Apa yang ada di benakmu ketika kamu mendengar kata pemilu? Ada yang sudah siap-siap berkampanye untuk calon pejabat favoritnya tapi banyak juga yang sama sekali tidak peduli. Terutama generasi muda yang lagi sibuk belajar atau meniti karier dan lebih peduli pada tren musik atau fashion terbaru. Meski jadi tumpuan masa depan bangsa, mirisnya justru makin banyak anak muda yang memilih tidak menggunakan hak suaranya dalam pemilu. Entah karena mereka memang tidak peduli, atau sebagai tanda protes karena kandidatnya korup semua.

Masalah itu nggak cuma terjadi di Indonesia lho, anak muda tidak tertarik politik itu sudah jadi tren global. Berbagai cara sudah diupayakan untuk menarik minat anak muda terhadap politik, tapi sepertinya belum ada yang bisa berhasil.

Nah ini ada gebrakan baru dari Korea Selatan nih! Setelah presidennya lengser akibat skandal dukun dan korupsi, Negeri Gingseng ini mengadakan pemilu Presiden kemarin (9/5). Moon Jae In dari Democratic Party of Korea berhasil menang dan terpilih jadi Presiden Korea Selatan yang baru. Hasilnya memang penting sih, tapi yang lebih menarik adalah cara sebuah stasiun TV membungkus acara berita politik selama masa pemilu ini.

Berbagai kampanye kreatif biar bisa menarik perhatian banyak orang, terutama anak muda via washingtonpost.com

Biar tidak boring dan menarik bagi generasi muda, pengumuman polling kandidat presiden dibuat jadi animasi dengan tema serial populer Game of Throne. CGI-nya nggak kalah loh sama film animasi yang diputar di bioskop! Lihat deh ulasan Hipwee News & Feature ini!

SBS, salah satu stasiun tv nasional di Korea Selatan membuat liputan pemilu kali ini sangat menarik. Pengumuman hasil polling dibuat seperti film pendek dengan CGI yang keren abis

Advertisement

Dari video berdurasi 1:37 menit itu, kita bisa melihat bagaimana pertarungan beberapa paslon dalam pemungutan suara. Yang lebih menarik adalah tema dan visualisasi yang digunakan cukup menggemaskan. Tiap kandidat digambarkan sebagai tokoh-tokoh petarung semacam karakter dalam Game of Throne. Orang yang melihat tentu terhibur dan akan lebih mudah untuk memahaminya. Menarik banget ya!

Coba bandingkan exit poll atau quick count yang ada di negara lain. Jadi terlihat sedikit membosankan untuk dilihat, kan?

Biasanya visualisasi berita polling ya cuma begitu via quickcount.tempo.co

Politik jadi isu yang dihindari oleh banyak orang dengan berbagai alasan. Dari yang miris melihat negerinya ‘dipegang’ oleh koruptor dan orang tidak bertanggung jawab, sampai malas melihat pendukungnya debat kusir di media sosial. Ya isu serius yang bikin pusing sendiri ini biasanya juga dilaporkan dalam acara berita dengan format yang membosankan. Wajar sih kalau akhirnya generasi muda jadi ‘jauh’ dan tidak teredukasi tentang politik.

Nah animasi pendek stasiun tv SBS di Korea Selatan ini, merupakan alternatif solusi yang cukup revolusioner. Ada juga sih orang yang beranggapan bahwa versi animasi ini sepertinya terlalu childish untuk liputan serius seperti politik. Tapi asalkan pesan dan informasinya tersampaikan, sebenarnya ya sah-sah saja ‘kan?!

Ide ini bisa jadi inspirasi buat menjembatani politik dan anak muda. Image politik yang kotor, korup, dan tak bisa disentuh, harus dinetralisir

Politik itu punya semua! via www.suaradewan.com

Selama ini, politik itu tampaknya memang dipandang sebagai ranah eksklusif milik orang yang punya kuasa dan duit saja. Meski punya hak pilih dan suara, rakyat biasa saja seperti kita tampaknya tidak bisa membuat perubahan. Akhirnya banyak yang jadi apatis dan menyerah pada proses politik. Terutama anak-anak muda yang masih penuh idealisme. Alhasil yang bisa naik ke panggung politik hanyalah mereka yang punya koneksi atau uang, bukan kemampuan. Karena proses kaderisasi politik generasi mudanya tidak jalan.

Makanya penting untuk bisa segera menjembatani kesenjangan antara anak muda dan politik ini. Ya cara inovatif macam video animasi ini bisa jadi inspirasi. Kalau penggambaran politik bisa semenarik ini, kayaknya bukan anak muda aja deh yang tertarik. Anak kecil juga bisa ikutan nimbrung nonton…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya