Hidup sebagai anak rantau yang jauh dari orangtua punya keseruan tersendiri. Bagi mereka yang hidupnya pas-pasan dan jauh dari kata mewah, nge-kost adalah proses pendewasaan. Bagaimana tidak? Mereka dituntut untuk jadi lebih mandiri di tengah keterasingan jauh dari rumah.

Ada perbedaan mencolok antara mahasiswa yang nge-kost dengan mahasiswa yang tinggal di rumah sendiri. Hal itu dapat dilihat dari bedanya pola hidup kedua tipe mahasiswa ini. Kehidupan mahasiswa nge-kost biasanya lebih banyak mengalami kesulitan ketimbang mahasiswa yang tinggal di rumah sendiri. Berbeda dengan mahasiswa nge-kost, mahasiswa yang tinggal di rumah sendiri memiliki pola hidup yang lebih teratur karena masih dalam pengawasan orang tua.

Ngomong-ngomong soal anak kost, kamu bakal ketawa-ketiwi sendiri melihat gambar-gambar ini. Bedanya jadi anak kost dengan mereka yang tinggal di rumah sendiri memang jauh banget!

1. Tinggal di rumah berasa selalu ramai orang. Tapi kalau di kost, suka ngeri sendiri apalagi pas musim liburan. Sepi!

berasa banget kalau pas sepi via hipwee.com

2. Kalau di rumah, bangun tidur bisa langsung sarapan karena sudah disiapkan. Di kost? kalau lagi malas ya, air putih cukup lah..

udah biasa nggak sarapan via hipwee.com

3. Soal minuman, di rumah biasanya disediakan teh tabur atau kopi seduh. Nggak seperti di kost, semuanya serba instan!

Advertisement

yang instan aja via hipwee.com

4. Isi kulkas di rumah hampir selalu penuh. Coba aja di kost, punya satu bungkus mi instan saja sudah untung

punya mi instan sebungkus aja udah bagus via hipwee.com

5. Cucian piring akan selalu bersih dan rapi kalau di rumah. Jangan tanya di kost bentuknya seperti apa deh..

berantakaaaan via hipwee.com

6. Yakin deh, kasur di rumah lebih lebar dan nyaman. Tidur di kost rasanya kayak digebukin, tipis kasurnya!

bangun tidur encok via hipwee.com

7. Namanya juga di rumah, mandi teratur dua kali sehari kalau nggak mau dihajar orangtua. Sementara di kost, kalau mau pergi aja baru mandi, hahaha..

cantikan di rumah via hipwee.com

8. Pakai baju di rumah tinggal pilih, mau yang mana juga sudah beres. Pakai baju di kost kadang juga side-A side-B, apalagi kalau musim hujan, sedih~

baju berserakan dimana-mana via hipwee.com

9. Berani main sampai malam kalau di rumah? Bisa-bisa tidur di teras. Enaknya, di kost lebih bebas, kamu nggak perlu mikir mau pulang jam berapa juga, hehehe..

masih nongkrong sampai malem via hipwee.com

10. Di rumah, bangun pagi itu harus atau kamu bakal disiram air kalau bangun siang. Di kost? Mau tidur sampai mata bengkak juga terserah..

bangun kapan aja via hipwee.com

11. Sementara di rumah nggak bisa telepon lama-lama karena nggak enak sama orang rumah, di kost kamu bisa telepon sampai baterai HP jebol juga nggak ada yang ngelarang

bebas nelepon kapan aja via hipwee.com

12. Kamu bakal sibuk bantu beres-beres di rumah, beda banget dengan kondisi di kost, soal bersih-bersih itu fana~

beres-beres itu mitos via hipwee.com

13. Saat sakit, kamu akan dirawat baik-baik di rumah, segala makanan disediakan. Sakit saat di kost, kamu akan merasa jadi orang paling menderita di dunia

nggak ada yang ngrawatin via hipwee.com

14. Apalagi pas tanggal tua, mi instan sudah jadi teman setia anak kost. Nggak kayak di rumah yang kapan saja bisa makan sewajarnya

jauh banget kan bedanya via hipwee.com

15. Tapi, jangan pernah remehkan yang namanya anak rantau, mereka lebih tangguh menghadapi keadaan. Nggak ada kamusnya manja-manjaan

anak kost lebih tangguh via hipwee.com

Gimana, terwakili nggak perasaanmu sebagai anak rantau? Atau, kamu yang mungkin belum pernah jadi anak rantau, kira-kira beginilah nasibmu saat jauh dari orangtua. Barangkali ada pengalaman lain yang belum terangkum di sini, coba tulis di kolom komentar, ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya