Siapa yang menolak kelezatan dari buah pisang? Aslinya saja sudah enak dan mengenyangkan, gimana kalau diolah bersama bahan-bahan lain ya?

Supaya kamu semakin semangat dan perut nggak laperan, camilan dari pisang memang yang paling cocok deh. Udah enak, praktis, murah, bikin kenyang lagi.

Biar kamu nggak bingung cari resepnya di mana, tengok aja yuk 7 resep olahan pisang yang sudah Hipwee kumpulkan di bawah!

1. Gak perlu yang ribet-ribet, karena dengan pisang goreng aja perutmu bisa kenyang

pisang goreng

pisang goreng via santeaja.com

Kalau udah menyangkut pisang, olahan yang pertama kali muncul di kepala pastilah pisang goreng. Camilan satu ini memang mudah banget disiapkan, jadi kamu nggak perlu menghabiskan waktu banyak untuk memasaknya.

Advertisement

Bahan-bahan:

  • Pisang raja yang matang dan tua ½ sisir.
  • Tepung beras 100 gr.
  • Tepung terigu 200 gr.
  • Gula pasir halus 100 gr.
  • Telur ayam 2 butir.
  • Air matang 100 cc atau secukupnya.
  • Garam secukupnya.
  • Minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Pisang dikupas, lalu dipotong kecil-kecil, dan sisihkan.
  2. Telur dikocok dan campurkan dengan gula pasir hingga merata.
  3. Masukkan kedua tepung dan tambahkan garam, lalu diaduk hingga merata. Tuangkan air sedkit demi sedikit sambil adonannya diaduk-aduk sampai tercampur rata dna mengental. Tambahkan pisang dan vanili, lalu diaduk rata kembali.
  4. Panaskan minyak lalu ambil satu sendok sayur adonan dan goreng hingga berwarna kuning kecoklatan.
  5. Kemudian angkat dan tiriskan. Kamu dapat menghidangkannya selagi panas atau hangat.

Resep ini diambil dari Baca Resep Dulu.

Nah, mudah banget kan membat pisang goreng? Daripada saat bekerja atau kuliah kamu kelaparan dan jadi nggak konsen, lebih baik sempatkan sebelum pergi untuk membuat psiang goreng dulu. Nggak akan menyita waktumu kok.

2. Biar pisang gorengmu ada variasinya, buat saja pisang goreng coklat (piscok) sebagai camilan saat beraktivitas.

piscok

piscok via www.siresep.com

Buat kamu yang udah keseringan membuat pisang goreng dan ingin ada variasi lainnya, kenapa nggak mencoba pisang goreng coklat (piscok)? Dengan rasanya yang lebih enak dan kriuk-kriuk nih, dijamin kamu jadi semakin bersemangat menjalani aktivitas seharian deh.

Bahan-bahan:

  • 16 buah kulit lumpia.
  • 8 buah pisang.
  • Meses secukupnya.
  • Susu kental manis secukupnya.
  • Minyak untuk menggoreng.

Cara Membuat:

  1. Belah pisang memanjang menjadi 2. Lalu letakkan 1 belahan di atas kulit lumpia dan diujung kulitnya.
  2. Taburi meses dan tuangkan sedikit susu kental manis di atasnya.
  3. Setelahnya, kamu dapat gulung olahan tersebut secara perlahan dan goreng dengan posisi gulungan yang terbuka di bawah.
  4. Setelahnya angkat dan tiriskan. Piscok buatnmu siap dinikmati deh.

Resep ini diambil dari Cookpad.

Piscok itu salah satu cemilan andalan yang udah menemani kamu di manapun lho. Biar variasi olahan pisang gorengmu nggak itu-itu aja, coba deh piscok dari sekarang. ;D

3. Roti bakar gak selalu isi meses aja. Bisa juga ditambahkan pisang supaya semakin enak.

roti bakar pisang keju

roti bakar pisang keju via www.resepbuntik.com

Ingin variasi pisang yang lainnya? Kamu bisa membuat roti bakar pisang meses lho. Biar perutmu semakin kenyang dan bisa mengganti sarapanmu di pagi hari lho.

Bahan-bahan:

  • 4 buah roti tawar, sesuai selera.
  • 1 buah pisang raja matang, dikupas dan diiris tipis.
  • Keju parut, secukupnya.
  • 1 sachet susu kental manis.
  • Meses sekucupnya.
  • Margarin, secukupnya.

