Dibanding telepon atau bicara langsung dengan orang lain, mungkin kamu jauh lebih memilih kirim SMS atau pesan chat. Lewat ini, kita punya waktu untuk memikirkan jawaban. Ekspresi-ekspresi kita juga nggak akan ketahuan sama lawan bicara. Lagi kesel, sebel, semuanya bisa disamarkan.

Tapi meskipun begitu, nggak jarang juga sih pesan teks ini bikin baper ampun-ampunan.

Dari baper kesenengan, sebel, sampai takut… pernah nggak sih kamu dapat SMS/chat yang bikin kamu seketika merenung? Misalnya nih, salah satu dari SMS/chat di bawah ini…

1. SMS yang pasti bikin kamu baper kesenangan: “Mbak/Mas, boleh minta nomor rekeningnya?”

Ditanya nomor rekening, pasti dong bikin bahagia. Itu tandanya sebentar lagi kamu akan dapat rezeki. Maka buru-buru kamu segera membalas SMS-nya. Kalau kamu nggak hafal nomor rekeningmu pun, kamu tetap bakal membalasnya. “Bentar ya, aku cari dulu!” paling tidak begitu.

Beda kalau pacarmu SMS nanya lagi di mana.

Advertisement

Tapi, bapernya beda kalau kamu transferannya gak masuk-masuk juga. Padahal, kamu sudah kasih nomor rekening dari kapan tau. Ah, PHP bukan hanya soal cinta, gaes.

2. “Sudah ditransfer ya!” -Dari siapapun

Akhirnya, setelah menunggu dengan harap-harap cemas, SMS/chat ini masuk juga. Mungkin inilah SMS yang paling bikin happy sedunia. Lebih bikin happy dari pada SMS/Chat berbunyi ‘Aku cinta kamu’ atau ‘Aku kangen kamu”.

Apalagi kalau menjelang akhir bulan di mana kamu sedang harap-harap cemas memikirkan menu makan esok hari. Mendapatkan SMS/chat ini akan seketika membuat duniamu mendadak cerah.

3. “Apa kabar?” – dari mantan

Ada kalanya di salah satu hari-harimu yang tenang, matahari bersinar seperti biasa, menu makananmu pun biasa saja, pekerjaanmu masih sama, pokoknya kamu merasa hari itu semuanya akan berjalan seperti biasa. Lalu, sebuah pesan masuk di ponselmu, dan seketika mengubah segalanya.

Pertanyaan ‘Hey, apa kabar?’ hanyalah pertanyaan basa-basi dan malas kamu tanggapin. Kecuali… kalau itu berasal dari mantan pacarmu. Efeknya : kamu galau seharian.

4. “Nanti pulang bisa ketemu? Ada yang mau aku tanyain.” – Dari gebetan

Semua SMS/chat dari gebetan memang punya efek yang nggak biasa sih. Tapi kalau SMS/chat yang sok misterius dan serius seperti itu, mau nggak mau kamu jadi berpikir ke mana-mana.

Jangan-jangan dia mau nembak. Aaaaakkkkk!

Apalagi kalau pas kamu tanya soal apa, jawabannya “Nanti aja deh. Hehe”

Fix, dia mau nembak!

5. “Kita harus bicara, deh.” -Dari pacar

Isi pesan yang satu ini horornya ngalahin film Insidious. Jelas pacarmu nggak lagi kesurupan, atau lagi asyik main sama teman imajinernya. Pacarmu ingin membicarakan sesuatu yang serius! Lalu kamu pun akan termenung di sambil memandangi layar ponselmu.

Aku salah apa? Dia mau ngomong apa? Jangan-jangan dia mau minta putus? Apa dia lihat kemarin aku jalan sama….Astaga! Jangan-jangan dia hamil?!

6. “Hari ini saya nggak ke kampus. Kita bimbingan minggu depan.” – dari dosbing

Oke, nggak cuma pacar atau gebetan yang bisa bikin baper seharian. Dosen pembimbing juga. Orang yang satu ini memang jago membuat hari-harimu berwarna, meski kebanyakan sih warna-warna gelap.

Mereka nggak tahu kalau kamu sudah menyiapkan bahan bimbingan setengah mati, dan menghabiskan waktu setengah jam untuk menulis SMS yang sopan.

Dan mereka juga nggak tahu kalau balasan SMS-nya bikin patah hati… 🙁

7. “Kak, kamu kapan pulang?” – Dari Mama

Kalau kamu anak rantau, SMS dari mama yang satu ini jelas bikin baper. Apalagi kalau kamu memang udah lama nggak pulang karena satu dan lain hal.

Kapan kamu mau pulang?

Maunya sekaraaaang

Kamu nggak kangen sama Mama?

Ya kangen, tapi gimana~

Tadinya udah pengen pulang, sekarang tambah pengen. Oke. *Singsingkan lengan baju* *Kerja biar bisa beli tiket*

8. “Gpp :)” – Dari siapapun

Kata gpp yang diikuti dengan emot smile ini memang punya seribu makna. Mendapatkannya akan membuatmu segera merenungkan semuanya. Kamu akan mulai memikirkan kesalahan yang mungkin kamu perbuat di chat sebelum-sebelumnya atau kesalahanmu di masa lalu. Kalau pesan itu dari pacarmu, itu lebih gawat lagi. Seribu makna yang terkandung di akronim ‘gpp’ itu membuatmu nggak bisa menduga-duga maknanya positif atau negatif. Bersabarlah kalau kamu sering mendapatkan pesan seperti ini.

9. “Selamat ya! Kamu diterima bla bla. Silakan cek email, ditunggu konfirmasinya”

Soal pekerjaan juga bisa bikin baper. SMS dari perusahaan tempatmu interview sebulan yang lalu tiba-tiba muncul, saat kamu sebenarnya sudah nggak berharap banyak. Senang? Jelas! Galau? Bisa jadi. Apalagi kalau kamu sebenarnya pengin banget kerja di sana, tapi karena informasinya terlambat, kamu terlanjur menerima kantor lain yang memberikan offer terlebih dahulu. Galau-galau deh seharian.

10. “Terima kasih kritik dan sarannya. Kami tampung dulu ya Kak 🙂 ” Jawaban standard saat kamu udah marah-marah panjaaaang~

SMS serupa yang nggak kalah bikin baper adalah saat kamu sudah protes habis-habisan, dan CS hanya menjawab: “Akan kami follow up ke bagian terkait. Mohon maaf atas ketidaknyamannya.”. Hingga berhari-hari kemudian, belum ada follow up lebih lanjut dari bagian terkait. Argh!

11. SMS Operator yang bikin patah hati saat kamu sedang cemas menunggu SMS penting

SMS dari operator ini memang lebih rutin daripada SMS dari pacar. Coba cek HP-mu, minimal sehari sekali pasti ada SMS promo dari operator yang isinya entah itu promo, pemberitahuan soal sisa kuota, sampai ucapan terima kasih atas kesetiaan menggunakan provider yang sama.

Walau cukup mengganggu, sebenarnya SMS-SMS ini masih bisa ditolerir sih. Asalkan nggak muncul di saat-saat genting, seperti misalnya kamu sedang nunggu SMS balesan dari gebetan soal ajakan nonton. Udah senang maksimal waktu ada notifikasi SMS, eh ternyata dari operator. Patah hatinya itu tuh!

Itu dia beberapa SMS/Chat yang efeknya luar biasa. Ada lagi nggak SMS/Chat yang seketika mengubah suasana dan bikin kamu baper maksimal?