Sebagai individu yang sedang mengalami fase kedewasaan dalam hidup, para cowok biasanya punya ambisi dan cita-cita mengenai kebutuhan yang harus dia miliki ke depannya. Biasanya, cowok nggak bakal lepas dari kebingungan antara memilih mencicil KPR atau mencicil mobil.

Namun sebagai individu yang sebentar lagi bakal menghadapi masa depan yang lebih serius dibandingkan dengan euphoria masa bujangan, Hipwee Boys bakal kasih kamu saran kenapa kamu harusnya mengesampingkan dulu ego untuk membeli mobil. Dan inilah alasan kenapa kamu harus mendahulukan memiliki rumah ketimbang mobil. Yuk langsung kita simak aja ulasannya!

Karena rumah itu salah satu kebutuhan primer manusia, kamu pasti paham mana yang harus didahulukan

Mengidentifikasi mana yang lebih primer via www.gettinlow.com

Waktu zaman masih sekolah, kamu pasti pernah mendengar pengklasifikasian kebutuhan bagi manusia. Dalam hidupnya, manusia mempunyai banyak kebutuhan. Nggak ada manusia yang nggak punya kebutuhan di muka bumi ini. Namun, guna memudahkan masyarakat dalam mengklasifikasikannya, para pakar di zaman dahulu kemudian menemukan istilah kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

Lalu, tentang cita-cita mana yang perlu didahulukan: membeli mobil atau rumah, kamu harusnya bisa paham tentang ini. Sebab, kamu tahu pada kelas kebutuhan mana rumah masuk dan kita semua pastinya juga tahu mobil itu masuknya ke kelas kebutuhan yang mana.

Buat persiapan masa depan juga. Masa kamu, istri dan anak-anakmu tidur mau di mobil

Advertisement

Tidur di mobil? via www.paragarme.com

Kalau melihat nilai guna, antara rumah dan mobil jelas punya nilai guna yang berbeda. Kalau rumah itu tempat tinggal, tempat istirahat, tempat kita kembali pulang, dan tempat nyaman untuk bisa berkumpul bersama keluarga nantinya, maka mobil jelas punya nilai berbeda.

Mobil memang bisa jadi tempat istirahat, tapi itu bukanlah fungsi utamanya. Mobil hanyalah alat yang bisa membantu mobilitas kita untuk pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Istirahat di mobil pun bisa bahaya. Banyak cerita di media masa bahwa ada orang yang meninggal saat beristirahat di mobil. Mereka menghirup racun yang dikeluarkan mobilnya sendiri.

Emang mau lama-lama tinggal bareng orangtua atau mertua? Punya rumah sendiri jelas bisa bikin kamu lebih mandiri

Biar lebih mandiri dan leluasa via www.rmhdurhamwake.org

Ketika sudah ada di dalam bahtera rumah tangga nanti, rumah berfungsi sebagai wadah keluarga. Satu hal yang harus kamu camkan adalah, dalam satu rumah tidak mungkin ada dua keluarga. Jadi dengan logika ini, tinggal dengan orang tua atau mertua sangat tidak disarankan. Intervensi orangtua atau mertua bisa sangat mengganggu kehidupan kamu dan pasanganmu. Makanya, mending punya rumah sendiri biar bisa mandiri.

Kamu mungkin bisa berpikir kamu bisa mengontrak rumah walaupun telah memiliki mobil. Namun itu bukanlah ide yang bagus. Bayangkan, untuk tinggal di rumah kontrakan, kamu perlu keluar uang untuk sewa. Itu baru sampai masalah sewa doang padahal. Belum hal-hal lain yang bisa bikin kamu merogoh kocek. Di satu sisi, kamu juga bisa kehilangan uang bulanan untuk servis rutin, ganti oli, ganti aki atau apa pun itu yang berkenaan dengan mobilmu.

Rumah juga investasi. Nilai jualnya malah mungkin bisa meningkat ketimbang mobil yang bisa menyusut dari waktu ke waktu

Investasi masa depan via www.rmhdurhamwake.org

Nilai harga tanah dan rumah makin sini makin gila-gilaan. Meledaknya pertumbuhan penduduk bisa dibilang jadi biang dari semua. Maka dari itu, kalau kamu nggak segera beli tanah dan rumah, harganya bisa terus melambung tinggi.

Memiliki rumah pun bisa jadi investasi di masa depan karena nilainya pasti yang bakal terus meninggi. Coba bandingkan kalau kamu lebih mendahulukan membeli mobil, selain perlu keluar duit nggak sedikit buat perawatan bulanan. Nilai jualnya pun bisa menurun. Nggak ada cerita kamu beli mobil baru seharga Rp 100 juta, lalu beberapa bulan kemudian kamu menjualnya dengan harga yang sama. Kamu pasti ditawar dengan harga yang lebih rendah dibanding harga saat kamu membelinya.

Ada kebutuhan subtitusi lain yang bisa kamu pilih untuk membantu mobilitasmu

Bisa naik motor, bosss!

Kalau kamu mengambil contoh di mana alat penunjang mobilitas lebih penting ketimbang memiliki rumah terlebih dahulu, kamu bisa memilih kendaraan yang lebih murah kok untuk dibeli. Sungguhan, sekarang ‘kan nyicil motor pun bisa murah. Lagi pula kalau kamu menggunakan motor, macet bukanlah momok yang harus sangat ditakuti. Kamu bisa nyelip-nyelip di tengah kemacetan jika menggunakan motor.

Pada akhirnya, kamu bermacet-macet di jalan pun akhirnya untuk kembali pulang ke rumah ‘kan? Lalu memulai hari yang baru lagi di kemudian hari setelah beristirahat di rumah semalaman.

Itulah alasan-alasan kenapa cowok seharusnya lebih baik punya rumah terlebih dahulu ketimbang mengedepankan hasrat untuk membeli mobil. Gimana, guys? Jadi lebih tahu kan prioritas mana yang harus lebih kamu dahulukan. Selamat mempraktikan ya~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya