6 Alasan Kenapa Moms Tetap Bisa Hamil Meski Hasil Test Pack Negatif. Simak Bareng Suami, Ya!

testpack negatif tapi hamil

Jika telat menstruasi selama berhari-hari dan memiliki tanda-tanda seperti mual, mungkin kamu akan berpikiran bahwa kamu sedang hamil. Apalai jika kamu dan pasangan memang sedang mengharapkan hal tersebut terjadi. Tapi, mungkin hal yang membuatmu senyum-senyum sendiri ini harus kamu tepis karena setelah mengecek kebenarannya melalui testpack, alih-alih melihat garis dua, ternyata hanya garis satu yang tertera.

Advertisement

Hasil testpack negatif tersebut bisa jadi membuatmu pesimis. Tapi kalau kamu memang sudah merasakan tanda-tanda kehamilan, ada baiknya kamu tak mempercayainya begitu saja karena ternyata di beberapa kasus, ada kemungkinan kamu tetap hamil walau hasil test pack negatif. Ada beberapa alasan hal ini terjadi. Kita simak yuk apa saja!

1. Hasil negatif palsu ini bisa jadi terjadi karena Moms mengetes kehamilan dengan test pack terlalu dini. Gini maksudnya!

Kecepetan/ Credit: Shutterstock via kumparan.com

Saat Moms melakukan tes kehamilan terlalu dini dengan test pack, ada kemungkinan hormon hCG yaitu hormon yang diproduksi plasenta belum muncul di urinmu. Kemunculan hCG ini biasanya berbeda-beda di setiap wanita, jadi Moms tidak bisa membandingkannya dengan orang lain. Jika kamu merasa memang terlalu cepat melakukan tes, Moms bisa mengulanginya melakukan pengecekan lagi.

2. Ternyata hormon hCG juga bisa berkurang lo, salah satu alasannya karena Moms terlalu banyak minum air putih

Terlalu banyak minum/ Credit: Elle via www.elle.de

Terlalu banyak air putih yang dikonsumsi ternyata bisa mengencerkan hormon hCG yang sudah terbentuk lo. Sehingga saat melakukan pengetesan, bisa jadi kasusnya sama dengan penyebab sebelumnya yaitu hasil negatif yang palsu. Untuk mengurangi terjadinya risiko ini, kamu bisa melakukan tes saat bangun tidur sebelum mengonsumsi apapun.

Advertisement

3. Peralatan yang digunakan untuk tes juga mempengaruhi hasilnya, bisa jadi Moms akan memiliki hasil tes yang negatif jika test pack tersebut kurang sensitif

kurang sensitif via www.freepik.com

Ternyata alat tes yang beredar di pasaran memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Ada yang bisa mendeteksi kehamilan walau urin Moms masih memiliki kandungan hCG yang rendah, namun ada juga yang harus memiliki kandungan hCG yang tinggi supaya bisa ketahuan. Moms bisa banyak mencari referensi alat ini demi mendapatkan hasil yang akurat. Hasil yang kurang akurat juga bisa disebabkan oleh tanggal kedaluwarsa yang mungkin sudah terlewat. Jadi, Moms juga perlu mengecek hal yang satu ini.

4. Moms juga perlu memperhatikan penyimpanan test pack, ya. Jika terlalu lama terbuka maka akan mempengaruhi hasilnya

penyimpanan via www.freepik.com

Testpack yang sudah lama terbuka dan tak kunjung digunakan akan sangat mungkin terkontaminasi dengan berbagai zat yang di sekitar sehingga hal ini juga bisa mempengaruhi hasil dari tes kehamilanmu. Jadi, perlu diperhatikan bahwa kamu bisa membukanya setelah yakin akan segera menggunakannya dan saat semua barang yang kamu butuhkan sudah tersedia.

5. Alat test pack membutuhkan beberapa waktu untuk menunjukkan hasil yang sebenarnya, sehingga bisa jadi Moms salah kira

salah kira via www.freepik.com

Kamu perlu membaca teks atau tanda pada kemasan perihal waktu yang dibutuhkan untuk alat tersebut menunjukkan hasil. Biasanya alat ini tidak begitu saja menunjukkan hasil, tapi memerlukan waktu yang cukup. Jadi ada baiknya kamu tidak terburu-buru dan langsung menyimpulkan sesuatu sebelum hasilnya benar-benar keluar.

Advertisement

6. Ada juga beberapa wanita yang memang memiliki kadar hCG yang rendah. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal

bisa saja berubah via www.freepik.com

Hormon hCG yang rendah disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat seperti makanan yang asal-asalan dan jarang olah raga, makanya Moms bisa memulai gaya hidup sehat agar hal ini tidak terjadi. Selain itu, ternyata hormon hCG juga bisa disebabkan kehamilan ektopik yang terjadi.

Nah, jadi walaupun hasil testpack negatif, jika kamu merasa ada tanda-tanda kehamilan terjadi pada dirimu maka sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter agar mendapatkan hasil yang benar-benar akurat.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE