Kalau menurutmu olahraga extreme yang terkesan seram cuma dilakoni cowok aja, kamu salah besar. Beberapa olahraga yang mengandalkan ketangkasan, potensi kekerasan fisik, dan fokus tinggi ini sekarang udah dilakoni oleh cewek. Bahkan beberapa selebriti cewek Indonesia yang kerap bermain peran di layar lebar maupun televisi kita ini telah menjadikan olahraga-olahraga yang lekat dengan maskulinitas sebagai hobi mereka. Baik olahraga dalam lingkup bela diri maupun olahraga alam. Penasaran siapa aja mereka? Simak yuk daftar di bawah ini.

Prisia Nasution, lapar segala medan. Ada sepeda gunung, panjat tebing, selancar, sampai bela diri.

Manis dan atletis via acehimage.com

Aktris Prisia Nasution mengakui dirinya sangat suka bergerak. Karena itu, ia lalu terbiasa dengan olahraga yang bisa mewujudkan motonya untuk selalu bergerak. Beberapa olahraga seperti berselancar, bersepeda gunung, menaiki tebing, dan bela diri sempat ia tekuni. Khusus untuk ilmu bela diri, kini ia sedang mencoba disiplin baru. Pada masa sekolah, anak bungsu dari dua bersaudara ini pun pernah menjadi atlet ilmu bela diri pencak silat.

Walau sudah pensiun dari silat sejak 2007, Prisia Nasution tetap ingin mendalami ilmu bela diri. Bela diri khas thailand, Muay Thai kini ia dalami. Menurutnya, ilmu silat sudah tidak cocok lagi karena menguras terlalu banyak waktu, mengingat kini kegiatannya padat.  Selain tentunya bisa melindungi diri sendiri dari ancaman para penjahat, ternyata bela diri bisa memberikan ilmu lain.

 Nikita Mirzani, melatih fisik untuk membela diri.

Capek abis olahraga via gayahidup.rimanews.com

Advertisement

Kegemarannya dengan olahraga ekstrim seperti Thai Boxing diakui oleh selebriti dan penyanyi Nikita Mirzani  berguna untuk mengurangi rasa takutnya terhadap hal-hal buruk yang bisa mengancamnya. Sejak memiliki ilmu bela diri, cewek yang tubuhnya dipenuhi tato ini mengaku rasa takutnya kini sudah berkurang.Sebuah langkah roteksi diri menyelamatkannya dari pengalaman buruk seperti kaca mobil yang pernah digedor orang tak bertanggung jawab

Tya Ariestya, hati-hati dengan kakinya!

Hayo, berani macem macem? via www.biodatartis.com

Selebriti Tya Ariestya rupanya masih rutin berlatih taekwondo sekali dalam sepekan meskipun pada 2003 silam ia menggantungkan sabuk alias pensiun sebagai atlet taekwondo nasional. Cedera pun tak pelak bisa ia hindari. Kini ia mengaku sudah tidak bisa lagi melakukan gerakan seperti menendang sembari melompat karena ia pernah mengalami cedera engkel. Namun cederanya tak membuatnya kapok berlatih taekwondo. Sebab, olahraga bela diri dari Korea selatan ini sudah menjadi bagian dari hidupnya. Sederet prestasi pernah diraihnya. Terakhir, ia meraih medali emas dalam kejuaraan taekwondo Indonesian Open pada tahun 2000 silam. Wow hebat ya?

Chelsea Islan, selaras dengan peran.

Tatapan ekstrem via www.youtube.com

Nama Chelsea Islan belakangan ini mulai berkibar setelah sukses membintangi film Street Society dan juga sinetron komedi Tetangga Masa Gitu. Tapi kamu tahu nggak sih kalau gadis cantik ini punya hobi yang hampir sama dengan peran-peran yang pernah dimainkan di film maupun di sinetron. Gadis kelahiran 21 tahun lalu ini mengaku sangat menggemari olahraga berbahaya seperti diving.

