Awal bulan bagi anak kosan bagaikan hujan di malam Tahun Baru Imlek. Berkah! Tapi coba kamu bandingkan di tengah atau akhir bulan, saat dompet cuma terisi struk belanjaan. Rasanya kayak minum kopi ngga pakai gula. Pait, guys! Saat akhir bulan datang, anak kosan pun dituntut untuk berjuang mati-matian untuk bisa bertahan hidup dan uang yang tinggal beberapa lembar.

Biar hidupmu ngga merana lagi di akhir bulan, kali ini Hipwee akan kasih tips bertahan hidup ala anak kos. Bahkan di saat uangmu hanya tinggal sisa Rp20 ribu. Tapi mau ngikuti apa enggak, terserah kamu aja sih. 😀

1. Datengin hajatan sekitar kosan. Kalau engga ikut-ikutan teman yang mau kondangan. Modal amplop kosong pun cukup :p

Pergi kondangan. Biar dapet makan gratis. via kamar-bujang2.blogspot.com

Saat lagi lapar-laparnya, coba deh bayangin makan cah daging sapi dan cap cay kondangan. Beuh ngiler ya? Nah, segeralah cari tahu hajatan di sekitar kosan atau ngikut teman yang mau pergi kondangan. Ga punya baju batiknya? Please! Yaudah kamu bisa pinjam teman kosan. Gimana? Udah dapet batiknya? Udah rapi dan dandan? Saatnya berangkat kondangan! Amplopnya? Kosongin aja, tanpa nama. Kalau engga, masukin uang 2000 aja. Untung-untung amal.

2. Mendadak rajin jadi panitia acara kampus. Lumayan kamu bisa dapat makan siang gratis.

Rajin-rajin jadi panitia di kampus ya. via www.anakui.com

Advertisement

Jangan malas buat jadi panitia acara kampus. Karena kamu bakal sering dapat makan siang gratis. Stok camilan juga ga perlu beli lagi. Karena kalau di acara-acara kampus gitu kamu ga akan keabisan camilan. Dimana lagi kamu bisa makan gratis kalau bukan di acara kampus! Ayoo singsingkan lengan baju dan siap-siap menyusup di acara kampus.

3. Cari pacar saat itu juga. Biar makan dibayarin, jalan ditebengin. Kalau kagak dapet? Wassalam.

Diboncengin gebetan. via %20www.hipwee.com

Buat kamu yang cewek cari pacar adalah sebuah solusi di saat kamu lagi bokek. Iya dong, makan dibayarin dan jalan pun ditebengin. Engga usah keluar duit pas lagi laper dan ngeluarin ongkos buat angkutan umum. Mau nonton di bioskop sekalipun juga gratis. Apes sih kalau ternyata pacarmu perhitungan. Kalau tak kunjung dapet pacar padahal udah dandan maksimal, gimana? Yaudah, wassalam..

4. Buat kamu yang cowok, bisa deketin cewek yang jago masak. Lumayan makan gratis lagi.

Kalau teman cewekmu kaya Chef Marinka, pasti kamu bahagia ga terkira kan? via archive.kaskus.co.id

Buat kamu yang cowok bisa modusin teman cewekmu yang jago masak. PDKT-in dia biar sering dapet makan gratis. Lumayan, kamu jadi ga perlu ke kantin buat beli makan. Duit 20 ribu-mu pun bakal utuh atau paling engga berkurang sedikit. Saat inilah keahlian menggombal-mu diperlukan. Biar teman cewekmu yang jago masak, bersedia masakin buat kamu. Kalau beruntung kamu bisa sekalian jadian. Ea! Makan gratis dapet, status juga Alhamdulillah udah berganti. Ini yang namanya sambil menyelam minum ale-ale.

5. Datengin tahlilan biar dapat bungkusan boleh banget lho. Bungkusannya apaan? Beginian…

Nih bungkusannya beginian. Lumayan kan? Buat dinner. via aridudul.blogspot.com

Cek dan ricek sekitar kosan ya. Siapa tahu ada undangan buat datengin tahlilan. Lumayan, dapet pahala dan pulangnya dapet bungkusan. Bungkusannya apaan? Ya, makanan. Kamu jadi ga usah keluar duit buat makan malem. So, duit 20 ribu-mu selamat malam ini.