Cara Membuat:

  1. Pertama-tama kamu bisa oleskan roti dengan margarin, lalu bakar samapi warna kecoklatan. Kemudian oles lagi dengan margarin namun sedikit saja.
  2. Taburi roti yang udah dibakar tadi dengan meses secukupnya dan merata.
  3. Pisang yang udah disiapkan potong-potong tipis dan letakkan ke dalam roti. Tutp dengan roti satunya dan bakar sebentar, lalu diangkat.
  4. Kalau udah, taburi roti dengan keju parut dan siap disajikan.

Resep ini diambil dari Resep Buntik.

Kalau isi roti udah banyak kayak gitu, siapa yang berani menolak rasa kenyang dan lezatnya saat sarapan? Biar sarapanmu berbeda dan ada pilihan lainnya, memang nggak salah memilih roti bakar pisang meses sebagai menu sarapan.

4. Kalau tadi kejunya diparut, coba dengan keju yang dipotong dadu yuk. Dengan bahan utamanya, roti dan pisang.

roti pisang keju

roti pisang keju via naturalbreadhouse.co.id

Yang ingin ada rasa gurihnya lebih banyak dibanding manisnya, kamu bisa menikmati roti pisang keju nih. Asalkan keju parutnya jangan diparut tipis-tipis, tapi dipotong kecil-kecil. Biar rasa gurihnya lebih terasa dibanding manisnya.

Bahan-bahan:

  • Pisang raja tua ½ sisir, nggak lembek.
  • Tepung terigu 750 gr.
  • Susu bubuk 50 gr.
  • Gula pasir 100 gr.
  • Ragi instan 1 bungkus (11 gr).
  • Garam halus ½ sdt.
  • Telur 2 butir.
  • Air hangat 250 cc.
  • Mentega 50 gr.
  • Keju parut 100 gr.
  • Susu cair 50 cc.
  • Kuning telur 1, dikocok

Cara Membuat:

  1. Campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, ragi instan, dan garam. Lalu aduk hingga merata dan masukkan telur. Kemudian aduk, tuangi dengan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga air habis.
  2. Tambahkan margarin, uleni lagi hingga adonan bisa dibentuk dan nggak lengket di tangan. Bulatkan adonan dan diamkan selama 45 menit sampai mengembang.
  3. Adonan dikempiskan lalu bagi menjadi adonan yang beratnya 100 gr. Setiap adonannya dibentuk bulat lagi dan diamkan lagi selama 25 menit.
  4. Pipihkan setiap adonan, kemudian isi dengan sepotong pisang dan taburi bersama keju parut yang di potong kecil-kecil, lalu tutup dan bentuk sesuai selera.
  5. Kamu harus pastikan isi roti ada di tengah-tengah. Letakkan adonan tersebut di atas loyang yang udah diolesi dengan margarin dan diamkan biarkan lagi selama 30 menit.
  6. Sambil menunggu, kamu dapat mengocok kuning telur dan campurkan dengan susu cair, aduk hingga rata lalu sisihkan.
  7. Olesi permukaan adonan dengan campuran kuning telur, lalu panggang di dalam oven yang telah dipanaskan hingga matang.
  8. Hidangkan roti selagi hangat atau panas. Roti pisang keju buatanmu siap disajikan deh.

Resep ini diambil dari Baca Resep Dulu.

Bagusnya, roti pisang keju ini awet tanpa harus dihangatkan juga. Lumayan untuk 2-3 hari ke depan.

5. Pernah dengar roti goreng ice cream? Kali ini coba buat yuk roti goreng pisang.

roti goreng pisang

roti goreng pisang via anotherscribblenote.wordpress.com

Kamu tentu familiar dong dengan roti goreng ice cream? Nah, ingin memberikan nuansa roti gorengnya yang berisi pisang. Agar cemilanmu semakin banyak pilihan, simak yuk resep roti goreng pisang berikut ini.

Bahan-bahan:

  • 2 buah pisang kapok, dibelah 2 memanjang.
  • 4 lembar roti tawar tanpa kulit, gilas dan tipiskan.
  • 1 butir telur, diambil putihnya.
  • Tepung panir secukupnya.
  • Meses dan keju secukupnya (untuk isian).