Selain itu,  tak jarang juga Chelsea melakukan aktivitas olahraga ekstrem lain seperti taekwondo yang sudah digelutinya sejak SD.  Pada karakter Bintang yang dimainkan dalam salah satu sitkom di stasiun televisi swasta, ia juga menjadi gadis yang sangat menyukai aktivitas luar dan merupakan wanita pecinta alam. Benar-benar menghayati perannya ya.

Nadine Chandrawinata, menyerupai duta pariwisata samudera Tanah Air.

Tetap manis bahkan sebelum diving via m.tempo.co

Mantan Puteri Indonesia 2006 ini sudah cukup lama menekuni olahraga diving. Hingga demi melakoni hobinya, Nadine rela mengeluarkan biaya yang cukup banyak karena peralatan selam memang cukup mahal. Selain itu, demi mendapatkan spot-spot bagus untuk menyelam, Nadine rela berkeliling ke seluruh Indonesia. Tidak hanya mendapatkan spot menyelam yang bagus, Nadine juga bisa mempromosikan pariwisata Indonesia, khususnya spot yang bisa dipakai untuk diving. Hingga kini, Nadine juga kerap mengisi beberapa program pariwisata di beberapa stasiun televisi Indonesia.

Chelsea Olivia, diam-diam menguasai Muay Thai juga.

Meski terlihat lugu, tapi… via showbiz.liputan6.com

Bagi pemain sinetron Chelsea Olivia, kesibukan membuatnya tidak pernah lupa untuk menjaga kondisi tubuh. Bela diri seperti Muay Thai pun dia lakukan demi memperkuat otot tangan dan kakinya. Aktris yang melakoni peran di lebih dari 20 judul sinetron ini mengungkapkan jika penting sekali untuk melakoni olahraga semacam ini. Selain menjaga diri, gerakan bela diri memiliki kombinasi antara gerak dan pernafasan sehingga mampu menjaga artikulasi ketika dia bermain peran.

Medina Kamil, petualang sejak dalam profesi.

Petualang sejati via www.belantaraindonesia.in

Kita mengenal Medina Kamil sebagai salah seorang host acara adventure di sebuah TV swasta. Ia tidak takut untuk menyeberangi sungai dengan aliran deras, menjelajah hutan hingga mendaki puncak tertinggi di Indonesia hanya untuk memuaskan hasratnya yang sangat cinta kepada alam. Terkena terik matahari, hujan, kotornya lumpur tak menghalangi Medina untuk tetap melakukan olahraga ekstrem ini.

Medina sangat menikmati pekerjaannya sebagai seorang host acara petualangan yang menjadikan dirinya adventurer sejati. Menjadikan hobi sebagai pekerjaan merupakan idaman bagi semua orang dan Medina Kamil adalah salah seorang yang mampu mengejar impiannya tersebut. Contoh yang baik buat kamu yang pengen jadi petualang sambil cari uang, yang penting tekun dan tetap semangat.

Julie Estelle, demi kesempurnaan karakter hammer girl.

Berani macem-macem? via villains.wikia.com

Aktris yang pernah bermain peran di film action The Raid 2: Berandal sebagai  seorang pembunuh bayaran yang dijuluki hammer girl dengan senjata andalan palu ini tidak mungkin tidak harus melakukan olahraga ekstrem untuk memperkuat perannya. Adik dari pembawa acara Cathy Sharon ini mengaku tidak memiliki latar belakang bela diri sebelumnya. Ia pun menghabiskan waktu selama enam bulan untuk latihan fisik dan bela diri. Dalam film ini, Julie mendapat porsi dua adegan berkelahi. Julie berlatih intensif hampir setiap hari untuk mempersiapkan film ini. Bahkan dia tidak memakai seorang stuntman untuk melakukan aksinya, semua adegan ia lakoni sendiri, wow.

Gimana girls? Tertarik buat mendalami olahraga ekstrem seperti selebriti di atas? Sekarang bukan nggak mungkin lagi bagi cewek buat ngelakuin semua hal, termasuk olahraga yang bercitrakan maskulin ini. Lebih dari sekedar menjaga diri, olahraga-olahraga ini memang banyak gunanya ya ternyata.