6. Maen ke rumah teman, Ibunya pasti nyiapin makan buat kamu. Lumayan banget kan?

Minimal kamu disuguhin makanan ini sama ibu temanmu. Tante, maaf ya ngerepotin 😉 via www.opensnap.com

Sering-sering ‘silaturahmi’ ke rumah temanmu. Modusnya sih bisa karena urusan tugas kelompok. Atau pura-pura pinjem catetan buat ujian gitu. Lumayan kamu bisa dapet makan gratis. Ibu temanmu pasti ga tega kalau ga menyajikan makanan. Horeee, duit 20 ribu-mu pun dapat beristirahat dengan tenang di dompetmu.

7. Nasi putih hangat yang disiram kuah santan dan sambal hijaunya cukup untuk meredam hasrat saat ngidam nasi padang. Makan pakai lauk ikan tunggu awal bulan aja, yaa.

Nah, pesan menu andalan ini aja. Nasi, kuah, dan jangan lupa minta sambel ijonya yang dahsyat. via rinaldimunir.wordpress.com

Suatu ketika kamu lewatin rumah makan Padang. Dan harum kuah santannya dengan tidak teganya menggodamu yang tengah bokek. Udah, ke sana aja (bisikan evil). Ga usah pikirin duit. Lha? Kamu bisa pesan menu andalan sekaligus kesayangan. Apalagi kalau bukan nasi hangat dan kuahnya aja. Gengsi tidak ada dalam kamus anak kosan yang tengah bokek. Jangan lupa minta sambel ijonya ya!

8. Sehari dua kali makan aja. Eits, kan ada istilah kerennya brunch. Ituloh yang sarapan digabung sama makan siang.

Tapi ga semewah ini juga. via percysseattle.com

Istilah orang kayanya sih brunch. Ketika sarapan digabung dengan makan siang. Idealnya sih jam 10-an. Kalau pingin lebih hemat jam 12 juga boleh (tapi jangan, nanti kamu kena maag). Nah, nanti makan malamnya jam 7-an. Tengah-tengahnya bisa kamu isi dengan camilan. Camilannya apaan? kwaci gopean aja. Seengganya perutmu terisi. Nih daftar menunya.

Brunch: Nasi 1,5 + tempe + tahu + telor dadar (harganya 7-8 ribu). Minumnya minta teh tawar anget atau engga air putih gratisan yang biasa tersedia di warung makannya.

Dinner: Nasi 1 + 2 buah mendoan + telor dadar (harganya 7-8 ribu). Minum minta gratisan lagi.

Snack: Kuaci gopean atau kalau engga donat yang harganya 2 ribuan.

Tuh, kan bahkan uangmu masih nyisa Rp2 ribu!

9. Kalau mentok yaudah kembali ke pepatah klasik. Gali lubang tutup lubang. Ngutang!

Gali lobang tutup lobang. via www.youtube.com

Pada akhirnya kalau kamu ada keperluan mendadak, ya pinjam uang teman. Ngu to the Tang! Ngutang. Gali lubang tutup lubang. Tips biar dipinjemin teman, ketuk pintu kosannya dengan lembut. Pasang wajah semanis Raisa atau Afgan, ga usah basa-basi kelamaan. Karena ini keperluan mendadak. Langsung deh nyatakan kalimat sakral itu. Pinjem du*t dong…. -.- (pas ngomong duitnya rada dilembutin ya).

10. Perbanyak puasa Senin-Kamis. Kalau perlu puasa Daud. Hemat sekalian ibadah. Mudah-mudahan berkah.

Saur pakai energ*n. via www.delightmyappetite.com

Mau berhemat sekaligus dapat pahala? Bisa banget. Perbanyak puasa senin-kamis. Kalau perlu puasa Daud. Mudah-mudahan berkah ya. Saurnya bisa pakai nasi dan tempe aja. Kalau engga telor dadar ditabur bubuk cabai. Atau kalau engga sempat, saurnya minum en*rg*n. Menu buka puasanya apa? Ya, nasi sama telor dadar lagi (Please, atulah).

11. Perbanyak ibadah, di kos aja ngga usah kemana-mana. Karena ini saatnya kamu tawakal.

ajak temen yang bisa diajak nyari makan gratisan via unycommunity.com

Saat kamu lagi ngga punya uang gini, maka perbanyaklah ibadah. Jangan sering-sering hang out. Lebih baik stay di kosan dengan perbanyak ibadah. Karena ini saatnya kamu tawakal. Dan berserah diri.

Tips-tips di atas mungkin ngga akan menyelesaikan masalahmu. Karena kita memberikan saran tanpa solusi yaaa. Hehehe.. Udah jangan emosian, nanti tambah laper lho. Kalau laper makin bikin tambah baper deh.

Kredit Featured Image: http://www.bintang.com/lifestyle/read/2374513/kamu-juga-bisa-menjadi-kaya-hanya-dengan-uang-rp-20-ribu