Cara Membuat:

  1. Kamu dapat memulai menata pisang untuk diletakkan di tengah roti, taruh isiannya dan gulung.
  2. Agar merekat, gulungan roti tadi celupkan pada putih telur. Jangan lupa juga gulingkan ke tepung panir.
  3. Panaskan minyak, lalu goreng hingga berwarna kuning keemasan.
  4. Roti goreng pisang buatanmu siap disajikan deh.

Resep ini diambil dari Cookpad.

Kadang, menggoreng hingga kecoklatan memang enak namun hasilnya nanti jadi agak keras dan kurang enak saat disantap saat dingin. Oleh karena itu, nikmati saat masih hangat ya dan jangan goreng sampai kecoklatan.

6. Pisang juga bisa dijadikan keripik lho. Biar cemilanmu ada krenyes-krenyes kayak kerupuk ;D.

keripik pisang

keripik pisang via resepmakansedap.com

Ingin olahan pisang yang nggak terlalu mengeyangkan tapi rasanya kayak keripik? Tenang, kamu bisa kok membuat keripik pisang keju untuk menemani aktivitasmu di sore hari. Biar semakin semangat karena krenyes-krenyesnya mampu memabukkan kamu.

Bahan-bahan:

  • 10 sisir (6400 gr bersih) pisang kepok mentah.
  • 4 liter minyak goreng.

Bahan larutan pencelup:

  • 2 liter air hangat.
  • 5 sdt (20 gr) kaldu ayam bubuk.
  • 40 gr garam.

Bahan taburan:

  • 750 keju cheddar parut halus.
  • Minyak untuk menggoreng.

Cara Membuat:

  1. Iris tipis pisang kapok dan cuci hingga bersih sebanyak tiga kali dengan air yang diganti-ganti hingga keset dan getahnya hilang. Kalau udah, silahkan tiriskan.
  2. Goreng dalam minyak yang telah dipanaskan dengan api sedang hingga matang. Kemudian tiriskan dan dinginkan.
  3. Untuk pencelup: aduk air hangat, kaldu ayam bubuk, dan garam sampai larut.
  4. Lalu celupkan pisang yang udah digoreng dengan campuran pencelup dan tiriskan.
  5. Segera taburkan keju parut di atasnya. Goreng lagi dalam minyak yang udah dipanaskan dengan api sedang hingga matang dan kering. Lalu dapat kamu angkat dan tiriskan.

6.  Roti goreng pisang siap disajikan deh

Resep ini diambil dari Resep Online

Roti goreng pisang memang memberikan sensasi berbeda ketika kamu memakannya. Krenyes-krenyesnya mampu menyemangatimu di sore hari saat lagi bete karena aktivitas. Kamu nggak akan rugi deh mencobanya.

7. Yang gemar menyemil makanan serba mungil, praktikkan langsung yuk membuat pisang molen mini.

pisang molen mini

pisang molen mini via hesmacuisinealso.blogspot.co.id

Supaya cemilanmu bisa dibawa-bawa tanpa memberatkan, bikin yuk pisang molen mini. Rasanya yang fantastis nggak akan mengecewakanmu saat lagi lapar-laparnya dan butuh makanan pengganjal perut.

Bahan-bahan:

  • 150 gr tepung terigu.
  • 30 gr margarin.
  • Air secukupnya.
  • 5 buah pisang.

Cara Membuat:

  1. Campurna tepung, margarin, dan air sampai kalis dan diamkan hingga 30 menit.
  2. Giling secara tipis menggunakan alat seperti kayu atau botol.
  3. Lilitkan adonan tersebut pada pisang yang sebelumnya udah dipotong kecil-kecil memanjang. Setelahnya dapat kamu goreng hingga kecoklatan.
  4. Angkat dan tiriskan ya.
  5. Pisang molen mini kamu udah siap dihidangkan deh.

Resep ini diambil dari Cookpad

Gimana? Cukup mudah kan? Udah gitu kalau dibawah nggak berat lagi. Tanpa berpikir-pikir lagi, langsung aja yuk buat sekarang juga. ;D

Membuat camilan dengan bahan utama pisang memang paling pas deh. Karena bukan hanya rasanya aja yang dijamin enak, perutmu juga pasti kenyang dan kesehatanmu terjaga. Kamu nggak akan rugi saat membuatnya deh. Dimakan buahnya aja udah lezat, gimana kalau diolah? Wiiihhhh yummy!