“Ji, besok pas nikah kita sewa gedung yang itu ya…”
“Walaaah… Harganya mahal banget itu pasti…”
“Ya gak papa. Kan nikah itu perayaan sekali kita”
“Ya tapi kan lebih baik duitnya ditabung, Rul”
“Hasshh! Kamu tuh cinta gak sih sama aku?!”
“Lah? Apa hubungannya???”

Berkaca dari beberapa pernikahan yang ada di Indonesia, banyak sekali pernikahan-pernikahan yang digelar dengan mewah. Bahkan sekarang ini pesta seharian penuh dengan gedung harga ratusan juta jadi salah satu patokan sukses tidaknya suatu perayaan pernikahan. Padahal belum tentu seperti itu juga. Pernikahan itu urusan pribadi, seharusnya malah tak perlu koar-koar kesana kemari.

Sebagai cowok yang berpikir dengan logika, ada ganjalan dari dalam lubuk hati soal mewahnya pesta pernikahan. Bukan berarti cowok itu pelit, namun kami cuma sayang saja kalau uang yang dikumpulkan sekian lama dibuang habis demi satu hari. Padahal, masih ada sisa waktu seumur hidup yang harus kamu jalani yang kesemuanya butuh duit juga loh~

Kamu dan cowokmu harus menabung lama untuk biaya menikah yang mahal. Kalau lebih murah, kalian tak perlu menunggu lama kan?

Sampek nyewa venue mahal via italianweddingcompany.tumblr.com

Sudah berapa lama kamu dan pasangnmu nabung untuk pernikahan kalian? 6 bulan? Satu tahun? Atau bahkan lebih dari itu? Karena memang pernikahan di Indonesia membutuhkan biaya yang tak sedikit, maka kalian juga perlu menabung lama untuk bisa menutupi semua kebutuhannya. Bahkan tak jarang sampai minta bantuan orangtua demi menutupi kekurangan biaya pernikahannya. Coba bayangkan kalau kalian tak harus memaksa mengadakan pesta meriah pernikahan kalian. Tak perlu lagi kamu dan pasanganmu menunggu lama untuk menikah. Selain itu, tabungan kalian juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Daripada tabungan dihabiskan untuk satu hari saja, mending ditabung buat modal kehidupan rumah tangga

Advertisement

Kehidupan rumah tangga yang sudah dipersiapkan via www.pinterest.com

Kalau boleh jujur, cowok sebenarnya tak setuju dengan pesta pernikahan yang menghabiskan banyak uang. Bagi cowok, menghabiskan banyak uang untuk pesta satu malam adalah hal yang patut untuk disayangkan. Karena pada dasarnya, pesta satu malam itu tidak bisa dijadikan patokan bahagia tidaknya suatu pernikahan, kenapa juga harus menghabiskan banyak uang? Bagi cowok, sebaiknya pesta pernikahan itu yang sederhana saja. Daripada menghabiskan banyak uang untuk pesta satu malam, lebih baik uangnya digunakan sebagai modal membina kehidupan rumah tangga. Kamu masih butuh banyak uang untuk menata masa depan berdua. Kalau kamu punya banyak tabungan yang bisa digunakan sebagai modal, kamu bisa membangun rumah tangga dengan lebih nyaman.

Demi bisa tinggal serumah berdua, bukankah lebih baik pernikahanmu biasa tapi bisa cepet punya rumah sendiri

Beli rumah berdua~ via mic.com

Bukan berarti cowok itu pelit. Kami hanya sedikit lebih perhitungan dalam urusan keuangan. Sekarang gini, apakah kamu mau tetap hidup serumah sama orangtuamu saat kamu sudah menikah dengan pasanganmu? Kalau cowok sih jelas pingin hidup berdua di rumah sendiri daripada tetap serumah dengan orangtua. Untuk itu, bukankah sebenarnya lebih baik kalau resepsi nikahnya biasa aja dan uangnya digunakan untuk nyicil KPR berdua? Tak apa lah meski pernikahanmu hanya mengundang orang-orang terdekat dengan budget yang minimal. Yang penting kan pada akhirnya kalian bisa punya rumah sendiri dan gak merepotkan orangtua lagi.

Daripada untuk pesta sehari, mending ditabung buat mempersiapkan biaya pendidikan anakmu nanti

Suatu saat nanti kalian akan punya anak via kidsraisingkids.tumblr.com

Kami sebagai cowok dan calon pemimpin keluarga juga memikirkan soal kehidupan setelah pernikahan. Menggelar pesta pernikahan secara meriah dengan bugdet yang melimpah adalah sebuah hal yang sebaiknya dihindari. Bukan berarti kami tak ingin punya pernikahan yang mewah, namun kami juga memikirkan soal masa depan pernikahan. Suatu saat nanti dari pernikahan ini kamu dan pasanganmu akan dikaruniai momongan. Alangkah bijaknya jika uang yang akan kalian pergunakan untuk menggelar pesta pernikahan ditabung dan digunakan untuk keperluan pendidikan anak nantinya. Dengan tidak menggelar pesta pernikahan dengan mewah, kalian tak lagi khawatir soal biaya pendidikannya nanti.


Sekali lagi, bukan berarti kami para cowok tak mau punya pesta pernikahan yang mewah. Namun alangkah lebih baiknya jika uang tersebut digunakan untuk mempersiapkan kehidupan rumah tangga berdua. Daripada cuma mengejar kesenangan sehari saja, masa depan keluarga baru kalian juga harus direncanakan.