sabun ini terbuat dari bahan alami dan organik. Adapun kandungannya yaitu hydrating fructan, mild sugar dan asam amino yang dapat membantu mengurasi rasa gatal akibat eksim. Produk ini juga mengandung aloe vera dan prebiotic serta bebas pewangi sintetis sehingga aman untuk bayi baru lahir.

Harga produk ini bervariasi mulai dari Rp289.900,00 untuk ukuran 225 ml. Moms bisa cek dan dapatkan produknya di sini ya.

4. Cusson’s Baby punya produk premium yang dikhususkan untuk kulit bayi yang super sensitif. Bahkan bisa digunakan juga oleh orang dewasa yang kulitnya mudah iritasi

Credit: Nakita via nakita.grid.id

Sabun mandi ini ekstra lembut dan kaya kandungan pelembab sehingga pas untuk kulit si kecil baru lahir. Bahan utamanya adalah organic oats, minyak zaitun dan ceramide dengan pH seimbang dan aman untuk kulit sensitif si kecil.

Harga produk ini bervariasi mulai dari Rp14o.000,00 untuk ukuran 200 ml. Moms bisa cek dan dapatkan produknya di sini ya.

5. Nah, kalau ini kamu mungkin sudah sering lihat karena banyak tersedia di supermarket maupun toko produk bayi. Lebih terjangkau dan tetap lembut untuk si kecil

Credit: Shopee via shopee.co.id

Mengandung minyak zaitun, chamomile dan air murni sebagai kandungan utama, produk ini memberikan rasa nyaman dan aman bagi kulit bayi baru lahir. Selain itu, wanginya juga sangat lembut.

Harga produk ini bervariasi mulai dari Rp23.000,00 untuk ukuran 200 ml. Moms bisa cek dan dapatkan produknya di sini ya.

6. Johnson’s juga punya produk perawatan kulit bayi khusus bayi baru lahir. Formulanya ekstra lembut  dan wanginya kalem menenangkan

Credit: Shopee via shopee.co.id

Bisa digunakan untuk bayi baru lahir, produk ini diklaim pH balanced, aman untuk kulit sensitif dan tak mengandung pewarna sintetis. Selain itu, Johnson’s Cotton Touch ini mengandung 100% kapas alami yang sangat lembut untuk membersihkan kulit bayi.

Harga produk ini bervariasi mulai dari Rp23.000,00 untuk ukuran 200 ml. Moms bisa cek dan dapatkan produknya di sini ya.

7. Ada juga nih Pigeon Baby Soap Vernix yang kandungannya unik banget. Pas buat melembapkan kulit bayi baru lahir

Credit: Tokopedia via www.tokopedia.com

Berbeda dari jenis Pigeon yang diproduksi reguler di Indonesia, Pigeons Japan Baby Soap Vernix ini mengandung bahan istimewa yaitu vernix dan ceramide. Dua bahan ini diketahui melindungi kulit bayi baru lahir secara alami.

Dikutip dari laman Kumparan, vernix merupakan lapisan pelindung alami yang berupa zat putih berminyak, sedangkan ceramide adalah lemak yang mengisi celah di antara lapisan kulit.

Nah, kedua komponen ini bertugas untuk memberikan perlindungan bagi kulit bayi yang masih sensitif dengan melembapkan dan menjaga kelembapannya. Japan Vernix Skincare dari Pigeon ini juga tidak mengandung alkohol (ethanol), pewarna, maupun pewangi.

Harga bervariasi mulai dari Rp277.000,00 untuk ukuran 500 ml. Moms bisa cek dan dapatkan produknya di sini ya.

8. Terakhir, ada Mustela Gentle Cleansing Gel yang aman digunakan untuk bayi baru lahir karena formulanya lembut dan bebas bahan berbahaya

Carousell SG via sg.carousell.com

Kandungan bebas sabun dan tambahan ekstrak dari alpukat dalam produk ini membantu mencegah kulit bayi jadi kering dan sensitif. Produk berbentuk gel ini ultra-gentle untuk kepala dan tubuh bayi baru lahir sekalipun.

Harga bervariasi mulai dari Rp405.000,00 untuk ukuran 500 ml. Moms bisa cek dan dapatkan produknya di sini ya.

Kondisi kulit tiap bayi itu berbeda, jadi kalau si kecil memang tak bisa menggunakan sabun mandi reguler seperti yang biasa digunakan bayi lainnya, nggak perlu dipaksakan ya Moms. Selain itu, kulit bayi yang masih sangat lembut pun sebenarnya nggak butuh busa melimpah seperti orang dewasa. Cukup gunakan sedikit saja dan basuh dengan hati-hati agar kelembapan kulitnya senantiasa terjaga, dan jangan lupa gunakan pelembap agar kulit bayi tetap terjaga kelembapannya. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Moms 🙂

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An independent woman, loving mom and devoted wife.

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.